Produk olahan kedelai
Produk olahan kedelai

Mengenal Produk Olahan Kedelai yang Enak dan Bergizi

Infosehatkeluarga.com – Kedelai merupakan sumber protein yang sangat dikenal. Di Negara kita, hasil olahan kedelai sangat banyak diminati. Mulai dari tahu, tempe, susu kedelai,  kecap kedelai, dan tauco. Selain itu masih banyak produk olahan kedelai lainnya yang juga sudah banyak kita temui di masyarakat.

Pengolahan dan pemanfaatan kedelai ini sebenarya sudah ada sejak zaman sebelum masehi. Dan sekarang produk olahan kedelai semakin berkembang. Bahkan sekarang kita sudah dapat menemui susu kedelai dalam botol kemasan. Berikut ini beberapa produk olahan kedelai dan manfaatnya.

Tempe

Tempe merupakan makanan yang cukup banyak digemari. Namun terkadang masih banyak yang beranggapan tempe sebagai makanan untuk kalangan menengah ke bawah. Padahal sebenarnya tempe memiliki nilai nutrisi yang tinggi yang dapat dimakan bersama nasi, maupun dimakan langsung dengan di goreng atau  dalam bentuk keripik.

Tempe selain enak dimakan juga memiliki nilai nutrisi tinggi terutama protein. Nilai kandungan protein pada tempe lebih tinggi dari pada beras merah dan produk olahan seperti susu. Dalam masyarakat, tempe dikenal sumber penghasil protein yang tinggi dengan harga yang murah dan terjangkau dibandingkan dengan sumber protein dari hewani.

Selain itu, tempe mengandung kadar lemak jenuh dan kolesterol yang rendah. Sehingga tempe sangat baik dikonsumsi. Tempe juga banyak mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh, terutama vitamin B12.

Tempe juga merupakan makanan yang mudah dicerna tubuh dibandingkan kedelai dan  olahan kedelai lainnya. Tempe yang merupakan fermentasi dari kacang kedelai selain memiliki rasa lebih enak daripada kedelai langsung, juga memiliki nutrisi yang lebih mudah dicerna tubuh.

Tahu

Produk olahan kedelai
Produk olahan kedelai

            Hampir sama dengan tempe, tahu juga termasuk produk olahan kedelai yang banyak diminati masyarakat. Baik dimakan sebagai lauk, maupun sebagai cemilan. Tahu merupakan makanan yang rendah kalori, tinggi protein serta mengandung banyak mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh, seperti besi, fosfor, seng, magnesium, vitamin B6, vitamin A, dan vitamin D. Tahu sangat baik sebagai sumber protein yang dibutuhkan tubuh terutama bagi vegetarian.

Kecap Kedelai

Banyak diantara kita yang sangat menyukai kecap. Kecap kedelai merupakan ekstrak dari hasil fermentasi kedelai yang dapat dicampurkan atau tidak dengan bahan- bahan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan cita rasa pada makanan. Pengolahan kecap kedelai ini sudah ditemui sejak 3000 tahun yang lalu. Saat sekarang, kita sudah dapat menemukan kecap kedelai dalam bungkusan, baik botol maupun plastik yang sudah siap untuk kita santap.

Zat- zat gizi pada kecap sangat mudah dicerna karena proses fermentasi. Kecap termasuk sumber protein yang baik, karena mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Kecap juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Susu Kedelai

            Saat sekarang, susu kedelai sudah banyak dikenal. Selain sebagai pengganti susu sapi bagi anak- anak yang alergi susu sapi, susu kedelai juga dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh. Secara umum, komposisi susu kedelai hampir sama dengan susu sapi. Pembedanya terutama susu kedelai tidak mengandung laktosa sehingga susu ini sangat cocok bagi mereka yang intoleransi laktosa. Susu kedelai mengandung beberapa mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Akan tetapi kandungan kalsium dalam susu kedelai lebih rendah dibandingkan susu sapi.

Tauco

Tauco merupakan salah satu makanan tradisional yang banyak digemari. Mulai dari baunya yang khas dan rasanya yang agak asin yang menambah cita rasa makanan. Tauco selain memiliki rasa yang enak juga memiliki kandungan gizi yang baik, terutama protein. Selain itu, tauco juga mengandung beberapa mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Demikianlah Mengenal Produk Olahan Kedelai yang Enak dan Bergizi, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
Mengenal Produk Olahan Kedelai yang Enak dan Bergizi Post in | Last updated: August 8th, 2017 | 67 views
Kontributor Infosehatkeluarga.com Pasaman Sumatera Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *