7 Khasiat Buah Mentimun Bagi Kesehatan

7 KHASIAT BUAH MENTIMUN BAGI KESEHATAN – Ketika masih kecil dulu pernah berdebat dengan teman, buah mentimun atau timun termasuk dalam golongan buah atau sayur? Sama halnya dengan buah tomat yang juga sering masuk dalam perdebatan apakah golongan sayur atau buah. Sebenarnya apa yang membedakan antara sayur dengan buah? Jika menilik pengelompokan secara ilmiah atau berdasarkan ilmu botani, perbedaan mendasar bisa dilihat dari apakah komoditas tersebut memiliki biji ataukah tidak. Jika memiliki biji berarti komoditas tersebut masuk dalam golongan buah, sebaliknya jika tidak memiliki biji berarti masuk dalam golongan sayur. Tentu saja definisi ini akan berbeda jika kita menanyakannya pada chef atau ahli masak.

Tapi di sini kita tidak akan berdebat soal itu. Dalam artikel ini akan kita pakai penggolongan secara ilmiah yang mengkategorikan mentimun sebagai buah. Buah mentimun memiliki kandungan air yang tinggi dan sering digunakan sebagai pendamping hidangan atau makanan tertentu. Tidak hanya segar, buah ini juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol darah. Karena itulah buah ini sering dimakan bersama menu berbahan daging kambing atau yang berlemak lain seperti nasi goreng, selain karena mampu menetralisir rasa sehingga tidak terlalu ‘eneg’.

Selain manfaat yang telah disebutkan tersebut, mentimun memiliki banyak khasiat lain. Berikut 7 khasiat mentimun bagi kesehatan tubuh kita:

7 KHASIAT BUAH MENTIMUN BAGI KESEHATAN

Manfaat buah mentimun

Manfaat buah mentimun (Ilustrasi/Pixabay)

  1. Kesehatan pencernaan

Konsumsi buah mentimun baik bagi kesehatan pencernaan. Selain karena kandungan serat dan airnya yang tinggi, berbagai senyawa yang terdapat dalam buah mentimun seperti enzim erepsin membantu kerja sistem pencernaan tubuh, termasuk melancarkan sistem pembuangan sehingga pencernaan lebih sehat. Mengonsumsi buah mentimun akan lebih baik konsumsi juga kulit dan bijinya. Kulit mentimun mengandung serat yang tingggi sehingga dapat membantu mengatasi sembelit. Sementara biji mentimun memiliki sifat anti inflamasi (peradangan) yang cukup efektif mengobati pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan. Sifat anti inflamasi ini juga dapat membantu mencegah radang usus. Selain itu, biji buah mentimun juga dipercaya dapat membantu mengeluarkan cacing pita di dalam usus.

  1. Mengurangi radikal bebas dalam tubuh

Mengonsumsi buah mentimun dalam jumlah yang cukup ternyata mampu mengurangi terjangkit penyakit kanker. Hal ini karena beberapa senyawa dalam buah mentimun seperti β karoten dan lutein merupakan antioksidan yang bertindak sebagai pembersih radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas sendiri merupakan jenis oksigen yang sangat reaktif karena merupakan electron yang tidak sempurna. Sifat reaktif ini dapat merusak sel tubuh sehingga mengakibatkan beberapa penyakit kronis, salah satunya kanker di samping penuaan dini dan jantung. Zat antioksidan dapat menghancurkan atau menetralisir radikal bebas di dalam tubuh. dengan demikian, mengonsumsi buah mentimun tidak hanya baik bagi kesehatan, namun juga baik bagi kesehatan kulit dan kecantikan.

  1. Membantu memelihara kesehatan otak

Kandungan tembaga dalam mentimun berfungsi membantu neurotransmitter dalam otak, yang dibutuhkan dalam aktivitas komunikasi dan dapat membantu menghambat kerusakan otak. Selain itu, tembaga dalam mentimun juga berfungsi membantu menghasilkan sel darah yang sehat dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini akan menunjang pula suplai nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh otak kita. Kondisi otak yang baik akan menghambat Alzheimer dan lupa serta menyembuhkan sakit kepala.

  1. Memelihara kesehatan mulut

Bau mulut akan menjadi kondisi yang mengganggu, terutama saat harus berhadapan dengan orang lain. Jika kita sedang berpuasa mungkin akan dimaklumi, namun akan berbeda ceritanya jika dalam kondisi normal (tidak sedang berpuasa). Mengonsumsi buah mentimun merupakan solusi mudah dan tepat untuk mengatasi masalah ini. Hal ini dikarenakan kandungan fitokimia dalam buah mentimun yang dapat membasmi bakteri penyebab bau mulut. Konsumsi buah mentimun juga dapat meningkatkan produksi air liur, membawa netralisasi asam dalam rongga mulut serta efektif mengobati penyakit gusi.

  1. Membantu fungsi ginjal

Kandungan air pada mentimun yang tinggi dapat membantu kerja ginjal dan melancarkan buang air kecil. Konsumsi mentimun secara teratur dipercaya dapat melarutkan batu ginjal.

  1. Kesehatan tulang dan sendi

Telah disebutkan di atas bahwa buah mentimun baik bagi pencernaan. Pencernaan yang baik merupakan kondisi yang dianjurkan oleh dokter. Karena berawal dari pencernaan yang baik, asupan nutrisi yang dibutuhkan tulang dapat terpenuhi. Di samping itu, kandungan vitamin K dan kalsium dalam buah mentimun menyebabkan buah ini berfungsi baik bagi kesehatan tulang. Buah mentimun juga mengandung silika yang tinggi, yang sangat berguna untuk memperkuat jaringan ikat sehingga baik bagi kesehatan sendi.

  1. Mengurangi risiko diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit gangguan metolisme tubuh yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Sirkulasi darah yang baik dan sel darah yang sehat merupakan salah satu kondisi yang baik bagi penderita diabetes, yang bisa diperoleh salah satunya dari kandungan tembaga yang terdapat dalam buah mentimun. Selain itu, buah mentimun juga memiliki kandungan hormon yang sangat dibutuhkan pankreas untuk memproduksi insulin.

Demikianlah artikel mengenai 7 KHASIAT BUAH MENTIMUN BAGI KESEHATAN, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*