manfaat buah naga bagi kesehatan
manfaat buah naga bagi kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

Manfaat Konsumsi Buah Naga Bagi Kesehatan

Dragon fruit atau buah naga merupakan jenis tanaman kaktus yang memiliki buah dengan kulit berwarna merah keunguan dan memiliki kulit bersisik seperti naga dalam cerita dongeng. Oleh karena itu, buah naga juga dikenal dengan nama Pitaya yang berarti kulit bersisik.

Terdapat 3 varian buah naga, yaitu Hylocereus undatus, kulit berwarna merah dengan daging berwarna putih, Hylocereus polyrhizus, kulit dan daging berwarna merah, dan Selinecereus megalanthus, kulit berwarna kuning dengan daging berwarna putih.

manfaat buah naga bagi kesehatan
manfaat buah naga bagi kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

Di balik bentuknya yang unik dengan warna yang eksotik, buah naga mengandung berbagai fitonutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Dagingnya yang berwarna putih atau merah kaya akan antioksidan, berbagai vitamin dan mineral, bahkan bijinya yang berwarna hitam pun kaya akan polyunsaturated fatty acid (PUFA) yaitu lemak yang baik untuk kesehatan, terdiri dari omega-3 dan omega-6. Di samping itu, buah naga juga memiliki rasa yang unik, rasanya manis dengan tekstur agak crunchy sehingga sangat cocok untuk dijadikan toping, campuran salad, jus, smoothie, atau dimakan kosong.

Manfaat buah naga bagi kesehatan

Berikut berbagai manfaat buah naga bagi kesehatan.

Sebagai antioksidan.
Aktivitas antioksidan pada buah naga terutama karena tingginya kandungan asam askorbat (vitamin C), yaitu 20.5 mg per 100 gram buah naga. Selain vitamin C, terdapat senyawa polifenol yang juga berperan sebagai antioksidan. Antioksidan membantu menetralisir radikal bebas yang ada dalam tubuh, sehingga dapat mencegah kanker, penyakit jantung, dan penyakit degeneratif lainya. Vitamin C juga dapat meningkatkan sistem imun dan membantu mempercepat penyembuhan luka.

Tinggi serat.
Tingginya kandungan serat dalam buah naga, yaitu 3 gram per 100 gram buah naga, dapat membantu memperlancar pencernaan sehingga membantu mengatasi konstipasi dan menurunkan kadar kolesterol. Dengan begitu dapat menurunkan risiko terkena wasir bahkan kanker usus.

Rendah kalori.
1 buah naga hanya mengandung 60 kalori, yaitu sekitar separuh dari kandungan kalori dalam 1 buah pisang berukuran besar. Jadi, buah naga dapat membantu mengontrol berat badan, dan sangat bagus dikonsumsi bagi yang sedang dalam program diet. Selain itu, buah naga dapat membantu menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes melitus tipe-2 jika dikonsumsi rutin.

Sebagai prebiotik.
Serat dalam buah naga terutama terdiri dari oligosakarida yang dapat berperan sebagai probiotik karena meningkatkan pertumbuhan koloni flora normal usus, yaitu bifidobacteria dan lactobacilli.

Tinggi asam lemak esensial.
Biji buah naga juga ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan karena kandungan asam lemak esensial (50%) yang terdiri dari 48% asam linoleat (omega-6) dan 1.5% asam linolenat (omega-3). Disebut asam lemak esensial karena asam lemak tersebut tidak dapat dibentuk sendiri oleh tubuh, sehingga perlu asupan dari luar. Asam lemak esensial memiliki banyak manfaat, antara lain menutrisi rambut, kulit, dan kuku; meregulasi tekanan darah, fungsi hati, respon imun dan inflamasi; meregulasi pembentukan bekuan darah; serta dapat menurunkan kolesterol darah.

Mengandung berbagai vitamin dan mineral.
Buah naga juga kaya akan vitamin B1, B2, dan B3 yang dapat meningkatkan produksi energi dan metabolisme karbohidrat, memperbaiki nafsu makan, menurunkan kadar kolesterol, melembapkan dan menghaluskan kulit, serta mencegah hipertensi. Kandungan kalsium dan fosfor dalam buah naga juga berperan untuk kesehatan tulang dan gigi. Zat besi juga penting dalam pembentukan sel darah merah, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia dan bagus untuk dikonsumsi ibu hamil.

Demikianlah manfaat buah naga bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
Manfaat Konsumsi Buah Naga Bagi Kesehatan Post in | Last updated: March 25th, 2017 | 105 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *