5 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips menjaga kesehatan mata

Tips menjaga kesehatan mata (Ilustrasi/pixabay)

Mata merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang sangat penting, dalam artian satu dari beberapa organ yang sangat berpengaruh besar untuk manusia dalam menjalani kehidupannya. Seperti yang kita ketahui bahwa mata merupakan organ yang kompleks yang terdiri dari kornea, iris, lensa, pupil, retina, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak bagian-bagian yang ada dalam mata, kemungkinan rusak/terganggu dari salah satu organ akan mengakibatkan mata menjadi tidak bekerja sesuai dengan fungsinya. Seperti nyeri mata, katarak, mata rabun, buta warna, dan lain sebagainya. Tentu kita tak ingin jika mata kita terganggu oleh sesuatu atau bahkan terkena penyakit yang dapat menghalangi kemampuan kita untuk melihat bukan?

Berikut kami sediakan Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata :

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata

1. Ketahui asupan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata

Seperti yang kita ketahui, banyak sekali nutrisi-nutrisi yang masuk ke tubuh kita pada setiap kali kita mengonsumsi sesuatu, baik makanan ataupun minuman. Karoten, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan fiber merupakan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata. Dari mana sajakah sumbernya? Tomat, Wortel, kuaci, bayam, dan salmon. Nutrisi penting untuk mata dapat diperoleh dari bahan-bahan makanan tersebut untuk menjaga kesehatan mata.

2. Jangan terlalu sering memaksa mata untuk bekerja keras

Sebagai seorang pekerja, hal biasa yang paling sering kita lakukan adalah “memaksa” mata kita untuk bekerja keras, seperti bekerja terlalu lama di depan komputer yang ternyata dapat mengganggu kesehatan mata kita. Jika mata kita dipaksa fokus untuk waktu yang lama dalam jarak dekat, membuat mata lelah dan otot mata kita akan menjadi kaku. Jika bekerja di depan komputer menjadi rutinitas atau pekerjaan, biasakan agar sering mengistirahatkan mata dengan cara fokus ke titik yang dekat lalu alihkan mata dan fokus ke arah yang jauh hingga mata menjadi relaks dan siap untuk lanjut bekerja. Dan gunakan kaca mata anti radiasi untuk mengurangi “jahatnya” radiasi monitor pada barang elektronik sehingga kita dapat tetap menjaga kesehatan mata kita.

Kebanyakan dari kita juga sering membuat mata kaku dengan membaca sesuatu di tempat yang minim cahaya. Mata menjadi lebih berisiko mengalami kelelahan dan akhirnya menjadi kurang fokus untuk melihat sesuatu. Solusinya yakni biasakan untuk mengistirahatkan mata dan pindah ke daerah yang cukup cahaya untuk membaca, agar mata kita tidak terganggu kesehatannya.

3. Jangan menggunakan lensa kontak lebih dari 8 jam

Lensa kontak menjadi trend yang ada di masa sekarang untuk membuat mata yang memiliki rabun jauh / dekat agar dapat melihat dengan jelas dan bahkan untuk hanya sekedar fashion si pemakainya. Idealnya dalam satu hari kita diperbolehkan memakai lensa kontak selama 8 jam dalam artian pemakaian wajar, sehingga mata kita tidak mengalami penumpukan kotoran dari adanya Lensa Kontak. Berdasarkan beberapa pengalaman bahwa lensa kontak merupakan benda kotor jika pemakaiannya melebihi batas wajar dan dapat mengakibatkan gangguan mata seperti alergi, nyeri, mata gatal, dan mata merah.

Maka dari itu untuk menjaga kesehatan mata, lepas lensa kontak anda dan cuci dengan air khusus lensa kontak dan istirahatkan mata setelah memakai lensa kontak agar mata tidak lelah dan kaku.

4. Lindungilah Mata Anda saat Beraktivitas

Setiap kali beraktivitas, tanpa sadar kita dapat melukai atau bahkan merusak mata kita. Contohnya pada saat berenang, mata kita dapat terkena zat kimia dari penjernih air yang dapat merusak mata kita. Alangkah baiknya, setiap kali kita beraktivitas gunakanlah pelindung mata seperti kacamata renang, kacamata las, kacamata UV. Karena dalam beraktivitas, kesehatan mata kita juga harus dijaga agar dapat melakukan kegiatan dengan baik.

5. Periksa secara berkala Kesehatan Mata Anda

Setelah kita berusaha menjaga kesehatan mata dengan disiplin, ada baiknya jika pemeriksaan ke dokter dengan teratur menjadi pertimbangan yang sangat besar untuk tetap yakin pada kesehatan mata kita. Hal yang menjadi momok adalah ketika kita terserang penyakit yang memang bukan dari kebiasaan kita seperti faktor genetik atau hal lain yang tidak kita duga. Para dokter pun akan merekomendasikan tindakan yang baik untuk mencegah atau mengobati mata kita yang bermasalah.

Demikian Tips menjaga Kesehatan Mata kita, semoga dengan dilakukannya Tips-tips tersebut menjadikan mata tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang tidak kita harapkan. Karena mata adalah jendela dunia, tetap jaga kesehatan dan nantikan artikel selanjutnya…

Leave a Reply

*