7 Pola Hidup Sehat Ala Jepang untuk Awet Muda

Menjadi awet muda merupakan impian bagi setiap wanita. Wanita rela merogoh kocek yang dalam demi merawat kecantikan dengan membeli berbagai produk perawatan tubuh. Namun untuk menjadi awet muda, perawatan yang dilakukan tidak hanya bisa dari luar saja. Perawatan yang ada harus diseimbangkan dengan merawat dari dalam tubuh. Tahukah Anda bahwa perawatan sebetulnya tidak bersifat mencegah terjadinya penuaan, tetapi hanya memperlambat proses penuaan. Proses penuaan memang bisa diperlambat dan dalam kasus ini pola hidup sehat yang akan dibahas ialah mengenai pola hidup sehat ala Jepang. Seperti yang kita ketahui harapan hidup orang Jepang mencapai 100 tahun. Itulah mengapa kita harus belajar mengenai pola hidup sehat mereka.

Pola hidup sehat orang jepang untuk awet muda

Pola hidup sehat orang jepang untuk awet muda (Ilustrasi/wikipedia)

  1. Perbanyak Konsumsi Ikan

Orang Jepang sangat suka sekali mengonsumsi ikan. Pasti Anda sudah pernah dengar sushi kan? Enak bukan rasanya. Ternyata bukan hanya rasanya yang enak akan tetapi ikan memiliki banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya. Mengonsumsi ikan berarti Anda telah menurunkan risiko terkena serangan jantung sebanyak 36%. Di dalam ikan terdapat zat omega-3 yang dapat mencegah kepikunan dan bagus bagi kesehatan otak. Berdasarkan penelitian juga sudah membuktikan bahwa orang yang memiliki kadar asam lemak omega-3 yang besar memiliki harapan hidup 2,2 tahun lebih lama dibandingkan dengan orang yang hanya memiliki kadar asam lemak omega-3 yang rendah. Mengonsumsi ikan untuk menu diet juga dapat meningkatkan mood dan mencegah kanker dan peradangan. Berdasarkan National Marine Fisheries Service, orang Jepang mengonsumsi sekitar 55,7 kilogram per tahunnya. Namun sebaiknya ikan diolah dengan cara dikukus. Tidak disarankan untuk mengonsumsi ikan yang diolah dengan cara dibakar, karena tidak bagi bagi kesehatan.

[Baca juga: 7 Tips Berumur Panjang ala Orang Jepang]

2. Konsumsi Rumput Laut

Makanan yang satu ini pastikan Anda juga menyukainya. Berdasarkan survey, orang Jepang mengonsumsi rumput laut dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan negara–negara lain di dunia. Mengonsumsi rumput laut dengan sering dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan alginate di dalam rumput laut mampu menghentikan penyerapan lemak ke dalam tubuh. Selain itu rumput laut juga mendapatkan suplai antioksidan yang membantu memperlambat penuaan. Satu gelas rumput laut mengandung 2 – 9 gram protein. Di dalam rumput laut juga terkandung potassium yang lebih banyak dibandingkan pisang. Rumput laut juga mengandung Iodine alami yang dapat membantu metabolisme kelenjar tiroid. Setelah mengetahui segudang manfaat rumput laut semoga Anda menjadi tertarik untuk mengonsumsi rumput laut.

3. Mengisi Perut dengan Makanan sebanyak 80%

Jika ingin awet muda, maka Anda juga harus memperhatikan seberapa banyak Anda harus makan. Sebuah pulau di Okinawa, Jepang memiliki kebiasaan hara hachi bu yang artinya makan hanya 80% dari kapasitas perut Anda, sehingga perut Anda belum kenyang. Orang dari Pulau Okinawa percaya bahwa mereka harus makan dan berhenti sebelum kenyang, karena berhenti sebelum kenyang dapat membuat tubuh mereka tetap slim dan sehat. Lalu apakah ada penelitian mengenai kebenaran dari budaya tersebut? Jawabannya Ialah ya ada. Berdasarkan penelitian, signal yang menandakan perut sudah penuh membutuhkan waktu untuk bisa sampai ke otak. Para peneliti mendapati bahwa waktu yang dibutuhkan agar otak mendeteksi signal dari perut bahwa perut telah penuh membutuhkan waktu 20 menit. Maka dari itu peneliti berkesimpulan itulah mengapa kebanyakan orang yang makan terlalu cepat dapat berakhir menjadi terlalu kenyang. Anda harus memperhatikan berapa banyak kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah terjadinya serangan jantung maupun kanker. Penelitian telah membuktikan bahwa membatasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dapat memperlambat proses penuaan tubuh begitu juga dengan otak.

4. Kurangi Makanan Manis dan Ganti dengan Buah

Apakah Anda termasuk dalam kategori orang yang menyukai makanan pencuci mulut seperti puding dan cake. Ada baiknya mulai saat ini Anda mulai mengurangi untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Tahukah Anda mengapa gula tidak baik untuk tubuh? Pengolahan gula menggunakan senyawa pemutih dan biasanya diberikan lebih dari sekali proses pemutihan gula. Jadi semakin putih warna gula, semakin banyak senyawa pemutih di dalamnya. Jadi memang lebih baik Anda mengganti kebiasaan konsumsi makanan manis dan beralih ke konsumsi buah–buahan. Orang Jepang telah membuktikan bahwa dengan mengurangi konsumsi makanan yang manis dan menggantinya dengan buah–buahan dapat membuat tubuhnya menjadi lebih lama sehat. Tapi tentu saja bukan berarti tidak boleh sama sekali makan coklat, kue, es krim, maupun makan manis lainnya. Anda hanya perlu mengurangi jumlah konsumsi makanan manis.

5. Diversifikasi Penganan Fermentasi

Apakah Anda juga menyukai penganan fermentasi? Jika Anda menyukainya Anda perlu melanjutkan kebiasaan itu. Konsumsi penganan fermentasi dapat membuat tubuh Anda menjadi sehat. Salah satu menu yang disukai oleh orang Jepang adalah makanan fermentasi. Beberapa contoh makanan fermentasi ala Jepang yaitu tsukemono dan acar. Tapi tenang, Indonesia juga tidak kalah, kita juga memiliki berbagai makanan fermentasi seperti tempe, tape, dan acar timun. Berdasarkan penelitian, makanan fermentasi dapat melancarkan pencernaan, karena memang nutrisi dalam makanan fermentasi menjadi lebih mudah diserap oleh tubuh. Manfaat lainnya ialah meningkatkan daya tahan tubuh, mengandung zat anti tumor dan zat anti mutagenik.

6. Perbanyak Jalan Kaki

Menggunakan kendaraan pribadi sangat langka dilakukan oleh orang Jepang, karena harganya sangat mahal. Kebanyakan orang Jepang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan umum dan berjalan kaki. Membiasakan diri untuk berjalan kaki merupakan salah satu pola hidup sehat yang dilakukan oleh orang Jepang. Kebiasaan berjalan kaki membuat lingkungan menjadi lebih bebas dari polusi udara. Udara yang bersih berarti tidak terdapat banyak radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Berjalan kaki yang baik yaitu sekitar 30 menit – 1 jam per hari. Cara ini akan sangat ampuh untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

8. Menyeimbangkan Hidup Anda

Anda pasti sangat sibuk untuk menyelesaikan berbagai tugas yang menumpuk di kantor. Namun Anda harus bisa menyeimbangkan hidup Anda dan keseimbangan yang dimaksud seperti antara bekerja dan aktivitas yang membuat tubuh Anda santai. Sediakan waktu untuk melakukan berbagai kegiatan seperti yoga atau berlatih tai chi. Di Jepang, bukan lagi pemandangan yang aneh untuk melihat kumpulan orang yang melakukan tai chi. Tai chi sebenarnya berasal dari Cina. Gerakan–gerakan yang dilakukan di tai chi seperti melatih pernapasan dan melakukan berbagai gerakan yang lemah gemulai. Gerakan taichi maupun yoga juga sangat cocok bagi orang yang sudah tua, karena gerakan yang dilakukan secara lembut tidak menimbulkan efek negatif bagi persendian. Gerakan–gerakan yang digunakan dalam yoga maupun tai chi tidak hanya memberikan efek pada jasmani, tetapi juga psikologis Anda. Melakukan yoga maupun tai chi dapat menurunkan tingkat stres.

Leave a Reply

*