Penyebab dan solusi bau mulut
Penyebab dan solusi bau mulut (Ilustrasi/pixabay)

Bau Mulut Gak Mau Minggat? Ini Penyebab dan Solusinya

Bau Mulut Gak Mau Minggat? Ini Penyebab dan Solusinya

Penyebab dan solusi bau mulut
Penyebab dan solusi bau mulut (Ilustrasi/pixabay)

Pernahkah kamu menemui lawan ngobrolmu yang tiba-tiba menutup hidungnya saat kamu bicara? Pasti kamu berfikir jangan-jangan mulut kamu bau kan? Hampir dipastikan, wajah kamu langsung memerah, malu dan pasti langsung tidak percaya diri kalau mengalami keadaan yang seperti itu.

Bau mulut memang salah satu masalah kesehatan yang cukup membuat sebagian orang malu serta minder setengah mati. Secara umum, bau mulut atau dikenal juga dengan istilah halitosis merupakan salah satu masalah mulut yang paling banyak dikeluhkan. Tidak lain karena masalah ini berhubungan dengan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Orang yang menyadari mulutnya berbau kurang sedap akan risih jika berbicara dengan orang lain. Dia takut dan khawatir bau mulutnya akan tercium oleh lawan bicara. Tentu sangat tidak nyaman. Bahkan orang dengan mulut berbau cenderung dihindari dan dijauhi. Pasalnya, aroma mulut yang bau bisa membuat orang lain bahkan muntah-muntah saking tidak sedap baunya.

Kesehatan mulut mau tidak mau harus mendapat perhatian khusus dan tidak bisa dianggap sepele mengingat setiap hari kita butuh bersosialisasi dengan orang lain. Terlebih bagi yang pekerjaannya mengharuskannya berkomunikasi dengan banyak orang seperti di kantoran di mana ketemu berbagai rekan kerja dan klien.

Oleh sebab itu, masalah bau mulut ini harus diselesaikan agar tidak terus-terusan mengganggu kepercayaan diri kita saat berbicara dan menganggu produktivitas. Sebelum kita membahas cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut, kita lihat dulu penyebab-penyebabnya. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan bau mulut yang harus kamu ketahui :

Penyebab Bau Mulut

Pertama, kebersihan gigi dan mulut belum maksimal

Ketika kita memakan sesuatu, tidak semua makanan akan tertelan ke dalam tubuh. Namun ada sisa-sisa kecilnya yang menempel di gigi kita. Jika kita tidak menyikat gigi dengan benar dan maksimal maka sisa-sisa makanan tersebut akan terus menempel di gigi dan pada akhirnya membusuk.

Inilah yang menyebabkan mulut kita jadi bau. Apalagi jika gigi kita berlubang, akan menjadi tempat yang produktif untuk menyebabkan bau mulut karena sisa makanan dan bakteri berkumpul di situ. Selain di gigi, bakteri juga suka bersembunyi di permukaan lidah.

Kebersihan gigi ini juga berhubungan dengan pemakaian kawat gigi yang sedang marak-maraknya saat ini. Kawat gigi akan menyulitkan kita untuk menggosok gigi secara maksimal karena sisa-sisa makanan bisa tersangkut di kawat tersebut. Makanan yang tersangkut itulah yang kemudian membusuk dan menyebabkan mulut berbau.

Jika kamu orang yang memakai behel atau kawat gigi, harus ekstra memperhatikan hal ini. Jangan sampai bentuk gigi bagus setelah behel dilepas tapi muncul masalah baru yaitu bau mulut.

Kedua, makanan pemicu bau mulut

Bau mulut juga bisa disebabkan oleh makanan-makanan pemicu bau mulut. Makanan pemicu bau mulut bisa disebabkan karena baunya yang tajam atau kandungan yang terdapat di dalamnya. Makanan berbau tajam seperti jengkol, petai, durian, bawang putih dan ikan.

Bawang menyebabkan bau mulut disebabkan unsur belerang yang dikandungnya. Seperti yang kita tahu belerang mempunyai bau yang sangat menyengat makanya orang banyak yang enggan makan bawang karena takut berakibat bau mulut.

Ketiga, mulut kering

Ketika mulut kita kering, sel-sel mati akan terbentuk pada lidah dan gusi. Sel-sel mati tersebut akan dimakan oleh bakteri sehingga bakteri bisa berkembang biak dengan mudah. Tak diragukan lagi, bakteri tersebutlah yang menyebabkan mulut kita menjadi bau.

Keempat, tonsil

Sebuah lubang yang terdapat di dalam tonsil (amandel) kita merupakan salah satu penyebab bau mulut yang paling dominan. Di lubang tersebut sisa-sisa makanan dan bakteri bisa terselip dan membusuk disana sehingga menyebabkan mulut berbau.

Kelima, ada masalah di perut

Permasalahan pencernaan di perut juga bisa menjadi sebab bau mulut. Seperti gangguan pada usus, atau lambung. Masalah yang paling sering terjadi adalah naiknya asam lambung. Asam lambung disebabkan karena lambung kita tidak mempunyai sesuatu untuk dicerna, alhasil asam lambung menjadi naik. Asam lambunglah yang menyebabkan bau mulut. Itulah kenapa di saat kita berpuasa mulut kita bau karena pada saat itu asam lambung naik.

Keenam, sariawan

Masalah mulut lain yang juga sering kita alami adalah sariawan yaitu peradangan pada kulit di dalam mulut. Sariawan ini ternyata tidak hanya terasa nyeri dan membuat penderitannya susah makan tetapi juga membuat mulut berbau. Hal itu disebabkan oleh nanah yang diakibatkan peradangan pada sariawan.

Nah, demikianlah penyebab mengapa mulut kamu menjadi berbau. Sekarang, bagaimana solusinya?

Solusi Bau Mulut

  1. Jagalah kebersihan gigi dan mulut agar sisa-sisa makanan tidak menempel dan membusuk di Usahakan gosok gigi dan kumur-sumur setiap selesai makan. Minimal menggosok gigi 2 kali dalam sehari yaitu sebelum dan sesudah tidur. Oya, jangan lupa juga menggosok permukaan lidah untuk membersihkan bakteri yang bersembunyi di sana.
  2. Hindari atau kurangi konsumsi makanan-makanan pemicu bau mulut seperti yang telah disebutkan di atas. Jika makanan tertentu sebagai penyebab, jadi untuk menghindari atau mencegahnya adalah dengan menghentikan penyebab.
  3. Jangan biarkan mulut dalam keadaan kering. Banyak-banyaklah mengonsumsi air putih. Kadang minum air ini dianggap sepele bahkan dihindari karena takut akan sering ke toilet. Buang air bahkan dianggap menganggu padahal merupakan siklus kesehatan dalam tubuh. Jika tidak, akan terjadi masalah dengan tubuh.
  4. Banyak mengonsumsi buah-buahan agar asupan vitamin C tercukupi dan terhindar dari sariawan. Sesibuk apapun diri kamu, tetap usahakan memakan buah. Tidak usah banyak-banyak. Satu atau dua buah saja setiap hari tetapi rutin sudah sangat membantu.
  5. Kunyah rempah-rempah berbau harum untuk mengurangi bau mulut seperti ketumbar, pepermint, dan kayu putih. Mungkin ini jarang kamu lakukan dan kurang disuka tetapi tidak ada pilihan kalau ingin menuntaskan mulut yang bau.
  6. Sediakan permen ke mana pun pergi jadi ketika mulut mulai kering makan permen tersebut. Permen karet juga sangat baik karena selain aromanya akan menyegarkan mulut juga bisa membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi. Ini hal yang sangat mudah dan lebih menyenangkan jika kamu tidak suka memakan rempah.
  7. Setidaknya sediakan cemilan ringan agar perut tidak kosong sehingga asam lambung tidak naik. Makanlah sedikit-sedikit dan lakukan secara rutin agar kamu tidak menderita maag.
  8. Minum yoghurt untuk mengurangi bau hidrogen sulfida yang muncul di dalam mulut. Apa kamu suka yoghurt? Tak ada salahnya minum yoghurt agar bau mulut segera minggat.
  9. Menggunakan obat kumur yang mengandung formula pembasmi bakteri di dalam mulut. Ini umum digunakan tetapi jangan lupa pilihlah obat kumur yang bagus kualitasnya dan tidak mengandung zat kimia berbahaya.

Nah, itulah penyebab-penyebab munculnya bau mulut dan cara-cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya. Ingat ya, hal yang paling penting adalah jaga selalu kebersihan mulut dan gigi. Selamat mencoba.

 

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- apakah jika diam saja mulut akan bau, - Tidak bisa berfikir dengan bau mulut orang solusinya bagaimana?, - cara bikin minggat orang, - Cara agar tdk gerogi saat berbicara dg pcr takut dijauhi karena bau mulut, - bicara bau karena bakteri apa perut, - bau yg tdk sedad muntah, - bau mulut tercium Saat diam, - bau mulut penyebab solusi, - bau mulut karena tenggorokan, - bagaimana kita memakan seseatu tetepi tetap wangi mulut kita

data-ad-format="link">
Bau Mulut Gak Mau Minggat? Ini Penyebab dan Solusinya Post in | Last updated: January 11th, 2017 | 755 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *