Manfaat buah kersen
Manfaat buah kersen (Ilustrasi/pixabay)

5 Manfaat Menakjubkan Buah Kersen untuk Kesehatan

Buah kersen merupakan buah yang berasal dari tumbuhan liar. Umumnya pohon kersen berada di tepi jalan atau pun kebun yang sudah ada begitu saja tanpa ditanami. Meskipun dianggap pohon liar, namun buahnya yang telah matang dan berwarna merah terasa sangat manis dan banyak disukai, terutama oleh anak-anak. Tak hanya itu, buah kersen ternyata juga punya banyak sekali manfaat lho untuk kesehatan. Mau tahu apa aja manfaatnya? Ini dia 5 khasiat tak terbayangkan yang dapat anda petik dengan mengonsumsi buah kersen:

  1. Kesehatan jantung terjaga

Buah yang sering disebut ceri-cerian ini merupakan sumber nutrisi yang juga berfungsi melindungi miokarduim sehingga dapat mencegah kebocoran enzim. Dengan perannya tersebut, maka mengonsumsi buah kersen berati anda juga telah mencegah adanya kebocoran enzim dan membuat jantung anda terlindungi dan tetap sehat.

Manfaat buah kersen
Manfaat buah kersen (Ilustrasi/pixabay)
  1. Meringankan kram perut

Kram perut juga dapat diatasi dengan memakan buah berbentuk bulat kecil ini. Itu karena buah kersen memiliki sifat anti-inflamasi serta anti-septik yang dapat meringankan kram pada perut.

  1. Mengatasi anemia

Bagi anda penderita anemia akan sering mengalami pusing bahkan hingga jatuh pingsan di beberapa kesempatan. Jika itu terjadi, seringlah mengonsumsi buah kersen karena dalam buah ini terdapat kandungan zat besi yang dapat berperan untuk membantu memproduksi sel darah merah sehingga anda dapat segera pulih dan terbebas dari anemia atau kurang darah.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem imunitas dalam tubuh bertugas untuk melawan serangan penyakit yang berasal dari virus atau pun bakteri yang memaksa masuk ke tubuh. Meningkatnya sistem kekebalan tubuh akan membuat tubuh anda tidak gampang sakit. Untuk mendapatkan pertahanan tubuh yang baik, anda perlu menunjangnya dengan makanan bernutrisi seperti buah kersen. Buah ini mengandung antioksidan tinggi yang terdiri dari flavonid serta vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Menjaga organ pencernaan

Kesehatan seseorang juga tercermin dari organ pencernaan yang baik. Anda perlu mencukupi kebutuhan serat agar proses pencernaan makanan berjalan dengan lancar. Kandungan serat yang ada pada buah kersen dapat menjadi pilihan untuk mengosumsi buah ini agar organ pencernaan seperti usus dan lambung tetap terjaga kesehatannya.

Nah, itulah 5 manfaat yang dapat anda temukan pada buah kersen. Melihat manfaatnya yang tak terduga ini, apa anda berniat untuk mengonsumsinya?

 

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- buah ker, - kasiat buah kersen, - Kasiat makan buah seri pasca ceasar

data-ad-format="link">
5 Manfaat Menakjubkan Buah Kersen untuk Kesehatan Post in | Last updated: September 6th, 2016 | 33 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *