Efek Rendahnya Dopamine serta Makanan Peningkatnya

Dopamine seringkali disebut sebagai hormon bahagia. Maka, mari cermati beberapa efek kesehatan yang dapat terjadi berikut ini kala tubuh kita tengah mengalami kurangnya produksi kadar dopamine:

Efek Rendahnya Kadar Dopamine Tubuh:

  1. Seringnya terjadi perubahan suasana hati
  2. Terhambatnya kapasitas pikiran saat tengah berkonsentrasi
  3. Keluhan susah tidur malam atau disebut gejala insomnia
  4. Lebih tinggi muncul kecenderungan gangguan psikis atau kegugupan
  5. Keluhan cepat lelah
  6. Dapat bermanifestasi pada mudahnya mengalami naik berat badan berlebih dan seterusnya.

Demi meminimalisir keluhan gejala yang terjadi, maka berikut ini ada daftar beberapa bahan alami yang dapat dijadikan opsi aman nan efektif untuk mendongkrak ketersediaan produksi dopamine dalam tubuh kita:

Kekurangan dopamin

Kekurangan dopamin (Ilustrasi/wikimedia)

Bahan Alami Pendongkrak Produksi Dopamine Tubuh:

  1. Apel

Kandungan antioksidan jenis quercetin dan polifenol berguna sangat ampuh untuk menstimulasi peningkatan performa dopamine dalam tubuh kita sehingga dapat membangkitkan mood kita agar senantiasa dalam kondisi lebih baik. Memakan apel kaya antioksidan juga sangat berguna bagi kesehatan persyarafan dan organ otak kita, sehingga kita pun akan lebih siap untuk menjalani aktifitas dengan maksimal. Selain itu, kandungan apel juga dapat meminimalisir terjadinya ancaman kerusakan sel tubuh karena radikal bebas sehingga tubuh kita juga akan senantiasa lebih bugar.

2. Pisang

Pisang memiliki kandungan nutrisi bermanfaat yang berlimpah, tak terkecuali juga kandungan asam amino jenis tirosin di dalamnya. Kandungan inilah yang akan memaksimalkan kinerja dopamine dalam tubuh kita, sehingga dapat memperbaiki kondisi suasana hati, serta menjadikan diri kita lebih produktif lantaran meningkatnya kapasitas konsentrasi dan kesiapan pikiran kita. Selain itu, konsumsi pisang mencukupi, juga terbukti bagus untuk kesehatan jantung dan otot kita.

3. Strawberry

Buah lezat satu ini kaya akan kandungan vitamin C serta antioksidan fenol jenis anthosyanin dan allagitannin. Hal ini sangat berguna bagi perlindungan organ otak dari ragam serangan radikal bebas yang jamak kita temui di lingkungan sekitar, sehingga jika kinerja otak optimal, maka akan berbanding lurus juga dengan produksi dopamine dalam tubuh kita. Di sisi lain, kandungan dalam strawberry juga terbukti sangat bagus dalam mengoptimalisasi kinerja jaringan sistem syaraf tubuh kita. semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*