Ini Nih 5 Bahaya Keseringan Ngupil Yang Wajib Kamu Tahu!

Ini Nih 5 Bahaya Keseringan Ngupil Yang Wajib Kamu Tahu! – Tak sedikit orang yang seringkali menjadikan kebiasaan ngupil sebagai rutinitas yang menyenangkan. Bahkan ada saja yang sampai tak sadar mengupil di tempat-tempat umum, karena kebiasaan ini sudah tak bisa lagi dihindarkan ataupun dicegah. Kegiatan ini memang kerap kali dilakukan oleh setiap orang di berbagai kalangan, dengan tujuan agar kotoran yang terdapat dalam rongga hidung bisa dibersihkan. Namun, tahukah kamu jika keseringan ngupil ternyata bisa berdampak bahaya bagi kesehatan?

Bahkan berdasarkan penelitian yang diaplikasikan para peneliti Wiscontin berikut 200 partisipannya, telah diketahui di mana rata-rata setiap orang mengupil bisa mencapai 4 kali dalam sehari dan dilakukan ketika sedang bersantai. Upil yang terdapat pada hidung sendiri merupakan lendir yang telah mengering. Di mana, membran mukosa pada rongga hidung ini secara terus menerus akan memproduksi bentuk lendir yang basah dengan tujuan untuk menghilangkan benda-benda yang asing ataupun debu yang memasuki rongga hidung. Nah, lendir yang telah kering inilah yang mengakibatkan timbulnya iritasi yang memicu rasa gatal, sehingga membuat orang untuk melakukan kegiatan mengupil ini. Namun, di samping itu jika seseorang terbiasa keseringan ngupil justru bisa memicu berbagai efek negatif yang tidak baik bagi tubuh.

Bahaya sering ngupil

Bahaya sering ngupil (Gambar Ilustrasi)

Nah, apa saja efek negatif yang ditimbulkan jika seseorang terbiasa mengupil? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

5 Bahaya Keseringan Ngupil Yang Wajib Kamu Tahu

1. Mimisan

Salah satu efek negatif yang disebabkan oleh kebiasaan mengupil ini adalah bisa menyebabkan mimisan sebagai dampak dari cidera yang terjadi dalam lapisan hidung. Padahal, lapisan hidung ini berfungsi untuk melindungi tubuh terhadap benda-benda asing ataupun bakteri sehingga jika terjadi cidera pada bagian ini akan menimbulkan mimisan.

2. Sering Terkena Flu

Jika kamu sering memasukkan jari menuju rongga hidung, tentunya akan sangat rentan terjadi kontaminasi virus penyebab flu ini melalui selaput lendir menuju rongga hidung. Hal inilah yang mengakibatkan seseorang yang sering ngupil akan mudah terkena flu.

3. Bulu Hidung Mudah Rontok

Efek negatif lainnya pada seseorang yang keseringan ngupil adalah bulu hidung mudah rontok. Seperti kita ketahui, di mana bulu hidung memiliki peranan penting sebagai filter terhadap polutan atau debu yang terdapat di udara. Sudah bisa diprediksikan, di mana jika tanpa adanya bulu hidung ini akan memicu berbagai macam infeksi dan penyakit mudah memasuki tubuh.

4. Terjadi Infeksi

Tak hanya mudah flu ataupun mimisan saja, kebiasaan ngupil bisa juga mengakibatkan mudahnya bakteri ataupun virus untuk masuk melalui rongga hidung. Sehingga bakteri ini akan mudah sekali menyebar hingga ke seluruh tubuh.

5. Kematian

Dampak yang paling parahnya jika kamu sering ngupil adalah bisa memudahkan terjadinya kematian pada seseorang. Kenapa bisa begitu? Sebab, pada rongga hidung ada yang namanya tulang ethimoid sebagai pemisah antara otak dengan hidung. Jika kamu tidak berhati-hati saat mengupil, secara tanpa sengaja bisa menusuk tulang ethimoid tersebut yang akibatnya cairan pada otak akan mengalami kebocoran sehingga mengakibatkan terjadinya meningitis.

Nah, itulah beberapa dampak yang akan terjadi jika kamu keseringan ngupil. Untuk itulah, mulai sekarang harus kurangi kebiasaan buruk ini, ya!

Leave a Reply

*