Manfaat luar biasa semangka
Manfaat luar biasa semangka (Ilustrasi/pixabay)

8 Manfaat Luar Biasa Semangka

Semangka, hingga saat ini, merupakan salah satu buah dengan kemampuan menyembuhkan paling menakjubkan yang pernah ditemukan. Manfaat menakjubkan buah satu ini dapat ditemukan mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki!

Manfaat luar biasa semangka
Manfaat luar biasa semangka (Ilustrasi/pixabay)

Semangka termasuk buah yang sangat bagus untuk rehidrasi (92% semangka terdiri atas air) dan secara alamiah memiliki sifat low-fat. Semangka kaya akan betakaroten sekitar 590 IU. Mengandung likopen yang tinggi. Selain itu juga mengandung vitamin C dan E.

Masukkan semangka dalam menu makananmu sehari-hari dan kamu akan mendapatkan khasiat yang menakjubkan. Penasaran? Inilah manfaat luar biasa dari buah semangka!

1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan tulang

Senyawa bernama likopen di dalam buah semangka memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kardiovaskular kita. Likopen juga dinilai memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga kesehatan tulang. Konsumsi semangka dalam jumlah besar ternyata memiliki korelasi dengan peningkatan fungsi kardiovaskular karena dapat meningkatkan aliran darah via vasodilasi (pembesaran pembuluh darah karena relaksasi). Likopen dari buah-buahan seperti semangka dan tomat dapat menurunkan stres oksidatif yang biasanya menurunkan aktivitas dari osteoblast dan osteoclast (2 komponen utama dari sel tulang yang berperan dalam proses munculnya penyakit osteoporosis), yang berarti orang yang mengonsumsi likopen cenderung memiliki tulang yang lebih kuat!

Semangka juga kaya akan potasium yang dapat menjaga tingkat kalsium di dalam tubuh kita. Hasilnya, tulang dan sendi yang lebih kuat.

2. Menurunkan lemak tubuh

Manfaat satu ini tentunya salah satu yang paling dicari oleh banyak orang. Ternyata senyawa sitrulin yang ada di dalam semangka ditemukan dapat menurunkan akumulasi lemak di dalam sel lemak (fat cells). Sitrulin adalah asam amino yang dikonversi menjadi arginin dengan bantuan ginjal. Saat tubuh kita mengabsorbsi sitrulin, zat tersebut berubah menjadi arginin yang dibutuhkan. Sitrulin saat dikonsumsi memiliki efek (melalui beberapa tahapan) menghambat aktivitas dari TNAP (tissue-nonspesific alkaline phosphatase) yang mengakibatkan sel lemak kita membuat lebih sedikit lemak, sehingga mencegah akumulasi lemak tubuh berlebihan.

Jadi bagi Anda yang sering menginginkan cemilan manis di sela istirahat, semangka merupakan cemilan terbaik untuk Anda!

3. Antiinflamasi dan antioksidan

Semangka sangat kaya akan senyawa fenolik seperti flavonoids, caretenoids, dan triterpenoids. Caretoenoid likopen dalam semangka khususnya memiliki peran dalam mengurangi efek inflamasi dan menetralisasi radikal bebas. Tripternoid cucurbitacin E juga ditemukan dalam semangka, yang dapat memberikan efek antiinflamasi dengan cara menghambat aktivitas dari enzim bernama cyclooxygenase yang biasanya meningkatkan reaksi inflamasi. Sebelum mengonsumsi semangka, pastikan kamu memilih semangka yang sudah matang, karena semangka matang mengandung senyawa fenolik dalam jumlah lebih tinggi.

Konsumsi antioksidan tinggi seperti yang dikandung semangka dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

4. Efek diuretik dan ginjal

Semangka merupakan diuretik alami yang dapat meningkatkan aliran urin, tetapi tidak memaksakan ginjal (berbeda dengan alkohol dan kafein). Semangka dapat membantu hati melakukan proses pada pencernaan protein yang dapat mengurangi ketegangan pada ginjal sambil mencoba mengurangi jumlah cairan dalam tubuh.

5. Membantu kerja otot dan saraf

Kaya akan potasium, semangka merupakan elektrolit alami yang dapat membantu regulasi kerja dari sistem saraf dan otot di dalam tubuh kita. Potasium menentukan derajat dan frekuensi kontraksi dari otot kita dan mengontrol eksitasi dari saraf dalam tubuh. Efek ini dapat meningkatkan kinerja kita dalam melakukan aktivitas motorik.

6. Pembentuk alkaline

Semangka mempunyai efek yang disebut alkaline-forming, yaitu dapat membentuk alkaline saat sudah matang. Mengonsumsi makanan tipe ini (seperti buah yang sudah segar dan matang atau sayur-sayuran) dapat menurunkan risiko penyakit yang disebabkan diet tinggi asam (misalnya daging, telur, produk susu)

7. Meningkatkan kesehatan mata

Semangka memiliki kandungan beta-karoten dalam jumlah yang tinggi (jika kita lihat, bagian yang kaya akan warna merah itulah yang kaya akan beta-karoten) yang jika dikonsumsi, tubuh akan mengolahnya menjadi vitamin A. Vitamin A ini nantinya akan memproduksi pigmen di retina mata dan melindungi degenerasi makular serta rabun senja. Vitamin A juga berfungsi menjaga kesehatan kulit, gigi, tulang dan jaringan, serta mukus membran.

8. Meningkatkan sistem imun, penyembuhan luka, serta mencegah kerusakan sel

Kandungan vitamin C yang ada di semangka ternyata sangat tinggi. Vitamin C memiliki efek luar biasa dalam meningkatkan sistem imun tubuh dengan cara mengintegrasikan kerja sel sehingga melindungi sel dari ROS (reactive oxygen species) yang dapat merusak sel tubuh dan DNA kita. Fungsi lain vitamin C dalam penyembuhan luka juga sudah terbukti dalam banyak studi karena esensial dalam pembentukan jaringan ikat baru. Enzim yang terlibat dalam pembentukan kolagen (komponen utama dalam penyembuhan luka) tidak dapat berfungsi tanpa vitamin C. Jika kamu merasa mengalami penyembuhan luka yang sangat lambat, tingkatkan konsumsi vitamin C kamu dengan memakan buah segar berwarna merah ini!


 

Sumber : livelovefruit.com/8-amazing-health-benefits-of-watermelon/

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- manfaat utama semangka yang sudah terbukti

data-ad-format="link">
8 Manfaat Luar Biasa Semangka Post in | Last updated: January 6th, 2017 | 2,615 views
Aditya Nurtantijo
Kontributor Infosehatkeluarga.com Bandung - Atlas Medical Pioneer - Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *