Cara mempercantik dan merawat gigi
Cara mempercantik dan merawat gigi (Ilustrasi/pixabay)

5 Cara Mempercantik Gigi

Selain mempercantik senyuman, gigi yang bersih mampu meningkatkan rasa percaya diri. Sebelum dipercantik, gigi harus diperbaiki dahulu. Caranya dengan melakukan pemeriksaan, yaitu yang pertama gigi akan difoto lalu dicetak untuk dipelajari oleh dokter. Setelah ditemukan masalahnya, kemudian gigi bisa diperbaiki. Gigi yang bagus ialah gigi yang tidak memiliki lubang, tak ada gusi yang terbuka, tidak ada karang gigi, dan infeksi yang ada harus disembuhkan.

Setelah kondisi gigi sudah baik, baru kemudian dilakukan perawatan gigi agar menjadi indah. Gigi yang indah ialah gigi yang simetris antara bagian kanan dan kiri, posisi tertata rapi, garis gusi sama, dan garis senyum baik. Untuk mempercantik gigi ada 5 cara, yaitu:

  1. Pemutihan (Whitening)

Seperti namanya, metode ini dilakukan untuk memutihkan gigi kuning, hitam, atau kusam. Gigi hitam disebabkan karena adanya infeksi, trauma, atau matinya saraf.

Cara mempercantik dan merawat gigi
Cara mempercantik dan merawat gigi (Ilustrasi/pixabay)

Gigi hitam diputihkan dengan cara memasukkan suatu gel ke dalam saluran akar gigi yang sebelumnya telah dilubangi. Setelah 1 minggu, gel akan dilepas dan gigi akan ditambal kembali.

Sebelum dimasukkan gel, pasien akan diminta memakai tray gigi selama 1-2 jam. Proses pemutihan gigi bisa diulangi setelah 2-3 tahun. Pantangan usai melakukan pemutihan gigi ialah tidak boleh mengonsumsi minuman ringan, teh, kopi, dan makanan atau minuman berwarna.

  1. Crown (Selubung Gigi)

Metode ini dilakukan untuk memperbaiki gigi yang rusak. Misalnya, gigi patah atau gigi berlubang yang sudah tidak bisa lagi ditambal. Gigi yang telah dinyatakan sehat dapat langsung dipakaikan crown. Agar tak terlihat palsu, warna crown harus disesuaikan dengan gigi aslinya.

Tidak ada pantangan setelah pemasangan crown. Tetapi, lebih baik tetap berhati-hati ketika mengunyah. Sebaiknya, lakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali.

  1. Porcelain Veneer

Adalah tindakan melapisi gigi dengan porselen yang bertujuan untuk mengatasi kerusakan dan gigi berlubang. Metode ini juga bisa dipakai untuk mengatasi gigi yang sulit dirapatkan. Cara ini hampir sama seperti crown tetapi hanya email gigi saja yang diperbaiki.

  1. Penambalan

Penambalan dilakukan untuk menutup bagian gigi yang berlubang, cuil, atau untuk memperbaiki tambalan sebelumnya. Penambalan yang menggunakan alat-alat sekarang sudah cukup untuk membuat gigi terlihat alami. Proses penambalan gigi bisa diselesaikan dalam waktu kurang lebih 1 jam.

  1. Cosmetic Conturing

Yaitu teknik mengasah gigi untuk memperbaiki bentuk gigi. Misalnya gigi yang terlalu lebar atau ujung yang berbentuk tajam meruncing. Cosmetic conturing bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 1 jam. Tidak ada pantangan setelah melakukan perawatan ini.

Tips Merawat Gigi

  1. Sikat gigi tiga kali sehari, yaitu setelah sarapan, setelah makan siang, dan malam sebelum tidur.
  2. Gunakan dental floss (benang gigi) untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menyelip di antara gigi. Lakukan setelah makan atau minimal menjelang tidur malam.
  3. Hindari konsumsi makanan yang lengket dan merusak gigi, seperti coklat dan permen. Jika tetap dimakan, bersihkan gigi setelahnya.
  4. Rutin cek kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali. Periksakan gigi anak sedini mungkin untuk menghindari masalah yang lebih serius.
  5. Perbanyak makan buah dan sayur.

Demikianlah Cara mempercantik dan merawat gigi, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- Cara mempercantik gigi, - cara mempercantik gusi, - cara merawat crown gigi, - gigi ditambal apakah bisa dinyatakan sehat, - mempercantik gigi, - merawat crown gigi

data-ad-format="link">
5 Cara Mempercantik Gigi Post in | Last updated: January 11th, 2017 | 122 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *