Manfaat mengonsumsi okra
Manfaat mengonsumsi okra (Gambar: Wikimedia)

5 Manfaat Mengonsumsi Okra

Apa Anda sudah pernah mendengar nama makanan yang satu ini? Okra memiliki nama lain lady finger atau dalam bahasa Indonesia “Bendi” merupakan tumbuhan yang berasal dari Ethiopia. Tumbuhan ini dapat hidup di kawasan tropis. Ukuran dan buahnya mirip dengan cabai hijau besar. Selain itu pada buahnya terdapat bulu  halus. Namun kini okra tak hanya berwarna hijau, ada okra yang berwarna merah. Akan tetapi walaupun sama–sama dapat dimakan, okra yang berwarna hijau lebih sering dikonsumsi oleh masyarakat. Okra memiliki banyak kandungan senyawa di dalamnya yang dapat menyehatkan tubuh kita. Anda ingin tahu apa manfaat dari mengonsumsi okra, simak pembahasan di bawah ini.

Manfaat mengonsumsi okra
Manfaat mengonsumsi okra (Gambar: Wikimedia)
  1. Mengurangi Risiko Kambuhnya Asma

Orang yang memiliki asma dianjurkan untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari untuk menurunkan risiko kambuhnya asma maupun berbagai alergi lainnya. Kadar vitamin C maksimal yang diperbolehkan ialah 500 mg setiap harinya. Vitamin C yang alami dapat diperoleh dari berbagai sayur dan buah. Salah satunya ialah okra. Okra mengandung vitamin C dan dalam setiap sendoknya mengandung kurang lebih 21 mg. Maka dari itu mengonsumsi okra dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan risiko kambuhnya asma.

  1. Menurunkan Kolesterol

Selain dapat menurunkan berbagai risiko kambuhnya asma, okra juga menawarkan berbagai manfaat lain seperti dapat menurunkan kolesterol. Okra memiliki serat yang cukup tinggi, sehingga dapat mengikat kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol yang telah diikat oleh serat okra, kemudian akan dibawa keluar dari tubuh melalui feses.

  1. Mengelola Diabetes

Okra mengandung serat yang bersifat larut. Serat jenis ini dapat membantu untuk mengatur kadar glukosa dalam darah agar tetap stabil. Di dalam usus Anda jika terlalu banyak glukosa yang dikonsumsi, maka okra akan membantu menyerap glukosa tersebut. Pengurangan jumlah glukosa yang diserap tubuh, sudah pasti akan berdampak pada pengurangan kadar glukosa dalam darah. Hal ini sudah dibuktikan berdasarkan penelitian yang sudah diterbitkan di journal ISRN Pharmaceutics.

  1. Membuat Anda Awet Muda

Apakah Anda yakin, manfaat okra sudah sampai disitu saja. Jawabannya tidak. Manfaat lain yang akan diberikan oleh okra saat Anda mengonsumsinya ialah antioksidan. Antioksidan telah umum diketahui sebagai senyawa yang dapat melawan radikal bebas. Antioksidan bersama dengan kandungan vitamin C yang ada di dalam okra, akan sangat membantu tubuh Anda melawan radikal bebas dan membuat Anda menjadi lebih awet muda.

  1. Mencegah Gagal Ginjal

Mengonsumsi okra akan membantu mencegah terjadinya gagal ginjal. Namun tentu saja selain mengonsumsi okra, Anda juga harus mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Dalam sebuah penelitian yang sudah diterbitkan di Jilin Medical Journal pada tahun 2005, membuktikan bahwa siapa saja yang mengonsumsi okra secara rutin setiap hari dapat membantu mengurangi kerusakan ginjal dari orang yang melakukan diet seperti untuk orang yang terkena diabetes.

data-ad-format="link">
5 Manfaat Mengonsumsi Okra Post in | Last updated: May 6th, 2016 | 334 views
Novia Nur FS
Kontributor Info Sehat Keluarga from Yogyakarta. I am International master student at National Taiwan University of Science and Technology.

One thought on “5 Manfaat Mengonsumsi Okra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *