Cara mengendalikan nafsu makan
Cara mengendalikan nafsu makan (Ilustrasi/pixabay)

Pemicu Nafsu Makan Berlebih dan Cara Mengendalikannya

Berbicara perihal nafsu makan, erat kaitannya dengan faktor psikis dan fisik. Kita membutuhkan makanan kala lapar mendera, namun tak ayal godaan menu kudapan yang menggugah selera pun juga akan membuat kita tanpa sadar ingin segera melahapnya. Berikut ini merupakan beberapa faktor pemicu yang bisa menyebabkan nafsu makan melonjak pesat naik:

Pemicu Nafsu Makan Berlebih:

  1. Gaya hidup sembarangan yang tidak sehat
  2. Pengaruh perubahan mood atau suasana hati
  3. Stres berlebih yang berkelanjutan
  4. Rentan akan kebosanan
  5. Gangguan emosi atau juga karena faktor gugup berlebihan
  6. Dampak dari Pre Menstrual Syndrom
  7. Dampak gangguan bulimia
  8. Faktor bersebab dari proses kehamilan
  9. Gangguan hipertiroid
  10. Permasalahan pengolahan gula tubuh baik hipoglikemi atau diabetes dan seterusnya.

Dan demi meminimalisir keluhan yang biasa terjadi, maka di bawah ini ada beberapa daftar makanan alamiah yang aman diaplikasikan untuk dapat lebih mengendalikan nafsu makan untuk dapat kembali normal seperti sedia kala:

Cara mengendalikan nafsu makan
Cara mengendalikan nafsu makan (Ilustrasi/pixabay)

Cara Alamiah Mengendalikan Nafsu Makan Berlebih:

  1. Oatmeal

Mengonsumsi semangkuk oatmeal dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama, lantaran kandungan kaya serta di dalamnya. Selain itu, konsumsi oatmeal juga mampu mempengaruhi kestabilan hormon pengatur nafsu makan yang bernama kolesistokinin. Di sisi lain, konsumsi oatmeal juga terbukti sebagai usaha nyata untuk membantu meningkatkan kadar lemak jahat Low Density Lipoprotein, sekaligus menjaga kadar gula darah dalam jumlah yang aman.

2. Apel

Buah apel juga memiliki kandungan kaya serat, rendah kalori dan juga kandungan air berlimpah. Hal ini sangat bagus untuk membuat perut kenyang lebih lama, serta pengendalian nafsu makan cenderung berlebih. Kandungan pektin dalam apel juga termasuk unsur penting dalam menu diet, penormalan kadar gula darah dan juga penyuplai energi maksimal untuk melanjutkan aktifitas. Cara konsumsi paling bagus yakni dengan memakan apel pada pagi atau sore sekaligus dengan kulitnya, dengan kunyahan pelan sampai benar-benar lembut.

3. Alpukat

Konsumsi alpukat dalam takaran mencukupi dapat bermanfaat untuk mengendalikan nafsu makan, membuat kenyang secara lebih lama dan berkontribusi juga untuk ikut menjaga berat badan tetap ideal. Alpukat memiliki kandungan kaya serat dan juga asam oleat yang bermanfaat utamanya bagi rangkaian sistem pencernaan anda. Semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- apa transfer factor bisa membuat anak nafsu makan, - cara mengendalikan nafsu makan, - vitamin apa yang aman agar tubuh tetap vit

data-ad-format="link">
Pemicu Nafsu Makan Berlebih dan Cara Mengendalikannya Post in | Last updated: December 15th, 2016 | 54 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *