4 Tips Agar Menyusui Tetap Lancar Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

By | July 4, 2015
4 Tips Agar Menyusui Tetap Lancar Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

4 Tips Agar Menyusui Tetap Lancar Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan – Seorang ibu yang memberikan ASI atau Air Susu Ibu kepada bayi yang dilahirkannya akan selalu dituntut agar tetap menjaga kuantitas serta kualitas makanan yang dikonsumsinya. Aktivitas makan sehat tentunya tidak menjadi kendala bagi ibu menyusui pada saat hari – hari biasa, namun aktivitas menyusui dapat menjadi hal yang cukup berat saat dilakukan di bulan Ramadhan. Hal ini disebabkan karena asupan makanan menjadi berkurang pada saat berpuasa. Seperti yang dikutip dari laman boldsky.com, berikut tips sehat agar lancar menyusui saat menjalankan ibadah puasa.

4 Tips Agar Menyusui Tetap Lancar Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

  1. Perbanyak minum air putih
4 Tips Agar Menyusui Tetap Lancar Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

4 Tips Agar Menyusui Tetap Lancar Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan (Ilustrasi)

Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi air putih sebanyak – banyaknya adalah pada saat waktu antara berbuka hingga makan sahur tiba. Kopi atau minuman berkarbonasi lainnya harus Anda hindari karena mengkonsumsi minuman tersebut dapat mengakibatkan terjadinya dehidrasi pada tubuh. Padahal agar proses menyusui lancar, Anda memerlukan asupan air dalam jumlah yang cukup.

  1. Hindari mengonsumsi makanan pedas

Pada saat sahur dan berbuka puasa, asupan makanan yang dikonsumsi juga harus Anda perhatikan. Sayur dan buah harus Anda konsumsi dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Hindarilah produk olahan susu dan juga asupan makanan yang bersifat pedas. Karena zat yang terkandung dalam makanan pedas dapat membuat kualitas ASI Anda menjadi berbeda. Sementara itu, produk olahan susu dapat mengakibatkan terpacunya produksi l3ndir yang hanya akan membuat cairan tubuh menjadi kental.

  1. Perhatikan aktivitas Anda

Kualitas dan kuantitas ASI juga dapat dipengaruhi oleh aktivitas Anda yang terlalu padat di bulan ramadhan. Oleh karena itu, Anda harus selalu menyempatkan waktu sejenak untuk beristirahat di aktivitas yang padat. Karena aktivitas yang tinggi dapat menyebabkan stres sehingga akan berpengaruh terhadap jumlah ASI.

  1. Mintalah dukungan dari lingkungan sekitar

Para ibu menyusui tentunya juga membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitar. Terlebih jika ibu menyusui masih belum tahu dan mengerti apa yang harus dilakukannya agar tetap sehat saat sedang menjalani ibadah puasa. Stres yang dialami oleh ibu menyusui setidaknya dapat diminimalkan dengan berbagi perasaan kepada orang lain sehingga aktivias menyusui akan berjalan dengan lancar.

Menjalankan ibadah puasa jangan sampai menjadi sebuah masalah bagi Anda untuk dapat menyusui buah hati. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan tips di atas agar aktivitas menyusui tetap berjalan lancar selama bulan puasa.

Demikianlah 4 Tips Agar Menyusui Tetap Lancar Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *