7 Cara Mengatasi insomnia dengan benar

By | January 5, 2017

7 Cara Mengatasi insomnia dengan benar – Mengatasi insomnia kalau tidak mengetahui caranya maka akan menjengkelkan bagi orang yang sudah tidur, insomnia biasanya disebabkan karena kecapean, stress, memikirkan pekerjaan yang sulit dan susah diselesaikan, atau justru karena kebanyakan tidur. Setiap orang tentunya mempunyai jam tidur yang berbeda-beda, jika pembaca mempunyai kesempatan untuk tidur maka segeralah tidur. Rata-rata orang tidur hanya delapan jam saja, tetapi karena ada gangguan insomnia mengakibatkan tidur akan berkurang dan jika berlarut-larut susah tidurnya maka akan mengakibatkan gangguan kesehatan secara permanen, daya tahan tubuh berkurang hingga sangat mudah terkena penyakit.

Ada beberapa hal yang harus kita ketahui tentang kriteria mengenai tidur yang sehat seperti:

  1. Bila pembaca mudah tidur di malam hari yang tanpa dibantu oleh obat tidur atau tidak berjuang mengatasi kegelisahan saat hendak tidur.
  2. Bila tengah malam menjelang dan jarang bangun malam, tetapi jika spontan terbangun kemudian akan dengan mudah untuk tidur kembali meskipun di tengah malam terbangun untuk buang air saja.
  3. Bila anda terbangun dengan wajar tanpa adanya alarm di sampingnya sehingga dapat beraktivitas, menjadikan tubuh menjadi segar bugar dan bersemangat serta tidak mudah mengantuk.

Penulis akan paparkan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pembaca yang dapat mengatasi insomnia:

  1. Medis. Insomnia bisa disebabkan jika seseorang mempunyai riwayat penyakit, seperti penyakit jantung, asma, Parkinson, gangguan pencernaan dan Alzheimer.
  2. Psikriatis. Biasanya gangguan stress pasca trauma, kepanikan yang berlebihan dan gangguan obsesif kompulsif.
  3. Lingkungan. Ganguan ini disebabkan karena alam seperti cuaca, udara yang terlalu panas atau terlalu dingin, suara bising atau berisik karena knalpot motor di malam hari, tidak tenang karena media yang kita tiduri seperti kasur atau bantal kurang nyaman.
  4. Penyalahgunakan alkohol dan obat terlarang. Pada pengguna ini jelas sulit tidur, bahkan perokokpun kadang terkena insomnia.
7 Cara Mengatasi insomnia dengan benar

7 Cara Mengatasi insomnia dengan benar (Ilustrasi)

Bila pembaca menyadari dan mengalami insomnia maka kita harus segera mengambil langkah-langkah atau tindakan agar penyakit ini tidak menghantui, sebelum penyakit ini menjadi kebiasaan yang berdampak sangat kurang baik bagi kesehatan jangka panjang.

7 Cara Mengatasi insomnia dengan benar

Mungkin kita berfikir ? apakah ada cara yang tepat untuk mengatasi insomnia ? kali ini penulis akan jabarkan tentang tips bagaimana mengatasi insomnia secara sederhana:

  1. Kondisi tempat tidur. Pastikan mempunyai tempat tidur serta kasur dan bantal yang nyaman, jangan lupa matikan lampu dan usahakan lingkungan sekitar tenang (tetapi bukan di samping rumah tempat pemakaman umum)
  2. Hindari olah raga sebelum tidur. Berolah raga itu memang baik bagi kesehatan, tetapi bila dilakukan sebelum tidur, maka bisa mengakibatkan kita sulit tidur.
  3. Hindari berpikir yang berat. Mempunyai pikiran serta memikirkan sesuatu sebelum tidur, berdampak akan menyulitkan tidur malam kita.
    Jadi rilekslah sebelum tidur.
  4. Jangan mengkomsumsi sebelum tidur. Coklat panas, air teh hangat atau kopi sebaiknya dihindari bila saat akan tidur, karena minuman tersebut menjadi penghambat tidur kita.
  5. Hindari obat tidur. Bila kita sering mengkonsumsi obat tidur, berhati-hatilah karena dampak obat tersebut dapat merusak tubuh dan ketergantungan obat, jadi sebaiknya kurangi mengkonsumsi obat tidur setiap hari.
  6. Hindari makanan berat seperti mie instant atau nasi, karena mengkonsumsi makanan seperti yang disebutkan tadi kemudian setelahnya tidur, malah akan menjadi sulit tidur karena makanan tadi akan diproses pada pencernaan, sebaiknya tunggulah 2 sampai 3 jam agar makanan bisa hancur di dalam tubuh.
  7. Stop merokok. Asap yang dihisap merupakan racun yang membahayakan tubuh jangka panjang. Merokok dapat mempengaruhi kualitas tidur karena tekanan darah akan meningkat serta jantung berdetak lebih cepat sehingga aktivitas ini sangat mengganggu tidur kita.

Demikianlah artikel mengenai 7 Cara Mengatasi insomnia dengan benar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *