8 Fakta Tentang Penuaan Yang Akan Membuat Anda Senang

Saat berbicara mengenai penuaan atau masa tua, maka nuansa dari topik akan terasa sedikit sendu karena yang dibayangkan mengenai masa tua ialah tubuh yang semakin lemah, sakit-sakitan dan tenaga berkurang. Namun sebenarnya menjadi tua tidaklah separah yang dibayangkan, berikut ini 8 fakta mengenai penuaan yang akan menjadikan Anda tidak lagi khawatir

Penuaan yang menyenangkan

Penuaan yang menyenangkan (Ilustrasi/pixabay)

  1. Anda kemungkinan akan semakin bahagia dibandingkan sebelumnya

Suatu penelitian menemukan bahwa orang-orang akan mencapai titik bahagia lagi di usia 70 dan 80 tahunan. Sementara orang berusia pertengahan (sekitar 35 – 40 tahunan) adalah yang paling kurang bahagia karena sedang berada di puncak karir atau persimpangan dalam pilihan kehidupan. Sebagian ahli berpendapat bahwa semakin tua seseorang akan semakin bisa memainkan komponen sosial dan emosional yang melingkupi mereka, hal ini juga dikarenakan karena mereka sudah menelan asam garam kehidupan.

  1. Pikiran semakin tajam

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Illinois menemukan bahwa pekerja di menara bandara yang bertugas mengatur alur pesawat agar tidak terjadi tabrakan – suatu pekerjaan yang memerlukan daya konsentrasi tinggi – ini lebih baik dilakukan oleh pekerja yang berusia tua karena pengalaman telah menempa mental mereka untuk terbiasa bekerja dalam suasana penuh tekanan.

  1. Semakin mahir menangani konflik sosial

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Michigan menyebutkan bahwa orang berusia tua lebih terampil saat menghadapi dilema dan konflik sosial, mereka lebih dapat melihat dari sudut pandang yang berbeda, mampu menawarkan kompromi dan menyodorkan sekian solusi yang masuk akal.

  1. Semakin tua maka keluhan migrain akan semakin berkurang

Penelitian menunjukkan bahwa keluhan migrain akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Gejala migrain paling sering dialami di masa remaja hingga usia 50 tahun. Keluhan yang sama seperti mual-mual – dan kadang diikuti muntah, sensitivitas yang tinggi terhadap cahaya juga mulai berkurang di usia tua.

  1. Kehidupan suami istri membaik

Kepuasan yang didapatkan dalam “berhubungan” semakin bertambah di usia tua, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas California menemukan bahwa wanita berusia 60 hingga 89 tahun menyatakan sangat puas dengan kehidupan tersebut.

  1. Semakin tua stres akan semakin berkurang

Setiap orang pasti merasakan stres berapapun usianya. Akan tetapi orang yang berusia lebih dari 65 tahun dilaporkan akan lebih kurang mengalami stres. Sebaliknya stres memuncak pada usia antara 35 hingga 49 tahun, kemudian diikuti oleh orang yang berusia di antara 25 hingga 34 tahun.

  1. Rumah tangga lebih kuat

Pernikahan akan semakin baik di usia tua, salah satu alasannya ialah pasangan yang menikah lama semakin mahir mengekspresikan perasaannya, apalagi saat anak-anak telah beranjak dewasa dan pergi dari rumah. Selain itu ujian kehidupan yang telah mereka alami bersama di masa sebelumnya makin mempererat hubungan mereka.

  1. Semakin menikmati pekerjaan

Dilaporkan sebanyak 92 persen dari pekerja yang berusia lebih dari 50 tahun mengaku lebih mendapatkan kepuasan di dalam pekerjaannya dibandingkan mereka yang berusia 30an tahun. Para ahli mengatakan hal itu bisa jadi dikarenakan karena pada usia tua mereka sudah melakukan eksplorasi karir yang cukup di dunia kerjanya masing-masing.


Sumber : Huffingtonpost

Leave a Reply

*