Diet Atkins, Diet Karbohidrat

By | September 19, 2015
Diet Atkins diet karbohidrat

Diet Atkins, Diet Karbohidrat – Bicara mengenai berat badan tentunya akan menyeret poin bernama diet sebagai salah satu poin yang patut dibahas. Sedikit menyinggung mengenai definisi diet, diet memiliki beragam definisi yang mengartikannya dalam segi yang berbeda. Jika anda melakukan searching/ pencarian di Wikipedia, anda akan mendapati diet diartikan sebagai jumlah asupan makanan yang dikonsumsi oleh makhluk hidup tertentu. Tetapi diet lebih banyak diartikan sebagai susunan jenis dan jumlah makanan ataupun minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Tujuan diet sendiri adalah untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan enam jenis nutrisi utama, yaitu Karbohidrat, lemak, protein, vitamin, air dan mineral untuk mendapatkan berat badan ideal dan menjaga kesehatan tubuh.

Jika pada era sebelumnya anda sering mendengar konsep tentang pemenuhan asupan gizi”4 sehat 5 sempurna”, piramida panduan makanan atau yang lebih dikenal dengan Food Guide Pyramid adalah konsep baru yang saat ini digunakan untuk pemenuhan 6 jenis gizi yang diurai sebelumnya. Kembali bicara mengenai diet, diet pada dasarnya memiliki banyak sekali jenis yang berbeda. Biasanya penentuan diet didasarkan pada kebutuhan atau kondisi pelaku diet. Sebagai contohnya, seorang yang mengalami masalah dengan darah tinggi dianjurkan untuk melakukan diet rendah garam.

Diet Atkins diet karbohidrat

Diet Atkins diet karbohidrat (Ilustrasi/wikimedia)

Khusus diet yang ditujukan untuk orang yang memiliki masalah berat badan, biasanya diet rendah lemak adalah cara yang paling dianjurkan. Tapi tahukah anda bahwa ada jenis diet lain yang dipercaya memiliki khasiat dalam mengatasi masalah berat badan? Meskipun masih kontroversi, diet Atkins adalah salah satu diet yang banyak dipercaya dapat menurunkan berat badan secara efektif, layaknya diet rendah lemak. Jika anda pernah membaca sedikit mengenai diet yang sempat poluler pada tahun 2003 silam ini, anda tentu akan tahu tentang poin yang membuatnya sangat kotntroversial. Diet ini memiliki konsep yang sangat unik yang berbeda dengan konsep diet rendah lemak, diet Atkins tidak menekankan fokus pada pengurangan makanan berlemak, namun mengemukakan bahwa cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukan pembatasan karbohidrat.

Anda tentunya penasaran mengenai cara kerja diet yang pernah diikuti oleh beberapa artis seperti Renee Zellweger dan Jennifer Aniston ini. Diet ini terbagi atas 3 tahapan berbeda, yaitu:

  1. Tahapan induksi

Tahapan induksi ini harus dilakukan selama 2 minggu, tahapan ini mencakup pembatasan karbohidrat sebanyak 20 gr setiap harinya (pada kondisi normal, seseorang mengonsumsi karbohidrat sebesar 250 gr per harinya). Anda dapat melakukannya dengan menghindari konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi seperti cake, biskuit, roti dan nasi.

2. Ongoing weight loss

Pada masa/ tahapan ini, anda telah dapat menaikkan jumlah asupan karbohidrat anda sebesar 5 gr setiap harinya hingga memenuhi standar Critical Carbohydrate Level for Losing Weight. Critical Carbohydrate Level for Losing Weight adalah jumlah asupan maksimum karbohidrat untuk dikonsumsi setiap harinya dalam penurunan berat badan (1 lbs hingga 3 lbs). Standar untuk angka ini biasanya adalah 25 gr, namun ada juga yang menggunakan 50 gr karbohidrat sebagai acuan. Selama proses ini, anda dapat menambahkan menu tambahan pada menu makanan anda, yaitu sayuran, buah dan kacang dan bijian. Namun, anda masih dilarang untuk konsumsi makanan berkarbohidrat.

3. Pre-maintenace

Anda dapat dikatakan telah memasuki tahapan ini ketika berat badan yang menjadi target untuk dihilangkan bersisa 5 hingga 10 lbs lagi. Untuk bagian ini, anda dapat meningkatkan lagi asupan karbohidrat anda hingga 10 gr per harinya.

Demikianlah pengenalan mengenai Diet Atkins, Diet Karbohidrat, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *