Manfaat jagung rebus bagi kesehatan
Manfaat jagung rebus bagi kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

5 Manfaat Mengonsumsi Jagung Rebus untuk Kesehatan

Jagung rebus merupakan makanan yang nikmat disantap ketika hujan atau berada di daerah yang dingin. Panasnya jagung rebus dipadu dengan dinginnya suasana sekitar pasti menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk dinikmati. Tapi tahukah anda? Bukan saja lezat disantap, jagung manis yang telah direbus juga memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan tubuh.

Manfaat jagung rebus bagi kesehatan

Inilah beberapa manfaat jagung rebus bagi kesehatan tersebut:

1. Menjaga sistem pencernaan

Mengonsumsi jagung akan membuat sistem pencernaan anda menjadi lebih sehat. Hal itu disebabkan karena jagung memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, jagung juga dapat menyerap kolesterol jahat dan membuangnya dari tubuh. Jagung rebus akan membuat metabolisme tubuh anda menjadi semakin lancar.

Manfaat jagung rebus bagi kesehatan
Manfaat jagung rebus bagi kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

2. Mencegah kekurangan darah

Anemia bisa terjadi ketika anda kekurangan sel darah merah, penyakit ini biasanya ditandai dengan pusing secara tiba-tiba. Mengonsumsi jagung rebus akan membuat anda memiliki sel darah merah yang cukup. Di dalam jagung terdapat Vitamin B12, senyawa asam folat, dan juga zat besi yang berfungsi untuk membantu menghasilkan hemoglobin yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga anda dapat beraktivitas dengan lebih semangat serta tidak mudah lelah.

3. Sebagai menu diet

Jagung rebus memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang dapat menggantikan nasi. Ketika mengonsumsi jagung rebus, anda akan lebih lama merasakan kenyang karena ada kandungan karbohidrat di dalamnya. Selain itu, jagung memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit dibanding nasi sehingga tidak mengakibatkan obesitas.

4. Mencegah penyakit diabetes

Dalam biji jagung terdapat zat fitokimia yang mampu mengatur penyerapan dan pelepasan insulin di dalam tubuh. Oleh karena itulah jagung dinobatkan sebagai makanan sehat yang kaya nutrisi.

5. Menjadikan kulit awet muda

Antioksidan yang terdapat pada jagung rebus akan menangkal radikal bebas yang sering menyerang tubuh. Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang sering terpapar oleh zat-zat luar yang berbahaya. Mengonsumsi jagung rebus dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin memiliki kulit yang tetap awet muda.

Itulah 5 manfaat jagung rebus untuk kesehatan yang perlu anda tahu. Jadi, tahu kan sekarang kalau jagung rebus bukan hanya nikmat tapi juga kaya manfaat?

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- manfaat jagung rebus, - manfaat jagung, - manfaat makan jagung rebus, - khasiat jagung rebus, - manfaat jagung manis rebus, - manfaat jagung manis, - manfaat makan jagung, - khasiat jagung, - manfaat jagung rebus untuk kesehatan, - khasiat jagung manis

data-ad-format="link">
5 Manfaat Mengonsumsi Jagung Rebus untuk Kesehatan Post in | Last updated: July 30th, 2016 | 24,019 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

One thought on “5 Manfaat Mengonsumsi Jagung Rebus untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *