Seberapa Penting Sih Menerapkan Pola Tidur Sehat?

Pola tidur sehat berarti adanya keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan sistem yang ada dalam tubuh. Selama tidur, tubuh akan mengganti sel-sel yang rusak dengan sel-sel baru. Tak hanya itu, kotoran juga akan dibuang melalui saluran-saluran tertentu yang dikeluarkan setelah bangun nanti.

Menerapkan pola tidur sehat penting untuk dilakukan, karena makhluk hidup memang membutuhkan istirahat (tidur) setelah menjalankan seluruh aktivitas. Sebab, untuk beraktivitas menggunakan jaringan sel hidup yang dapat mengalami kerusakan-kerusakan ketika sedang digunakan. Dengan tidur, sel-sel rusak tersebut akan diperbaiki.

manfaat pola tidur sehat

manfaat pola tidur sehat (Ilustrasi/pixabay)

Tubuh memerlukan setidaknya 7-8 jam dalam sehari untuk beristirahat. Untuk bayi dan anak-anak, porsi tidurnya lebih banyak lagi. Lamanya jam tidur ini tergantung dari usia, pekerjaan, maupun kebutuhan dari masing-masing individu. Orang yang bekerja dengan menggunakan pikiran memerlukan tidur yang lebih banyak dibanding mereka yang bekerja menggunakan fisik. Begitu juga dengan orang yang lemah dan sakit dan membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak dibandingkan yang sehat.

Malam hari menjadi waktu yang terbaik untuk tidur, sementara tidur siang hanya diperlukan untuk istirahat sejenak agar tubuh lebih segar dan dapat bekerja kembali dengan lebih baik. Lamanya tidur siang ini sebaiknya cukup 30-45 menit saja dan dilakukan antara pukul 13.00-15.00.

Lantas bagaimana jika tidur terlalu lama?

Perlu anda ketahui, bahwa tidur terlalu lama di luar dari batas jam tersebut justru tidak baik untuk tubuh. Tidur memiliki pengaruh terhadap metabolisme tubuh. Namun jika tidur terlalu lama justru akan membuat tubuh menyerap limbah serta uap kotor kembali, sehingga menjadikan tubuh malah tak segar dan tak bersemangat.

Selain waktu tidur, hal yang perlu anda perhatikan untuk menerapkan pola tidur yang sehat dan berkualitas ialah dengan mengatur posisi tidur. Dikutip dari alislam.org bahwa posisi tidur yang baik, yaitu dengan menghadap ke kanan seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam ajaran Islam. Ternyata posisi tidur tersebut juga telah diuji melalui riset medis modern.

Nah, demikian informasi tentang pentingnya menerapkan pola tidur sehat. Jadi mulai sekarang, biasakan untuk tidur sesuai jadwal ya, dan jangan abaikan juga posisi tidur yang benar supaya anda dapat bangun dengan lebih segar di pagi hari.

Leave a Reply

*