Cara menjaga kesehatan sistem pernapasan
Cara menjaga kesehatan sistem pernapasan (Ilustrasi/pixabay(

5 Cara menjaga kesehatan sistem pernapasan

Zaman sekarang hidup sehat sangatlah mahal, ini semua disebabkan oleh banyaknya radikal bebas dan juga polusi. Polusi pun bermacam-macam dari polusi hasil industri sampai hasil pembakaran kendaraan bermotor. Polusi udara adalah dimana kadar polutan yang tinggi yang dapat mengganggu dan mencemari udara. Bila udara tercemar apa yang akan terjadi ? Mulai dari gangguan penglihatan karena cahaya terhalang seperti beberapa kasus kebakaran hutan, sampai gangguan pernapasan seperti ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas). Padahal saluran pernapasan merupakan sistem organ yang sangat penting untuk makhluk hidup termasuk kita manusia karena sistem pernapasan membantu pertukaran O2 untuk menjalankan kerja metabolisme dalam tubuh, maka kali ini ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan.

5 Cara menjaga kesehatan sistem pernapasan

Cara menjaga kesehatan sistem pernapasan
Cara menjaga kesehatan sistem pernapasan (Ilustrasi/pixabay(

1. Menggunakan masker

Bagi anda yang setiap harinya bekerja khususnya bekerja di industri ataupun anda yang setiap hari melewati jalan raya yang padat dengan kendaraan maupun karena macet sehingga banyak asap kendaraan (CO) karbon monoksida. Anda disarankan untuk menggunakan masker dan juga kacamata. Mengapa ? Karena dengan menggunakan masker polusi yang akan terserap oleh kita akan tersaring terlebih dahulu sehingga udara yang masuk ke dalam tubuh kita sudah bersih dan penggunaan kacamata membantu mata kita terjaga dari debu dan polusi udara.

2. Mencari ruang kosong

Ketika anda bekerja ataupun sedang di luar, pasti anda akan merasakan penat dan apalagi padat oleh orang maka oksigen yang akan kita hirup pun sedikit sedangkan karbon dioksida yang ada semakin banyak, maka dari itu untuk anda yang bekerja di indoor ada baiknya sesekali ketika anda senggang bekerja untuk mencari ruang kosong atau tempat sepi untuk menghirup udara bebas karena semakin sedikit orang maka semakin banyak oksigen, lalu untuk anda yang bekerja outdoor ada baiknya anda mencari tempat yang sejuk, rindang ataupun banyak pepohonan, karena tempat sejuk dan rindang lebih nyaman untuk menyerap oksigen.

3. Bangun pagi

Bagi anda yang bekerja ataupun tidak sangat dianjurkan untuk bangun pagi, karena pada pagi hari oksigen sangat berlimpah. Menurut beberapa ahli bahwa oksigen itu sangat banyak ketika pagi hari dari pukul 3 pagi sampai pukul 8 pagi. Apalagi bagi anda yang bekerja mungkin bangun pagi juga bisa membantu untuk anda menyiapkan segala hal untuk bekerja.

4. Olahraga

Olahraga merupakan cara agar pernapasan kita kuat. Mengapa ? Karena bagi anda yang bekerja di kantoran maka anda akan sedikit sekali bergerak, mungkin kebanyakan dari anda bekerja sambil duduk. Padahal banyak penelitian bahwa semakin banyak duduk maka semakin sedikit usia kita, namun dengan diselingi olahraga tiap pekannya, maka akan membantu anda untuk melatih pernapasan hingga kuat dan sehat selain itu juga dapat membuat tubuh anda bugar.

5. Jangan begadang

Ini yang menjadi problem bagi semua orang, bagi anda para pekerja pasti ada yang setiap malam bergadang karena tuntutan kerja ataupun anak remaja yang sering nonton pertandingan sepakbola. Padahal pada malam hari oksigen diserap habis-habisan oleh tumbuhan karena pada malam hari tumbuhan tidak bisa berfotosintesis, sedangkan kadar nitrogen semakin besar yang tidak baik untuk kita. maka dari itu untuk anda yang bekerja malam ada baiknya perbanyak minum air putih ataupun air yang memiliki kadar oksigen tinggi dan diselingi dengan tidur sejenak.

Demikianlah 5 Cara menjaga kesehatan sistem pernapasan, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- cara menjaga kesehatan organ pernapasan manusia, - cara menjaga alat pernapasan, - cara menjaga pernapasan saat udara tercemar oleh industri, - upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan, - kesehatan pernafasan, - cara menjaga kesehatan alat pernapasan, - cara menjaga pernafasan, - 10 cara memelihara alat pernapasan, - cara menjaga kesehatan organ pernapasan, - kesehatan pernapasan

data-ad-format="link">
5 Cara menjaga kesehatan sistem pernapasan Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 11,829 views
Kontributor www.Infosehatkeluarga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *