5 Tips Tidur Siang yang Efektif dan Baik bagi Tubuh Kita

5 Tips Tidur Siang yang Efektif dan Baik bagi Tubuh Kita – Anggapan orang bahwa kebiasaan tidur siang merupakan kegiatan orang yang pemalas dan kebiasaan orang yang memiliki tulang yang rapuh. Namun, hal demikian tidaklah berlaku, kenapa begitu ?

Pada sebuah penelitian berupa polling yang dilakukan sekitar tahun 2013, menyebutkan bahwa hampir 40% orang tidur siang selama kurang lebih dari tujuh jam, dan 43% orang menyatakan lebih bugar jika tidur siang. Jadi, akan masuk akal bila banyak orang yang mulai mencoba untuk menambah jam tidurnya kapanpun dan di manapun. Sebuah perusahaan besar dunia seperti perusahaan Ben & Jerry serta perusahaan otomotif dunia yang mengharuskan para pekerjanya untuk tidur siang,
dan beberapa kampus seperti Universitas Pancasakti di Tegal, Universitas Jendral Sudirman juga menyediakan kamar untuk tidur siang para karyawan dan mahasiswanya.

Mengantuk sebelum tidur adalah hal yang wajar dan normal bagi setiap orang. Jam biologis ini bersifat internal tubuh telah mengatur fisik, mental, perubahan emosional sekaligus waktu untuk terjaga. Ketika kita mengantuk biasanya terjadi pada siang hari seiring dengan datangnya malam, Ada sebagian orang yang mengantuk di sore hari. Dari survey tersebut ternyata ditemukan bahwa tidur siang mempunyai kemanfaatan yang sangat baik diantaranya adalah meningkatkan ketajaman otak, daya ingat meningkat dan membuat kita terjaga lebih lama, tidur siang dapat membantu tubuh menjadi langsing, karena jika kita kekurangan jam tidur di waktu siang hari akan mengakibatkan rasa lapar dan kita mengkonsumsi makanan yang berlebihan.

Dan di musim dan cuaca yang akhir-akhir ini sering berubah-ubah, bisakah kita mau memikirkan kapan waktu yang tepat untuk tidur siang?

5 Tips Tidur Siang yang Efektif dan Baik bagi Tubuh Kita
5 Tips Tidur Siang yang Efektif dan Baik bagi Tubuh Kita (Ilustrasi)

Berikut, penulis akan memaparkan tentang trik yang bisa pembaca jajal untuk melakukan tidur siang yang efektif:

5 Tips Tidur Siang yang Efektif dan Baik bagi Tubuh Kita

Waktu yang tepat untuk tidur siang
Waktu yang tepat untuk tidur siang adalah sesudah lohor serta diusahakan jangan di atas jam tiga. Karena jika kita memaksakan tidur jam tiga siang ke atas, maka akan mengganggu tidur malam kita.

Tidur secukupnya
Saat kita berniat untuk tidur siang dengan waktu yang lama, maka itu bukan ide yang bagus. Sebab waktu yang efetif untuk tidur
siang adalah 15-40 menit.

Berbaring di sofa
Bila kita merasa mengantuk dan ingin tidur seperti halnya tidur di malam hari, maka cobalah rebahan di media yang nyaman
tetapi tidak terlalu nyaman misalnya di sofa.

Carilah tempat setenang mungkin
Setiap orang ingin tidur nyenyak dan lelap, maka jadikanlah tempat tidur kita dibuat sekelilingnya setenang mungkin, dan diusahakan agar kondisi ruangan atau kamar kita tidak cukup gelap untuk menutup mata, tetapi disarankan agar jangan gelap gulita. Suhu yang ideal dalam ruangan kita yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Minum secangkir kopi, tepat sebelum tidur siang.
Mungkin sebagian orang mengatakan bahwa tips ini bisa menimbulkan pro dan kontra. Akan tetapi menurut penelitian yang dilakukan di Jepang sekitar tahun 2003 menyebutkan bahwa secangkir kopi yang diminum sebelum tidur siang, akan mengakibatkan efek lelap pada tidur siang nantinya. Alasanya adalah bahwa kafein yang ada pada kopi tidak akan bekerja 20-30 menit setelah diminum, jadi kita akan terbangun dengan efek kopi yang segar pada tubuh kita setelah 30 menit kemudian.

Demikianlah 5 tips tidur siang yang efektif dan baik bagi tubuh kita.
Semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
5 Tips Tidur Siang yang Efektif dan Baik bagi Tubuh Kita Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 8 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *