4 Tips mencegah risiko serangan jantung

By | August 31, 2015
Tips mencegah serangan jantung

4 Tips mencegah risiko serangan jantung – Mungkin kebanyakan dari anda sekalian sudah mengetahui mengenai serangan jantung? Serangan jantung adalah penyakit yang menyerang jantung secara tiba-tiba karena aliran darah yang tersumbat oleh kolesterol. Serangan jantung juga adalah penyakit paling mematikan no. 1 di dunia karena gejalanya yang sangat tiba-tiba dan mendadak. Banyak yang beranggapan bahwa serangan jantung adalah penyakit yang hanya menyerang manula, namun pada nyatanya serangan jantung tidak hanya menyerang manula namun juga menyerang orang dewasa sekitar usia 20-30an. Bahkan risiko penyakit ini bisa terjadi pada usia berapapun, maka dari itu jangan pernah meremehkan penyakit ini. Penyakit ini terjadi karena beberapa faktor namun faktor utamanya adalah pola makan yang tidak sehat. Kali ini ada beberapa tips untuk anda mengurangi risiko serangan jantung.

4  Tips mencegah risiko serangan jantung

Tips mencegah serangan jantung

Tips mencegah serangan jantung (Ilustrasi Gambar)

1. Mengatur pola makan

Inilah yang paling diutamakan dalam menghindari penyakit serangan jantung. Terlalu banyak makan yang berlemak dan juga mengandung kolesterol sangat beresiko tinggi terkena serangan jantung. Alangkah baiknya anda mengimbangi konsumsi daging dan juga sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan juga buah-buahan memiliki fungsi untuk menetralkan dan juga menstabilkan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh. Sebenarnya kolesterol juga memiliki fungsi yang baik untuk tubuh kita, namun jika berada dalam jumlah yang tidak sedikit ini akan berdampak buruk pada tubuh kita. Konsumsilah makanan secara teratur dan seimbang.

2. Banyak minum air

Air memiliki fungsi yang banyak diantaranya menetralkan dan menstabilkan suhu tubuh, memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit, serta memperlancar kerja otak. Ternyata air juga memiliki fungsi untuk melarutkan lemak dan air. Andaikan anda minum air 8 gelas dalam sehari maka anda mengurangi risiko terkena serangan jantung.

3. Olahraga yang teratur

Olahraga memang melelahkan namun memiliki peran yang baik untuk kesehatan, dengan berolahraga maka tubuh kita akan terpacu untuk menambah stamina dan juga energi. Namun, olahraga juga dapat mencegah serangan jantung, namun jangan sampai dilakukan secara berlebihan. Dengan berolahraga maka jantung kita terlatih untuk kuat dan stabil dalam memompakan alirah darah. Namun ada beberapa kasus olahragawan yang meninggal karena serangan jantung ketika sedang berolahraga. Ini terjadi karena kolesterol dalam darah sudah tinggi sehingga ketika berolahraga darah akan berat mengalir dan akhirnya jantung akan terkejut ketika memompa darah, sehingga terjadilah serangan jantung. Namun, untuk anda yang sudah menginjak usia senja tidak ada salahnya untuk berolahraga kecil seperti jalan santai atau senam kecil.

4. Cek rutin ke dokter

Bagi anda yang benar-benar peduli terhadap kesehatan jantung anda, tidak ada salahnya untuk memeriksa jantung anda ke dokter secara rutin. Karena dengan kita mengetahui keadaan jantung kita, kita akan memiliki risiko terkena serangan jantung lebih sedikit karena kita sudah mengetahui keadaan jantung kita.

Ingat! serangan jantung bisa datang kapan saja, dimana saja, dan pada siapa saja. Serangan jantung sangatlah berbahaya karena kemungkinan dapat selamat dari penyakit ini hanyalah 30 %.

Demikianlah artikel mengenai 4  Tips mencegah risiko serangan jantung, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *