cara merawat ginjal supaya tetap sehat
cara merawat ginjal supaya tetap sehat (Ilustrasi/pixabay)

Perhatikan 3 Kebiasaan Ini Untuk Merawat Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ penting yang memiliki fungsi sebagai detoksifikasi darah yang ada dalam tubuh. Di organ inilah zat sisa dan racun di tubuh akan disaring dan dikeluarkan melalui urin. Selain itu, ginjal juga berperan mengatur kadar air yang dibutuhkan tubuh. Dengan fungsinya yang demikian penting, adanya masalah pada ginjal akan memberikan dampak buruk untuk tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika mulai sekarang kita berusaha untuk merawat kesehatan ginjal yang kita punya. Berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang perlu anda perhatikan demi kesehatan organ ginjal:

  1. Jangan menunda buang air kecil

Menunda buang air kecil menjadi salah satu alasan organ ginjal mengalami kerusakan. Ketika urin terlalu lama berada di kandung kemih, maka bakteri yang ada di dalamnya akan semakin berkembang biak. Bakteri tersebut dapat mengakibatkan anda terkena infeksi saluran kemih dan bahkan terkena infeksi ginjal. Menahan urin terlalu lama juga akan meningkatkan tekanan yang mengakibatkan gagal ginjal dan inkontinensia. Kalau begitu, jangan biasakan untuk menunda buang air kecil.

  1. Minum air putih secara cukup
cara merawat ginjal supaya tetap sehat
cara merawat ginjal supaya tetap sehat (Ilustrasi/pixabay)

Berdasarkan hasil penelitian dari National Kidney Foundation, orang dewasa perlu mengonsumsi air sebanyak 10-12 gelas setiap hari. Sebaiknya konsumsi air putih untuk membersihkan kotoran yang ada dalam tubuh. Dengan mengonsumsi air putih secara cukup, maka organ ginjal pun akan terjaga kesehatannya. Namun perlu anda ingat, meminum air terlalu banyak juga tidak diperbolehkan, karena justru akan merusak ginjal.

  1. Atur pola makan

Mengatur pola makan juga penting agar kesehatan selalu terjaga. Yang perlu anda ketahui ialah jangan terlalu berlebihan mengonsumsi garam, karena dapat membuat organ ginjal bermasalah. Jika anda terlalu banyak mengonsusmi garam, maka organ ginjal akan bekerja keras untuk membuang kelebihan garam dalam tubuh. Jika dipaksa terus bekerja keras, semakin hari fungsi ginjal akan semakin menurun dan memunculkan penyakit ginjal.

Nah, itulah 3 kebiasaan yang perlu anda perhatikan agar kesehatan organ ginjal selalu terjaga. Lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan? Jadi, yuk mulai sekarang lebih peduli lagi dengan kesehatan tubuh kita dan orang-orang yang kita cintai.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- minuman susu biar cpt gemuk

data-ad-format="link">
Perhatikan 3 Kebiasaan Ini Untuk Merawat Kesehatan Ginjal Post in | Last updated: January 16th, 2017 | 108 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *