Manfaat teh hijau
Manfaat teh hijau

9 Manfaat Teh Hijau

Adakah diantara kalian pecinta teh? Teh telah dikenal sejak berabad-abad tahun yang lalu. Teh memiliki aroma yang khas dan banyak dinikmati oleh semua kalangan mulai dari muda sampai tua, mulai rakyat sampai kaum bangsawan. Dari berbagai macam teh, teh hijau merupakan salah satunya yang paling banyak dikonsumsi.

Sejarah Teh Hijau

Kebiasaan minum teh hijau berawal dari negara Cina. Kemudian, pada masa pemerintahan Kamakura (1191-1333), seorang pendeta bernama Eisai menulis berbagai keunggulan teh hijau dalam bukunya yang berjudul “Mempertahankan Kesehatan dengan Minum Teh”. Melalui buku ini, kebiasaan minum teh mulai mempengaruhi negara Jepang, hingga menjadi trend di negara sakura tersebut. Dan akhirnya, kebiasaan itu menular ke negara-negara tetangga hingga ke seluruh dunia.

Manfaat teh hijau
Manfaat teh hijau

Kandungan dalam Teh Hijau

  1. Kafein
  2. Eosilin
  3. Antioksidan
  4. Lemak, karbohidrat, dan protein yang mendekati nol persen
  5. Polifenol, antioksidan yang mampu menangkap radikal bebas dan mencegah tumbuhnya kanker dalam tubuh.
  6. Vitamin A, B, C dan E yang berfungsi menjaga mata, daya tahan tubuh, sebagai antioksidan, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga kelembutan kulit.
  7. Kalsium, fosfor, zat besi,
  8. Serat
  9. Energi 300kkal/100gr

Efek Negatif Teh Hijau

Di samping manfaat-manfaat yang dimilikinya, teh hijau juga memiliki beberapa efek negatif, antara lain:

  1. Terlalu banyak mengonsumsi teh hijau dapat menimbulkan noda kuning pada gigi. Untuk menghindarinya, minumlah menggunakan sedotan agar cairan tehnya tidak mengenai gigi.
  2. Teh mengandung kafein yang tinggi yang berpengaruh buruk terutama terhadap wanita, karena kafein dapat menimbulkan kanker payud*ra.
  3. Teh hijau tidak dianjurkan bagi penderia maag dan penyakit perut lainnya, karena teh hijau dapat meningkatkan kadar asam lambung. Namun, hal ini dapat diatasi dengan menambahkan gula atau susu.
  4. Terlalu banyak minum teh dapat menghambat penyerapan zat besi yang berguna dalam pembentukan darah sehingga dapat menyebabkan penyakit
  5. Minum terlalu banyak teh hijau juga dapat menyebabkan sembelit. Oleh karena iu, dianjurkan untuk minum teh hijau sehari tidak lebih dari 5 gelas.

Manfaat Teh Hijau

  1. Pencegah Tekanan Darah Tinggi

Teh hijau berfungsi sebagai pengontrol tekanan darah dengan zat yang dikandungnya, yaitu caechin. Zat ini dapat menghalangi akivitas enzim “angionensin convering enzyme” yang menyebabkan sempitnya pembuluh darah. Pembuluh darah yang sempit mengakibatkan naiknya tekanan darah.

  1. Mencegah Peningkatan Kolesterol Darah

Fungsi lain dari caechin ialah menghindari kelebihan naiknya koleserol dalam darah. Kolesterol yang tinggi dapat menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan peningkatan tekanan darah.

  1. Pencegah Kanker

Japan’s Nation Institut O Genetik memproklamirkan bahwa “epigallocatechin-gallate” yang terdapat pada teh hijau merupakan antimutagen terkuat yang mampu melawan kanker. Selain itu, British Columbia Cancer Research juga menyimpulkan bahwa teh dapat menghambat pembentukan nitrosamines, yaitu salah satu zat karsinogenik yang dapat menyebabkan timbulnya kanker.

  1. Menurunkan Gula Darah

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Hara dan Dr. Minowada, polisakarida dan caechin yang terdapat dalam teh hijau telah terbukti dapat menurunkan gula darah.

  1. Mencegah Penuaan

Teh hijau memiliki kandungan vitamin E dan C, dan juga catechin yang berperan sebagai antioksidan tubuh.

  1. Menyegarkan Tubuh

Kafein yang terkandung dalam teh hijau mampu menstimulasi setiap organ dalam tubuh, terutama sistem syaraf, jantung, dan hati. Hal ini terutama dapat lebih dirasakan ketika dalam keadaan ngantuk atau lelah, sehingga setelah minum teh hijau badan akan terasa segar kembali.

  1. Mencegah Virus

Khasiat lain dari catechin ialah apabila catechin berinteraksi dengan virus, virus inluenza misalnya, virus tersebut akan menjadi nonaktif.

  1. Mencegah Keracunan Makanan

Catechin dapat menghentikan pertumbuhan dan sterilisasi berbagai macam bakteri penyebab keracunan makanan. Namun tenang saja, karena catechin tidak akan berpengaruh negatif terhadap bakteri pencernaan lainnya.

  1. Mencegah Gigi Berlubang

Catechin mampu membasmi bakteri penyebab plak pada gigi, serta bakteri penyebab nafas bau.

Sekian artikel saya mengenai 9 manfaat teh hijau semoga bermanfaat bagi kita semua.

data-ad-format="link">
9 Manfaat Teh Hijau Post in | Last updated: June 10th, 2017 | 213 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *