Merasa Mudah lelah dan Tak Bersemangat? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

By | August 1, 2016
Penyebab Mudah lelah dan Tak Bersemangat

Merasa lelah memang wajar terjadi ketika anda baru selesai melakukan aktivitas yang padat. Namun, berbeda jika anda baru saja akan memulai hari tapi tubuh terasa lelah dan tidak bersemangat. Jika anda kerap mengalami hal itu, maka anda perlu tahu penyebab tubuh merasa lelah berikut ini:

5 Penyebab Mudah lelah dan Tak Bersemangat

1. Melewatkan Sarapan Pagi

Mudah lelah dapat anda rasakan kalau anda terlalu sering melewatkan sarapan pagi. Padahal sebuah penelitian mengatakan bahwa sarapan pagi akan menghasilkan energi yang lebih banyak dibanding makan siang. Karena itulah penting untuk sarapan pagi setiap harinya agar stamina tetap terjaga. Usahakan untuk makan sebelum jam 9 pagi.

2. Kurang Mengonsumsi Air Putih

Tidak menyukai air putih bisa menjadi penyebab tubuh merasa mudah lelah ketika harus menjalankan aktivitas. Mengonsumsi air putih sangat dianjurkan agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan prima sepanjang hari. Tak hanya itu, memenuhi kebutuhan air putih secara cukup akan membuat konsentrasi berpikir anda meningkat.

3. Kurang Berolahraga

Penyebab lain tubuh merasa mudah lelah bisa jadi karena anda kurang berolahraga. Melakukan olahraga merupakan hal penting yang sering diabaikan orang. Bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, melakukan olahraga rutin setiap hari juga akan membuat seseorang menjadi lebih bersemangat. Dengan berolahraga, proses peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap harinya agar kesehatan tubuh terjaga.

4. Terlalu Banyak Mengonsumsi kafein

Penyebab Mudah lelah dan Tak Bersemangat

Penyebab Mudah lelah dan Tak Bersemangat (Ilustrasi/wikimedia)

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi tidak baik jika terlalu sering dikonsumsi. Kafein dapat menimbulkan efek gelisah dan sakit kepala yang dapat memicu tubuh merasa lelah meski hanya melakukan kegiatan ringan.

5. Kekurangan Vitamin B12

Kurangnya kebutuhan akan vitamin B12 juga dapat membuat tubuh mudah lelah menjalani hari. Jika tubuh kekurangan vitamin B12 akan membuat kurangnya suplai oksigen ke sel-sel darah di tubuh yang akan mengakibatkan anda mudah merasakan lelah. Cukupi kebutuhan vitamin B12 agar tubuh anda bisa lebih segar dan penuh semangat.

Itulah beberapa penyebab tubuh terasa mudah lelah dan tak bersemangat ketika menjalankan kegiatan. Jadi, jangan remehkan begitu saja ketika tubuh terasa lesu dan lemah. Perhatikan penyebabnya dan mulai mencari solusi dari masalah tersebut ya.

Avatar
Author: Ritsa Mahyasari - JV

Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *