Manfaat gula aren
Manfaat gula aren (Ilustrasi/By Midori (Own workby uploader) [GFDL (http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html) or CC BY-SA 3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0)], via Wikimedia Commons)

7 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan

Gula aren atau juga biasa disebut gula jawa merupakan gula yang berasal dari sari buah aren yang kemudian diolah. Memiliki rasa manis dan legit, gula aren sering dijadikan sebagai bahan  untuk mempermanis cita rasa masakan. Sebenarnya manfaat gula aren bukan hanya sebatas pemanis makanan, kandungan gula aren berkhasiat merawat kesehatan tubuh. Gula aren juga gula yang rendah kalori sehingga aman untuk diet. Berikut inilah berbagai manfaat yang akan didapatkan dari gula aren:

  1. Sebagai sumber antioksidan

Mengandung zat  antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak, mengonsumsi gula aren mampu menangkal radikal bebas dan  semakin meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Mencegah penyakit anemia

Memiliki kandungan zat besi, gula aren berguna dalam pembentukan sel darah merah yang otomatis akan mencegah penyakit anemia atau kurang darah.

Manfaat gula aren
Manfaat gula aren (Ilustrasi/By Midori (Own workby uploader) [GFDL  or CC BY-SA 3.0], via Wikimedia Commons)
  1. Menstabilkan kadar koleseterol

Zat niacin pada  gula aren dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, niacin juga berfungsi dalam merawat kulit agar lebih halus dan lembut.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Peredaran  darah yang lancar ke seluruh tubuh sangat penting, karena sirkulasi darah yang terhambat dapat memicu berbagai penyakit di tubuh, seperti: penyakit jantung dan kardiovaskular. Dengan mengonsumsi gula aren akan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan  niacin pada gula aren dapat melancarkan sistem pencernaan. Apabila sistem pencernaan lancar, organ pencernaan akan lebih sehat.

  1. Mengobati sariawan

Lagi-lagi kandungan niacin pada gula aren berperan penting  untuk mengobati gangguan kesehatan pada tubuh. Penyakit ringan seperti sariawan dapat diobati dengan gula aren karena adanya  zat tersebut. Caranya, tempelkan sedikit gula aren pada sariawan.

  1. Sebagai bahan tambahan ramuan herbal

Seringnya gula aren dijadikan dalam membuat ramuan herbal. Bukan hanya sebagai pemanis sekaligus penawar rasa pahit dari obat, gula aren ditambahkan karena memiliki kemampuan semakin memaksimalkan kinerja ramuan herbal tersebut.

Demikianlah manfaat gula aren yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi. Setelah tahu fakta tentang gula aren ini, apa anda semakin suka dengan jenis gula yang satu ini?

data-ad-format="link">
7 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Post in | Last updated: August 25th, 2017 | 193 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *