Efek minum kopi
Efek minum kopi (Ilustrasi/pexels)

Apa Sih Reaksi Tubuh Ketika Meminum Kopi?

Kopi menjadi salah satu minuman yang berhasil memikat hati banyak orang, bahkan beberapa orang menganggap penting ritual meminum secangkir kopi di pagi hari. Jika anda juga merupakan penggemar setia minuman berkafein ini, pernahkah anda bertanya-tanya, apa sebenarnya reaksi tubuh saat anda meminum secangkir kopi? Jika anda ingin tahu, berikut inilah beberapa faktanya:

  1. Tidak mengantuk

Kopi mengandung kafein yang apabila dikonsumsi akan menghambat adenoine di dalam tubuh yang akan membuat anda tidak mudah mengantuk atau pun merasa lelah. Meminum secangkir kopi, akan memberikan kemampuan untuk tidak mengantuk 15 – 20 menit setelah kopi di minum. Karena itulah, banyak orang yang mengandalkan kopi untuk menemani begadang saat ada hal yang mendesak untuk dikerjakan.

Efek minum kopi
Efek minum kopi (Ilustrasi/pexels)
  1. Mata melihat dengan lebih jelas

Hampir sama dengan poin pertama, kafein yang terdapat pada kopi juga akan mendorong tubuh untuk memproduksi hormon adrenalin lebih banyak. Hal tersebut menjadikan pupil mata membesar, sehingga anda dapat melihat sesuatu secara lebih jelas seusai meminum kopi. Ketika mata melihat dengan jelas, anda pun dapat lebih fokus pada hal yang sedang diselesaikan.

  1. Produksi asam meningkat

Meskipun memiliki manfaat, namun anda juga perlu tahu  efek negatif dari meminum kopi, apalagi jika dilakukan secara berlebihan dan terus-menerus. Meminum terlalu banyak kopi tidak dianjurkan terutama untuk anda penderita asam lambung. Kafein yang terdapat pada kopi akan meningkatkan produksi asam di perut. Terlebih lagi jika anda meminum kopi sebelum makan, akan menyebabkan perut menjadi kembung sekaligus meningkatnya asam lambung.

  1. Pembuluh darah melebar

Mengonsumsi kopi akan membuat pembuluh darah melebar, yang menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Kondisi tersebut akan membuat tekanan darah meningkat 10-15% dari kondisi normal.

Nah, itulah 4 reaksi yang diberikan tubuh ketika anda meminum kopi. Dari beberapa reaksi tersebut, tentunya anda sudah tahu bahwa meminum kopi sebaiknya tidak dilakukan secara terus-menerus setiap harinya, karena akan memberikan efek buruk, terutama untuk anda yang memiliki gangguan lambung. Dan jangan lupa untuk makan dulu sebelum minum kopi ya.

data-ad-format="link">
Apa Sih Reaksi Tubuh Ketika Meminum Kopi? Post in | Last updated: December 1st, 2016 | 5 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *