Manfaat buah naga merah bagi kesehatan
Manfaat buah naga merah bagi kesehatan (Ilustrasi)

9 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan

9 MANFAAT BUAH NAGA MERAH UNTUK KESEHATAN – Secara fisik, tampilan buah naga memang sesuai dengan namanya. Dengan kulit yang unik layaknya sisik naga dan warnanya yang menarik, ternyata buah ini juga memiliki kelebihan lain di dalamnya. Buah naga memiliki 4 jenis buah yang dapat dibedakan dari warna daging dan kulitnya yaitu:

Jenis Buah Naga

  • Hylocereus Undatus : kulit buah berwarna merah, daging buah berwarna putih.
  • Hylocereus Polyrhizus : kulit buah berwarna merah muda, daging buah berwarna merah.
  • Hylocereus Costaricensis : kulit buah dan daging buah semua berwarna merah.
  • Selenicereus Megalanthus : kulit buah berwarna kekuningan, daging buah berwarna putih.

Namun demikian, dari kesemua jenis buah merah tersebut sama-sama memiliki manfaat yang besar bagi tubuh untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan pada buah naga terdapat berbagai macam vitamin dan kandungan gizi penting lainnya antara lain vitamin C, B1, asam folat, serat, dan karoten.

Nah, pada kesempatan kali ini yang akan kami bagikan adalah manfaat buah naga merah bagi kesehatan tubuh.

9 MANFAAT BUAH NAGA MERAH UNTUK KESEHATAN

Manfaat buah naga merah bagi kesehatan
Manfaat buah naga merah bagi kesehatan (Ilustrasi)

1. Manfaat Buah Naga Merah Untuk Mencegah Kanker

Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan sulit untuk disembuhkan. Pasalnya bagi orang yang sudah terlanjur terkena kanker, maka akan dibutuhkan pengobatan dan perawatan medis yang khusus. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika sejak awal kita menanggulanginya. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah naga merah. Mengonsumsi buah naga merah secara rutin adalah salah satu cara efektif
untuk mencegah kanker. Antioksidan yang terdapat pada buah naga merah adalah zat yang ampuh untuk membantu menanggulangi resiko terkena penyakit kanker.

2. Manfaat Buah Naga Merah Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit yang satu ini termasuk penyakit paling mematikan di seluruh dunia, khususnya Indonesia. Sudah banyak kasus dan penelitian yang membuktikan hal tersebut. Di sinilah salah satu kehebatan manfaat buah naga merah, beberapa kandungan gizi dan vitamin di dalamnya mampu membantu meminimalisir risiko terkena penyakit jantung. Jadi mulai sekarang cobalah untuk memasukkan buah naga merah dalam daftar menu konsumsi buah Anda.

3. Manfaat Buah Naga Merah Untuk Mencegah Diabetes

Salah satu penyakit berat lainnya yang dapat dicegah sejak dini dengan mengonsumsi buah naga merah adalah penyakit diabetes. Perlu kita ketahui jika penyakit diabetes ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Oleh karena itu apabila Anda adalah salah satu yang berisiko terkena diabetes dengan alasan faktor keturunan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah naga merah sejak dini guna meminimalkan risiko tersebut. Kandungan vitamin B3 yang ada pada buah naga merah inilah yang mampu membantu pencegahan penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan bahwa Vitamin B3 ini dinilai cukup efektif untuk menstabilkan kandungan kadar gula darah di dalam tubuh.

4. Manfaat Buah Naga Merah Menjaga Kesehatan Tulang

Ternyata manfaat lain dari buah naga merah ini adalah untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Hal ini diperkuat dengan pernyataan dari FAO atau badan pangan dunia yang mengatakan bahwa di dalam buah naga merah terdapat kandungan kalsium dan fosfor dengan jumlah yang cukup tinggi. Kita tahu jika kedua zat tersebut sangatlah diperlukan bagi kesehatan tulang. Sehingga dengan mengonsumsi buah naga merah, Anda dapat terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulang.

5. Manfaat Buah Naga Merah Menjaga Kesehatan Mata

Bukan hanya wortel saja makanan yang terkenal dapat membantu menjaga kesehatan mata dari dalam. Ternyata buah naga juga cukup efektif untuk menjaga kesehatan mata. Adanya kandungan betakaroten dalam buah inilah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Jadi buat Anda yang mungkin sudah bosan dengan wortel, tidak ada salahnya Anda jadikan buah naga merah ini menjadi alternatif penyuplai nutrisi bagi mata. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara langsung dimakan atau boleh juga dengan dibuat minuman jus.

6. Manfaat Buah Naga Merah untuk Diet

Selain untuk 5 manfaat di atas, salah satu manfaat lainnya dari buah naga merah adalah untuk membantu program diet Anda. Bayangkan saja, dengan memasukkan buah naga merah dalam daftar menu diet Anda, maka Anda dapat memenuhi kebutuhan/asupan gizi harian Anda. Hal ini dikarenakan pada buah naga merah memiliki kandungan serat yang tinggi dan sangat rendah kalori, sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan aman bagi Anda.

Selain itu, kandungan-kandungan dalam buah naga merah yang dapat membantu program diet Anda adalah pada setiap 100 gram buah naga merah, terdapat 60 kkal kalori yang didapat dari kandungan karbohidrat dalam buah ini. Hasilnya, dengan mengonsumsi buah naga merah meski dalam jumlah banyak sekalipun tidak akan membuat Anda menjadi gemuk.

Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah ini juga mampu membantu program diet Anda. Vitamin-vitamin tersebut antara lain vitamin B1, B2 dan B3 yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Dengan ini maka pembakaran lemak di dalam tubuh akan lebih efektif lagi.

7. Manfaat Buah Naga Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Bagi Anda yang memiliki banyak aktifitas setiap harinya atau hanya untuk sekedar menjaga kebugaran, buah naga merah ini cocok dijadikan pilihan. Selain berolahraga dan menjaga pola istirahat Anda, ternyata mengonsumsi buah naga juga baik untuk sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C, protein, dan potassium di dalamnya diyakini mampu menangkal berbagai penyakit. Terlebih saat pergantian musim yang membuat sistem kekebalan tubuh menurun, sehingga banyak orang terkena penyakit semisal flu, batuk dan sebagainya. Maka tidak ada salahnya Anda mengonsumsi buah ini.

8. Manfaat Buah Naga Merah untuk Bayi

Buah naga merah ternyata juga aman dan baik dikonsumsi oleh bayi. Manfaat buah naga merah untuk bayi adalah dapat memperkuat sistem imun dan kecerdasannya. Kandungan vitamin dan mineral pada buah naga merah inilah yang berperan membuat bayi Anda lebih cerdas, karena mampu meningkatkan kinerja otak bayi. Cara pemberiannya juga tidak sulit, hal ini dikarenakan buah naga merah memiliki tekstur yang sangat lembut dan rasa yang nikmat. Anda juga dapat memberikan campuran lain dalam penyajiannya untuk dibuat bubur. Caranya cukup mudah yaitu dengan menambahkan pisang serta susu.

9. Manfaat Buah Naga Merah Untuk Pencernaan

Buah naga sangat baik bagi kesehatan saluran pencernaan kita. Adanya kandungan serat di dalam buah inilah yang mampu membantu menjaga kesehatan usus. Bahkan dapat menghindarkan usus dari bahaya penyakit kanker usus.

Sebenarnya masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah yang satu ini. Namun demikian, tetap saja untuk mendapatkan hasil seperti yang diinginkan, rutinitas dan kontinuitas dalam mengonsumsinya adalah hal yang perlu diperhatikan. Jangan juga terlalu berlebihan. Semoga artikel tentang Manfaat Buah Naga Merah Bagi Kesehatan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Sumber :
http://tipsslide.blogspot.in/2015/01/manfaat-buah-naga-merah-bagi-kesehatan.html

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- buah naga bikin gemuk, - apakah buah naga bikin gemuk, - apakah buah naga merah bisa membuat gemuk?, - apakah buah naga bisa bikin gemuk?, - apakah buah naga bisa bikin gemuk, - apakah buah naga bikin gendut, - apakah buah naga bikin balita gemuk, - penyakit yg bisa disembuhkan dengan buah naga, - Apakah buah naga bisa membuat gendut, - apakah buah naga bisa membuat gendut?

data-ad-format="link">
9 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Post in | Last updated: March 25th, 2017 | 1,321 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *