Sering merasa lapar
Sering merasa lapar (Ilustrasi/pixabay)

Anda Sering Lapar? Ubah Kebiasaan Anda!

Jika anda sering merasa lapar atau bahkan lapar setiap saat, bisa jadi anda terkena suatu kondisi yang tidak benar di dalam tubuh anda. Ada baiknya segera cek atau konsultasi ke dokter langganan anda dan sampaikan masalah anda itu. Kebiasaan buruk, pola makan tidak seimbang, tidur tidak teratur, asupan nutrisi yang kurang dan kebiasaan me*ro*kok bisa jadi penyebabnya. Oleh karena itu segera cek kondisi tubuh anda agar kesehatan tetap terjaga.

Sering merasa lapar
Sering merasa lapar (Ilustrasi/pixabay)

Ada beberapa hal atau kebiasaan yang menjadi faktor kenapa kita sering merasa lapar walaupun sudah banyak yang kita makan, maka dari itu kita perlu mengubah kebiasaan buruk itu dengan beberapa cara.

  1. Diet Soda.

Segala macam jenis soda mengandung pemanis seperti aspartame yang memberi rasa segar sesaat ketika diminum, namun kandungan gula buatan ini justru membuat kita merasa lebih sering lapar dan haus. Ketika merasakan makanan atau minuman yang manis, tubuh otomatis akan bekerja untuk memproses gula dan kalori yang ikut dalam makanan atau minuman manis tersebut. Namun jika rasa manis itu berasal dari pemanis buatan yang terkandung dalam minuman bersoda, otak akan bingung dan pada akhirnya tubung otomatis mengeluarkan rasa lapar kembali. Oleh karena itu, seberapa banyak apapun kita menghabiskan minuman bersoda tidak akan pernah puas dan bahkan menimbun kalori berlebih di tubuh kita.

Baca juga:

Tidak perlu ngidam dan lapar jika ingin sukses turunkan berat badan

2. Istirahatkan tubuh anda dengan cukup

Tubuh yang sehat memerlukan waktu yang cukup dan berkualitas untuk tidur atau sekedar istirahat. Di dalam tubuh kita terdapat hormon leptin yang bekerja untuk membuat otak mengirimkan signal rasa kenyang terhadap tubuh. Dengan tidur yang berkualitas akan meningkatkan kinerja hormon leptin ini, sehingga tubuh tidak sering merasa lapar. Sedangkan jika terlalu sering begadang atau pola tidur berantakan, otomatis hormon pembawa rasa lapar akan bekerja lebih sering karena tubuh dipaksa untuk bangun ketika waktunya tidur.

3. Cukupi kebutuhan nutrisi harian

Tubuh sering merasa lapar ada kemungkinan bahwa asupan vitamin, protein, lemak baik, mineral dan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak terpenuhi dengan baik. Ketika anda menjalankan diet sekalipun, semua gizi harus tercukupi dengan benar agar tubuh tidak sering merasa lapar. Bahkan ketika anda sudah merasa kenyang sekalipun, jika semua elemen nutrisi tidak cukup maka tubuh akan lebih cepat merasa lapar kembali walaupun anda sudah makan dengan porsi besar.

4. Kendalikan stres anda.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa stres merupakan salah satu pemicu utama kegemukan. Karena stres menjadikan kita makan lebih sering dan lebih banyak. Belum lagi stres menjadikan orang lebih suka ngemil dan makan makanan cepat saji karena rasanya yang lebih enak dengan penyedap rasa. Hal ini akan menyebabkan lingkaran jahat untuk tubuh kita, tentunya dampak yang dirasakan akan lebih tidak menyenangkan lagi. Stres membuat orang terkadang lupa apa saja yang dimakan dan juga tidak peduli dengan kandungan apa saja yang ada di dalam makanan yang akan disantap. Stres akan memicu orang untuk makan lebih cepat dan lebih banyak, hal inilah yang menjadikan stres sebagai pemicu awal terjadinya kegemukan.

5. Hindari makanan dan minuman cepat saji.

Makanan cepat saji merupakan makanan paling nikmat disantap kapanpun. Rasanya yang sangat nikmat membuat kita ketagihan. Namun makanan cepat saji ini juga merupakan makanan pemicu penyakit berbahaya. Kandungan penyedap rasa, garam yang berlebih dan racikan bumbu lain yang membuat makanan ini enak justru membuat kita ingin memakannya lagi dan lagi. Sedangkan proses mencerna makanan cepat saji memerlukan waktu yang lama, dan dengan menambah porsi makanan akan terjadi penimbunan lemak di dalam tubuh. Lemak jahat ini yang menjadi sumber penyakit seperti obesitas, jantung koroner, diabetes dan penyakit berbahaya lain.

Beberapa hal di atas perlu kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga porsi makan yang sehat dan teratur dan tidak lupa diimbagi dengan olahraga yang rutin untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan tentunya sehat.

data-ad-format="link">
Anda Sering Lapar? Ubah Kebiasaan Anda! Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 17 views
Eka Kuncoro
Kontributor Info Sehat Keluarga Ponorogo Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *