manfaat daun pepaya untuk kesehatan
manfaat daun pepaya untuk kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

Abaikan Rasa Pahit, Demi Peroleh Manfaat Kesehatan dari Daun Pepaya Ini

Anda tentu tak asing lagi dengan tumbuhan pepaya, pepaya memang merupakan tanaman yang banyak tumbuh di wilayah tropis seperti Indonesia. Tumbuhan pepaya biasa diambil buah, daun, dan akarnya untuk dimakan. BukanĀ  sembarang makanan, pepaya memiliki kandungan gizi yang tinggi bagi tubuh. Kalau anda penasaran, kali ini kami berikan informasi tentang manfaat daun pepaya untuk kesehatan:

  1. Mencegah kanker

Saat ini penderita kanker semakin bertambah, termasuk di Indonesia. Data dari WHO mengatakan bahwa setiap tahunnya penderita kanker bertambah 6,25 juta orang. Untuk mencegah bahaya kanker ini diperlukan upaya untuk menerapkan pola hidup sehat, diantaranya ialah dengan menjaga pola makan. Daun pepaya juga tersedia dalam bentuk ramuan seperti teh yang efektif dapat mencegah kanker.

Sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam journal of Ethnopharmacology pada Februari 2010, mengungkapkan ramuan daun pepaya mampu mengurangi peradangan di tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker, serta menghambat pertumbuhan sel tumor.

manfaat daun pepaya untuk kesehatan
manfaat daun pepaya untuk kesehatan (Ilustrasi/pixabay)
  1. Mencegah maag.

Maag merupakan penyakit yang kini banyak dialami oleh manusia modern. Kesibukan yang padat membuat seseorang sering mengabaikan jadwal makan sehingga rentan mengalami maag. Untuk mencegah maag, anda dapat mengonsumsi daun pepaya ini. Sebuah studi mengatakan daun pepaya mengurangi terjadinya iritasi pada lambung.

  1. Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi daun pepaya juga dapat membantu mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Enzim papain yang ada pada daun pepaya akanĀ  mengobati gangguan pencernaan dan melancarkan sistem pencernaan. Tak hanya itu, ramuan dari daun pepaya dapat mengatasi rasa sakit di perut. Selain itu, daun pepaya juga telah dikenal dapat menambah nafsu makan.

  1. Menangkal radikal bebas.

Daun pepaya kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Penelitian menyebutkan, daun pepaya memiliki kandungan asam askorbat, yakni salah satu antioksidan yang berperan dalam memerangi radikal bebas.

Itulah 4 manfaat daun pepaya untuk kesehatan apabila dikonsumsi. Jadi, jangan ragu akan rasa pahitnya. Di balik rasanya yang tidak enak itu, ada banyak khasiat yang akan anda peroleh. Semoga informasi tadi bermanfaat.

data-ad-format="link">
Abaikan Rasa Pahit, Demi Peroleh Manfaat Kesehatan dari Daun Pepaya Ini Post in | Last updated: March 15th, 2017 | 83 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *