6 Cara Tepat Mengatasi Kolesterol

Kolesterol saat ini sudah menjadi santapan bagi masyarakat pada umumnya. Memiliki tingkat kolesterol tinggi akan menyebabkan terjangkit suatu penyakit, salah satunya penyakit jantung. Hal ini perlu untuk diatasi sampai pada batas yang normal. Perlu menjaga pola makan yang sehat dan dikombinasikan dengan aktifitas fisik secara rutin dan teratur. Sehingga nanti menurunkan tingkat kolesterol pada batas normal.

Cara mengatasi kolesterol

Cara mengatasi kolesterol (Ilustrasi/pixabay)

Untuk lebih mendapatkan hasil yang maksimal, bisa menerapkan cara yang tepat untuk mengatasi kolesterol berikut ini, antara lain:

6 Cara Tepat Mengatasi Kolesterol

  • Laksanakan target penurunan kolesterol

Lakukan tes kolesterol di rumah sakit atau dokter sebelum nantinya menerapkan target untuk menurunkan kolesterol. Hal ini penting agar nanti bisa mencapai target pada batas yang optimal dan normal.

  • Tingkatkan aktifitas fisik setiap hari

Untuk menurunkan kolesterol yang efektif sebaiknya perlu untuk meningkatkan aktifitas fisik berupa berolahraga secara rutin dan teratur. Bisa memulai aktifitas fisik dengan mengombinasikan aktifitas sehari-hari yang dijalani. Misalnya, jalan-jalan, naik turun tangga, membersihkan rumah dan aktif dalam menggerakkan fisik.

  • Hindari mengonsumsi jenis lemak jenuh

Cara untuk menurunkan kolesterol perlu untuk menghindari jenis makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi dan makanan yang mengandung lemak jenuh. Seperti daging dan mentega. Hal ini perlu agar nanti proses penurunan kolesterol tidak terhambat.

  • Banyak mengkonsumsi ikan

Ikan memiliki kandungan omega 3 dan asam lemak yang sangat ampuh untuk penurunan kolesterol pada tubuh. Jenis ikan yang bisa dijadikan bahan rekomendasi untuk menurunkan kolesterol ialah ikan salmon dan ikan tuna.

  • Banyak mengonsumsi makanan berserat

Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan serat tinggi ialah buah, sayur, aot dan kacang-kacangan. Selain itu, ada kandungan antioksidan yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan jantung. Ganti jenis makanan yang berlemak dengan mengonsumsi makanan yang berserat tinggi.

  • Banyak minum air putih

Mulailah untuk membiasakan minum air putih yang banyak. Minimal 2 liter setiap harinya. Hal ini penting untuk melancarkan sistem pencernaan dan peredaran darah dalam tubuh. Selain itu, air putih juga bagus untuk menurunkan kolesterol secara optimal. Bagi yang sudah terbiasa minum alkohol atau minuman bersoda sebaiknya segera menggantinya dengan memperbanyak minum air putih.

Itulah beberapa cara yang tepat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Namun proses penurunan ini perlu waktu tidak hanya sebentar. Tanamkan rasa sabar dan selalu berusaha agar nanti mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Kolesterol yang tinggi dalam tubuh, perlu segera diatasi agar nanti tidak menyebar dalam tubuh dan menumbuhkan penyakit lain yang lebih membahayakan. Selama proses penurunan kolesterol sebaiknya perlu menerapkan pola makan dan hidup yang menyehatkan. Hilangkan pola hidup buruk yang hanya menimbulkan berbagai macam masalah dalam tubuh.

Leave a Reply

*