9 Makanan untuk Redakan Sakit Tenggorokan Secara Alami

9 Makanan untuk Redakan Sakit Tenggorokan Secara Alami – Bakteri yang ada pada tenggorokan akan menimbulkan infeksi atau biasa disebut radang tenggorokan. Jika ketahanan tubuh seseorang cenderung melemah, maka reaksi yang muncul adalah demam. Meski demikian, tak perlu khawatir karena sakit tenggorokan ini bisa dipulihkan meski menggunakan bahan alami seperti mengkomsumsi makanan sehat dan bergizi. Berikut penjelasannya :

9 Makanan untuk Redakan Sakit Tenggorokan Secara Alami

1. Madu dan Jus Lemon

Kandungan vitamin C yang ada pada lemon mampu melemahkan bakteri pada tenggorokan. Apalagi, dikombinasikan dengan madu yang memang terkenal sebagai obat berbagai penyakit. Caranya, campurkan madu dan lemon kemudian aduk hingga rata. Dipastikan, tenggorokan akan terasa dingin dan rasa gatal atau perih akan berkurang.

2. Pisang

Radang tenggorokan membuat nafsu makan berkurang apalagi jika makan makanan yang memiliki tekstur keras. Untuk itu, makanlah pisang yang cukup lembut dan mudah ditelan. Terlebih, kandungan vitamin B6, vitamin C hingga kalium yang ada pada pisang bisa membuat tenggorokan cepat disembuhkan.

3. Telur

Telur adalah bahan dapur yang paling sering digunakan karena mengandung protein yang cukup tinggi. Kandungan ini jugalah yang bisa menangani rasa sakit dan peradangan pada tenggorokan. Telur bisa diolah dengan cara merebus atau membuat telur dadar, namun pastikan untuk tidak menambahkan bahan penyedap rasa.

4. Sup Ayam

Untuk menu makanan ini bisa memulihkan penyakit demam hingga radang tenggorokan. Apalagi, jika ditambahkan dengan seledri, bawang bombay, bawang putih, tomat, wortel, kentang hingga bahan ayam yang masing masing memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Sebaiknya, konsumsi saat hangat agar khasiatnya langsung terasa.

9 Makanan untuk Redakan Sakit Tenggorokan Secara Alami

9 Makanan untuk Redakan Sakit Tenggorokan Secara Alami (Ilustrasi)

5. Sage
Adapun tumbuhan Salivia Officinalis ini sudah sejak lama digunakan sebagai ramuan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Kandungan yang tinggi seperti oksigen, asam fenolik hingga flavonoid pada sage bisa membuat rasa sakit berkurang.

6. Gandum

Radang tenggorokan bisa disembuhkan dengan mengolah gandum hingga berbentuk pasta. Kandungan seperti vitamin B1, B2, B3, zat besi, serat hingga E yang ada pada pasta bisa mempercepat penyembuhan. Agar selera makan bertambah, bisa divariasikan dengan menggunakan saus rendah lemak.

7. Teh Jahe

Irisan jahe yang direbus dengan air cukup ampuh untuk menangani tenggorokan yang terasa gatal atau sakit. Kehangatan akan langsung terasa, tidak hanya pada tenggorokan saja tapi seluruh tubuh.

8. Wortel Rebus

Makanan bergizi ini mengandung vitamin K, Vitamin C, Vitamin A, potasium hingga serat yang bisa menyembuhkan tenggorokan yang mengalami gangguan. Agar tak memperparah kondisi, sebaiknya rebus hingga tekturnya lembut.

9. Oatmeal
Tidak hanya cocok bagi mereka yang sedang melakukan diet, tapi juga mereka yang mengalami sakit tenggorokan pun sangat disarankan untuk mengkonsumsinya. Pasalnya, kandungan protein yang ada oatmeal membantu tubuh untuk meningkatkan stamina. Jika perlu, beri tambahan madu atau pisang untuk memberi hasil maksimal.

Demikianlah artikel mengenai 9 Makanan untuk Redakan Sakit Tenggorokan Secara Alami, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*