makanan yang buruk untuk kesehatan
makanan yang buruk untuk kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

5 Makanan Ini Ternyata Buruk Untuk Kesehatan

Makanan memang diperlukan sebagai sumber energi. Namun, mengonsumsi tanpa mempertimbangkan kadar gizinya justru dapat menjadi masalah bagi tubuh. Ada beberapa makanan yang jika dimakan dapat membuat seseorang berisiko terkena penyakit untuk jangka  panjang. Nah, berikut ini contoh 5 makanan yang buruk untuk kesehatan:

  1. Soda

Mengosumsi soda buruk untuk kesehatan, bukan hanya karena soda memiliki kandungan gula yang tinggi.  Pewarna karamel buatan yang menjadikan soda berwarna coklat terbukti menyebabkan kanker ketika diteliti pada hewan. Selain itu, fosfat  di dalam soda yang membuat soda dapat bertahan lama jika dikonsumsi terus-menerus dapat memberikan efek penuaan dini.

  1. Roti putih

Roti putih terbuat dari tepung halus yang diperoleh dari biji gandum dan membuang bagian luarnya yang justru mengandung serat tinggi. Ketika anda mengonsumsi roti putih yang tdak cukup serat, anda dapat mengalami sembelit. Jika anda ingin mengonsumsi roti, sebaiknya pilih roti yang terbuat dari biji gandum utuh.

  1. Jus buah
makanan yang buruk untuk kesehatan
makanan yang buruk untuk kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

Anda mungkin akan terkejut ketika mengetahui jus buah juga salah satu dari makanan yang berakibat buruk untuk kesehatan apabila tidak dibuat secara benar. Meskipun memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, namun  jus buah dengan tambahan gula yang banyak tidak disarankan karena dapat memperburuk kesehatan. Jus buah buatan sendiri yang hanya mengandalkan pemanis dari buah-buahan justru bagus dibanding jus buah yang terasa manis dan enak karena mengandung banyak gula.

  1. Makanan cepat saji

Sudah banyak yang tahu bahwa makanan cepat saji bukanlah makanan yang tepat dikonsumsi terus-menerus. Dalam  makanan cepat saji terkandung garam, gula, dan minyak berlebihan serta pengawet yang tak bagus jika dikonsumsi tubuh.

  1. Minyak nabati

Minyak nabati sering menjadi alternatif untuk menghindari dari mengonsumsi minyak dari lemak hewani. Meski dianggap lebih sehat, ternyata minyak nabati tetap mengandung lemak trans atau lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Untuk menghindari lemak trans, anda dapat memasak menggunakan  minyak zaitun.

Itulah 5 makanan yang buruk untuk kesehatan, apalagi jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Mulai sekarang, yuk perhatikan apa yang kita konsumsi dengan lebih baik lagi.

data-ad-format="link">
5 Makanan Ini Ternyata Buruk Untuk Kesehatan Post in | Last updated: March 10th, 2017 | 133 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *