Manfaat tidur untuk kesehatan
Manfaat tidur untuk kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

5 Manfaat Penting Tidur Untuk Kesehatan

Tidur merupakan fase yang diperlukan tubuh untuk beristirahat dari segala aktivitas. Setiap hari, orang dewasa membutuhkan tidur setidaknya 7-8 jam. Selain untuk memulihkan energi, tahukah anda manfaat lain dari tidur? Apa saja hal yang akan kita dapatkan jika memiliki tidur yang berkualitas? Nah, inilah 5 manfaat penting tidur bagi kesehatan:

  1. Memperbaiki sel otak

Mengistirahatkan tubuh dengan tidur akan membuat sel-sel otak memperbaiki diri. Tidur juga akan berperan penting untuk menyegarkan kembali koneksi antar sel otak yang kurang digunakan dengan maksimal.

  1. Menyusun ulang memori

Tidur akan memberikan kesempatan otak supaya dapat menyusun data-data atau memori sehingga dapat menemukan solusi dari permasalahan yang terjadi. Apabila anda sedang kebingungan dan tak kunjung menemukan jalan keluar, mungkin yang anda perlukan ialah tidur untuk beberapa saat. Dengan mengistirahatkan tubuh dan pikiran, sementara ini, bisa saja masalah akhirnya dapat diatasi karena ide tiba-tiba muncul menjadi sebuah solusi.

Manfaat tidur untuk kesehatan
Manfaat tidur untuk kesehatan (Ilustrasi/pixabay)
  1. Menghemat energi

Energi yang dikeluarkan tubuh akan lebih sedikit ketika anda tidur dibandingkan saat sedang beraktivitas. Oleh karena itu, apabila seseorang tidak memperoleh asupan makanan yang cukup, tidur dapat dijadikan alternatif agar tubuh dapat menghemat energi.

  1. Memperbaiki enzim dan otot-otot di tubuh

Sel-sel otot yang ada di tubuh akan melakukan perbaikan selama tidur. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengalami cedera, mengistirahatkan tubuh dengan tidur akan membantu mempercepat proses pemulihan.

  1. Memproduksi hormon

Ada banyak hormon yang diproduksi dalam darah saat tidur. Misalnya saja, hormon luteinizing yaitu hormon pertumbuhan pada anak dan remaja yang memiliki peran dalam pencapaian pubertas dan proses reproduksi. Hormon ini akan dihasilkan ketika tidur.

Nah, itulah 5 manfaat penting tidur untuk kesehatan. Tak hanya itu, dari teori evolusioner diketahui bahwa tidur di malam hari juga salah satu upaya untuk mempertahankan hidup atau survival. Pada zaman nenek moyang, tidur di malam hari bermanfaat untuk menghindari binatang pemangsa yang aktif bergerak saat malam. Kebiasaan tersebut terekam dalam DNA manusia dan diwariskan hingga sekarang. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

data-ad-format="link">
5 Manfaat Penting Tidur Untuk Kesehatan Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 61 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *