Yang Harus Diperhatikan Saat Usia Memasuki 50+
Yang Harus Diperhatikan Saat Usia Memasuki 50+ (Ilustrasi/wikipedia)

Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Memasuki Usia 50+

Menjadi tua merupakan suatu keniscayaan namun menikmati masa tua dengan kondisi fisik yang prima bisa dinikmati bagi mereka yang menjaga kesehatan dan memperhatikan gaya hidupnya sedini mungkin. Jika mulai saat ini anda mulai merawat tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang baik bagi tubuh dan belajar mengatasi stres dan permasalahan hidup dengan bijak maka lama kelamaan semua itu akan menjadi kebiasaan yang baik dan Anda akan menuai hasil ketekunan Anda dalam menjaga kesehatan karena mempunyai gaya hidup yang sehat dapat memberi dampak kepada perasaan dan sekian banyak aktivitas yang dapat Anda kerjakan.

Yang Harus Diperhatikan Saat Usia Memasuki 50+
Yang Harus Diperhatikan Saat Usia Memasuki 50+ (Ilustrasi/wikipedia)

Apa yang menentukan kualitas kesehatan Anda di masa tua?

Perubahan fisik yang akan terjadi di usia tua tergantung banyak faktor. Salah satu diantaranya ialah riwayat penyakit dalam keluarga (genetik). Apabila salah satu anggota keluarga memiliki penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, maka besar kemungkinan Anda juga akan terkena penyakit yang sama walaupun itu bukan sesuatu yang pasti. Malah, hal itu dapat diupayakan untuk dihindarkan dengan gaya hidup yang sehat dan aktif, mengonsumsi makanan sehat dan menangani stres dengan baik dapat membuat Anda menikmati masa usia emas dengan baik.

Perubahan fungsi tubuh memasuki paruh usia

Memasuki usia 50 tahunan maka akan terjadi banyak perubahan dalam fungsi tubuh secara bertahap. Metabolisme tubuh Anda akan semakin lambat, artinya energi yang dibutuhkan tubuh tidak sebanyak sebelumnya sehingga konsumsi makanan pun akan berkurang bahkan beberapa orang semakin merutinkan ritual puasa. Memasuki usia 40 tahun kebanyakan orang akan mulai membutuhkan kaca mata baca.

Sebagian besar organ tubuh semakin bekerja kurang efisien seiring dengan pertambahan usia. Ginjal semakin kurang kemampuannya untuk menyimpan air di dalam tubuh. Dan jantung yang tidak kenal lelah memompa darah ke seluruh tubuh dapat mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan dan berkurang fungsinya. Maka penting menjelang usia senja agar tetap aktif secara fisik, minum banyak air, dan memilih makanan yang sehat. Dengan membiasakan hal-hal tersebut maka kita membantu fungsi tubuh kita berjalan baik untuk jangka waktu yang lebih lama.

Tetap semangat dan makin bahagia di masa tua

Kendala fisik yang kerap timbul di usia tua bukan menjadi halangan bagi para orang tua untuk tetap melakukan aktivitas fisik yang aman ( Anda bisa mengonsultasikan dengan dokter atau fisioterapis tentang berbagai jenis olahraga yang aman). Selain itu berbagai aktivitas mental seperti menulis, mengisi teka-teki silang atau berdiskusi mengenai topik yang Anda sukai akan tetap membuat pikiran Anda tajam juga selain itu akan memberikan kepuasan batin tersendiri. Berkurangnya semua kegiatan yang berbau hiruk-pikuk dunia juga pada hakikatnya merupakan sinyal alamiah bahwa raga yang tua ini akan segera habis masa pakainya supaya kita mempersiapkan bekal untuk menjelang kehidupan yang akan datang.


Sumber : www.webmd.com

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- daftar rumah sakit bpjs makassar 2015, - memasuki usia 50, - gejala panas dingin, - olahraga badan menjadi swgar, - menangani cemas berlebihan pd anak, - organ tubuh di Usia 50, - menikmati usia emas, - apa yg dibutuhkan saat memasuki usia tua?, - hal yg dilakukan saat usia 50, - apa yg dibutuhkan usia 50 tahun

data-ad-format="link">
Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Memasuki Usia 50+ Post in | Last updated: April 30th, 2016 | 75 views
Kontributor Infosehatkeluarga.com - Reigersbos, Amsterdam. Enthusiastic, experienced in marketing, healthcare and customer care over 10 years with an excellent interpersonal and team-management skills

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *