insomnia dan cara mengatasinya
insomnia dan cara mengatasinya (Ilustrasi/pixabay)

Insomnia, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Insomnia merupakan masalah tidur yang membuat seseorang sulit memejamkan mata dan terlelap tidur. Hal tersebut tentu menyebalkan, karena anda terus terjaga sepanjang malam, dan terulang lagi selama berhari-hari, bahkan berbulan-bulan setelahnya. Ketika bangun tidur, anda masih merasa lelah. Bahkan merasa belum bisa tidur sama sekali. Namun, hari sudah terlanjur pagi.

Gejala Insomnia

  1. Di pagi hari, anda akan merasa pusing. Sakit kepala ini efek dari kurangnya waktu tidur.
  2. Sulit berkonsentrasi dan mata merah karena mengantuk pada siang hari.
  3. Gangguan insomnia juga dapat menjadikan emosi tidak stabil sehingga mudah marah.

Penyebab Insomnia

insomnia dan cara mengatasinya
insomnia dan cara mengatasinya (Ilustrasi/pixabay)
  1. Stress dan rasa cemas

Insomnia dapat disebabkan oleh rasa gelisah karena memikirkan sesuatu yang tak juga ditemukan solusinya.

  1. Depresi

Seseorang yang sedang mengalami depresi, biasanya memiliki dua kemungkinan. Jika tidak insomnia, ia justru akan memiliki keinginan untuk terus tidur sepanjang hari. Depresi memiliki keterkaitan dengan insomnia. Depresi dapat menjadi penyebab seserang mengalami insomnia. Selain itu, seseorang yang mengalami insomnia karena faktor lain pun dapat menjadi depresi jika gangguan insomnianya tidak segera ditangani.

  1. Efek samping obat

Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi juga dapat berefek mengalami insomnia.

  1. Kurang olahraga

Olahraga penting untuk dilakukan, faktanya kurang olahraga bisa menjadi penyebab sulit tidur atau insomnia.

Cara Mengatasi Insomnia

Untuk mengatasi insomnia, anda perlu mencari tahu terlebih dahulu penyebab insomnia yang anda alami, karena hal tersebut harus diatasi dengan menyelesaikan penyebab yang ada, misalnya: apabila insomnia terjadi akibat penggunaan obat atau pun mengonsumsi minuman berkafein yang berefek pada sulit tidur, anda dapat mengatasinya dengan mengurangi mengonsumsinya secara bertahap.

Adapun untuk menghindari insomnia dapat melakukan beberapa cara berikut:

  1. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan protein tinggi, seperti: keju dan susu. Kandungan triptofan dalam makanan tersebut dapat membantu anda untuk tidur dengan nyenyak.
  2. Buatlah jam tidur dan patuhi waktu tersebut. Ketika anda membiasakan tidur tepat waktu, maka tubuh akan membentuk jam biologis, sehingga anda akan mengantuk ketika jarum jam sudah menunjuk angka yang telah anda jadwalkan untuk tidur.

Demikianlah ulasan seputar insomnia dan cara mengatasinya. Semoga setelah ini anda mendapatkan tidur yang nyenyak sehingga dapat bersemangat menyambut mentari pagi.

data-ad-format="link">
Insomnia, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya Post in | Last updated: April 10th, 2017 | 187 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *