Imunisasi anak investasi sehat masa depan

Imunisasi pada bayi sejak dini merupakan sebuah tindakan preventif yang dapat mencegah bayi terkena infeksi virus atau bakteri karena pada usianya bayi sangat rentan terkena penyakit, kekebalan tubuh mereka yang belum sempurna perlu diberikan imunisasi sebagai penopang daya imun pada tubuh mereka.

Namun seringkali bayak orang tua yang meremehkan hal ini karena alasan asalkan dirawat dan di beri makan yang sehat pasti anak bisa tumbuh dengan sehat pula. Namun perlu di ketahui oleh para orang tua bahwa imunisasi adalah salah satu investasi kesehatan anak di masa depan nanti, mencegah lebih baik bukan daripada mengobati, jika suatu saat nanti pertumbuhan bayi bunda terganggu pasti akan membutuhkan biaya yang mahal untuk menyembuhkannya, padahal imunisasi pada bayi dilakukan gratisĀ  tanpa dipungut biaya.

imunisasi

Bayi merupakan bibit masa depan yang harus terjaga kesehatannya,oleh karena itu bunda harus mencegah penyakit yang mungkin bisa menyerang bayinya, dan untuk itu imunisasi merupakan cara yang paling efektif, lakukanlah imunisasi secara lengkap sejak bayi. Imunisasi pada bayi ini memiliki beberapa macam yaitu,

  1. Imunisasi Bacillus Calmette-Guerin atau yang lebih bunda kenal dengan BCG diberikan satu kali untuk mencegah penyakit Tuberculosis pada saat bayi berumur satu bulan di posyandu atau dokter anak.
  2. Imunisasi Hepatitis B dilakukan hanya sekali saja, imunisasi ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan penyakit hepatitis B yang bisa diturunkan oleh ibu pada masa kelahiran.
  3. Imunisasi DPT-HB, diakukan sebanyak 3 kali untuk mencegah terjangkitnya penyakit difteri, titanus, batuk rejan (Pertusis) dan hepatitis B, usia dua bulan merupakan saat yang pertama kali bayi mendapatkan imunisasi ini dan untuk waktu selanjutnya adalah 4 minggu setelah imunisasi yang pertama.
  4. Imunisasi Polio, imunisasi ini dilakukan sebanyak empat kali dengan rentan waktu empat minggu sebagai pencegah penyakit polio dan memberikan kekebalan pada tubuh bayi terhadap virus polio ini.
  5. Imunisasi Campak, imunisasi ini diberikan pada usia bayi menginjak usia 9 bulan, manfaat dari imunisasi ini adalah untuk mencegah penyakit campak yang sering terjadi pada anak.

Imunisasi memang sangat perlu untuk dilakukan tapi bunda juga harus siap karena biasanya bayi akan rewel karena badannya panas atau bekas imunisasinya membengkak, namun jangan khawatir kerewelan ini akan hilang dalam 1-2 hari, itu merupakan hal biasa dan merupakan pertanda baik karena imunisasinya telah bereaksi secara signifikan. Nah bunda untuk apa lagi anda ragu melakukan imunisasi untuk bayi anda, ayo segera bawalah bayi anda untuk imunisasi ke posyandu terdekat secara rutin agar bayi anda tumbuh dengan sehat.

Demikianlah artikel mengenai ImunisasiĀ  anak investasi sehat masa depan, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- bayi tantrum setelah imunisasi campak bayi 9 bulan

data-ad-format="link">
Imunisasi anak investasi sehat masa depan Post in | Last updated: October 28th, 2014 | 15 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *