8 Gaya hidup Sehat yang Harus Anda Terapkan Saat Ini

By | January 5, 2017
Pola hidup Sehat yang Harus Anda Terapkan Saat Ini

Di zaman modern seperti saat ini, mobilitas seringkali menghambat seseorang untuk menerapkan pola hidup sehat, padahal gaya hidup sehat sangat di perlukan semua orang.

Tuntutan pekerjaan sering menjadi penghalang untuk menerapkan gaya hidup sehat sehingga banyak sekali penyakit dapat timbul dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat.

Pola hidup Sehat yang Harus Anda Terapkan Saat Ini

Pola hidup Sehat yang Harus Anda Terapkan Saat Ini (Ilustrasi/pixabay)

Kesehatan merupakan aset berharga yang tak bernilai harganya, maka itu, kita harus memulai untuk menerapkan gaya hidup sehat yang mudah diterapkan untuk kehidupan sehari-hari sebagai berikut:

1. Memperhatikan kebersihan

Berbagai macam penyakit bisa diakibatkan oleh kualitas kebersihan yang rendah baik di lingkungan maupun kebersihan tubuh, oleh karena itu, kebersihan tubuh menjadi poin penting yang harus diperhatikan setiap orang yang ingin hidup sehat.

2. Mencuci tangan sebelum makan

Meskipun kita tidak memegang benda yang terlihat kotor, mencuci tangan sebelum makan merupakan kewajiban. Tahukah anda bahwa ponsel memiliki 18 kali lebih banyak bakteri dibandingkan toilet! Apa yang kita pikir bersih belum tentu bersih karena organisme tak kasat mata bisa ada di mana saja dan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diare, cacingan, dan lain-lain.

3. Memilih makanan

Di zaman sekarang, banyak sekali makanan yang beredar tercampur dengan zat kimia berbahaya, makanan tersebut dapat menyebabkan penyakit dalam jangka panjang dan secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk itu, anda harus memperhatikan makanan yang akan anda makan sebelum membelinya.

Adapun zat kimia yang harus anda hindari sebagai berikut:

  • Pewarna makanan,
  • Recombinant Bovine Growth Hormone (rBGH) atau juga di kenal asrecombinant bovine somatotropin (rBST),
  • Arsenik,
  • Nitrat dan Nitrit,
  • Ractopamine,
  • Merkuri,
  • Azodicarbonamide sering dikenal dengan “matras yoga”, dan lain-lain.

Itulah sebagian kecil zat kimia yang kurang baik untuk tubuh yang harus anda hindari.

Akan lebih baik jika anda membeli sayur dan buah organik atau mencucinya dengan bersih agar terbebas dari pestisida, atau racun serangga.

4. Makan dengan teratur

Pencernaan punya jadwal tersendiri sesuai dengan kebiasaan pemiliknya. Jika anda terbiasa makan jam 7, jam 12, dan jam 6 ikutilah jadwal tersebut agar pencernaan berjalan dengan baik dan teratur.

Telat makan karena sibuk sering kali menjadi penyebab utama seseorang terkena maag, untuk itu cobalah sediakan waktu sejenak untuk makan sebelum melajutkan bekerja.

Ingat, kesehatan merupakan aset berharga bagi anda. Jadi masih mau merusak tubuh anda demi pekerjaan dan kesibukan?

5. Olahraga

Olahraga seringkali ditinggalkan padahal sangat banyak manfaat yang didapatkan. Anda pasti sudah tahu betapa pentingnya berolahraga tetapi tetap saja malas melakukannya. Untuk itu, lakukan olahraga ringan 5 menit, esoknya 10 menit, esoknya lagi 15 menit dengan tujuan membentuk kebiasaan terlebih dahulu.

Ingat, jangan diporsir, maksudnya anda tidak olahraga selama 6 hari kemudian berolah raga 1 hari dengan keras untuk “membayar hutang” 6 hari yang telah ditinggalkan.

Bentuk olahraganya bisa bermacam-macam, jika mempunyai alat olahraga khusus tentu lebih baik. Jika tidak, anda bisa push up, sit up, lari dan sebagainya. Untuk di awal tentu tidak boleh dipaksakan mencapai target yang tinggi karena tubuh belum terbiasa menerima beban. Tetapi jika sudah sering tentu tubuh menjadi kuat dan sehat.

6. Istirahat yang cukup

Rata-rata manusia membutuhkan waktu tidur 6-8 jam. Tetapi kualitas tidur lebih penting dari kuantitas tidur. Tidur yang berkualitas dapat dicapai dengan menenangkan pikiran sejenak sebelum tidur, pastikan dalam kondisi nyaman, gunakan pakaian yang longgar, tidurlah dengan menghadap ke kanan agar posisi jantung lebih tinggi, hindari tengkurap karena sangat tidak baik bagi kesehatan, dan yang terpenting hindari ponsel.

Ponsel seringkali menjadi penghambat seseorang untuk tidur dan memotong waktu tidur, sehingga waktu tidur terpotong dan menyebabkan mudah lelah.

7. Stres

Saat stres otak tidak bekerja dengan semestinya sehingga mengeluarkan berbagai macam hormon seperti Adrenalin yang menyebabkan sulit tidur dan terus terjaga dan waspada. Menghindari stres akan menenangkan otak dan membiarkan terus bekerja sebagaimana mestinya. Sehingga tubuh menjadi sehat.

Banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh pikiran seperti insomia, penyakit jantung, gangguan pada perut, sering lupa dan konsentrasi terganggu.

Untuk itu, kita harus menjaga pikiran dalam keadaan prima.

8. Hindari Mero**k

Mero**k seringkali menjadi sebab utama berbagai macam penyakit kronis yang berbahaya sampai kematian. Semua pero**k tahu jika ro**k itu menyebabkan penyakit tetapi enggan berhenti dengan sejuta alasan yang ia buat-buat.

Bahkan MUI menetapkan ro**k hukumnya makruh dan haram.

Hanya kesadaranlah yang membuat pero**k untuk berhenti. Maka sadarilah betapa pentingnya menjaga anugrah kesehatan yang telah diberikan oleh Tuhan untuk tidak mero**k.

Itulah pola hidup yang harus anda terapkan saat ini. Menjaga kebersihan baik tubuh makanan dan menjaga tubuh dari berbagai racun berbahaya di sekitar kita dan merawat tubuh dengan melakukan kebiasaan sehat agar tubuh selalu fit dan terhindar dari penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *