Tips sehat minum kopi
Tips sehat minum kopi (Ilustrasi/pexels)

5 Tips Meminum Kopi dengan Sehat

Kopi merupakan minuman nikmat yang disukai banyak orang. Baik tua maupun muda, baik kaya maupun miskin. Minum kopi sudah menjadi kebiasaan yang banyak digemari banyak orang.

Tips sehat minum kopi
Tips sehat minum kopi (Ilustrasi/pexels)

Secangkir kopi dipercaya tidak hanya dapat membangkitkan semangat. Akan tetapi juga mencegah kita dari penyakit tertentu. Selain itu, kopi juga dipercaya mengurangi stres.

Akan tetapi, di balik kenikmatan meminum secangkir kopi tersebut, mengonsumsi kopi secara berlebihan tersebut tidak baik untuk kesehatan. Sehingga perlu bagi pencinta minuman mengetahui tips agar meminum kopi tidak merusak kesehatan kita. Diantaranya,

1. Mengenali kandungan kopi yang kita minum

Saat sekarang banyak jenis produk kopi yang telah beredar. Oleh karena itu penting bagi penikmat kopi untuk mengenal kandungan dalam setiap cangkir kopi yang dinikmatinya terutama kandungan kafeinnya. Dengan demikian kita dapat menyesuaikan diri dengan dosis yang bisa diterima tubuh kita. Selain itu, kita juga harus mengenal minuman lainnya yang juga mengandung kafein seperti softdrink, teh, coklat, obat sakit kepala, dan permen kopi.

Selain mengetahui kandungan kafein setiap kopi, kita juga harus mengetahui bahwa pengelolaan kopi berpengaruh terhadap kafein yang dikandungnya.

2. Mengetahui batas dosis minum kopi bagi tubuh kita.

Berdasarkan hasil penelitian diungkapkan bahwa batas meminum kafein ialah 100-200 mg ( sekitar 1-2 cangkir perhari). Akan tetapi, setiap kita memiliki batasan tersendiri meminum kopi yang mengandung kafein. Ada beberapa orang yang hanya baru meminum secangkir kopi sudah menampakkan efek negatif. Namun ada beberapa orang yang mengonsumsi lebih dari dua gelas kopi sehari tidak merasakan efek negatif. Sebagian orang merasakan dapat menahan kantuk saat meminum secangkir kopi. Namun sebagian orang ada yang tetap dapat tidur pulas saat meminum secangkir kopi. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui batasan tubuh kita dapat meminum kopi.

3. Mengenali efek kopi terhadap tubuh kita

Setiap orang memiliki efek berbeda terhadap tubuhnya ketika meminum secangkir kopi. Penting bagi kita mengenali efek negatif meminum kopi yang mengandung kafein yang berlebihan bagi tubuh kita. Efek berbahaya itu ditandai dengan gelisah, jantung berdebar, gangguan tidur, serta gangguan mood misalnya cepat marah. Oleh karena itu peminum kopi harus mewaspadai efek negatif tersebut bisa dengan cara mengurangi konsumsi kopi atau meminum kopi tanpa kafein.

4. Waspadai dan dengarkan respon kopi pada tubuh kita.

JIka kita merasakan efek negatif ketika meminum kopi, maka waspada dan dengarkanlah. Hal itu berarti kita harus berhati- hari dan memberikan batasan dalam meminum kopi untuk menghindari efek negatif tersebut. Jika perlu kita dapat mengonsumsi kopi tanpa kafein sehingga tetap dapat mengonsumsi kopi dengan nikmat.

5. Kenali diri dan kondisi tubuh kita.

Tentu berbahaya mengonsumsi kopi bagi mereka yang menderita hipertensi, jantung, wanita hamil, atau ketika mengonsumsi obat tertentu. Sehingga butuh bagi kita mengenali diri dan kondisi tubuh kita untuk memutuskan meminum secangkir kopi.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- bagaimana minum kopi agar tidak merusak kesehatan, - tips sehat minum kopi, - tips srhat untuk peminum kopi

data-ad-format="link">
5 Tips Meminum Kopi dengan Sehat Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 58 views
Kontributor Infosehatkeluarga.com Pasaman Sumatera Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *