Tenggorokkan Sakit, Apa yang Harus dilakukan?

Tenggorokkan Sakit, Apa yang Harus dilakukan? – Tenggorokan terdapat pada bagian atas di bawah kepala. Sudah tidak asing lagi jika mendengar keluhan sakit di bagian tenggorokan tersebut. Tenggorokan sakit biasa disebabkan oleh virus yang kerap kali akan menyebar dan gampang untuk menular pada bagian tubuh. Penyakit menular disebabkan karena mikroorganisme hidup dan organism tersebut merupakan unsur esensial dalam perkembangan penyakit.

Penyebab Sakit Tenggorokan

Organisme apa yang menyebabkan sakit tenggorokan? Tanpa organism streptokokus orang tidak akan terkena sakit di bagian tenggorokan. Selain dari itu, pilek yang dapat membuat sakit tenggorokan dan tenggorokanpun akan terasa gatal. Jika sakit tenggorokan ini didampingi demam, sakit kepala dan disertai batuk kering, kemungkinan hal ini karena di sebabkan oleh flu. Biasanya gatal pada tenggorokan bukan disebabkan oleh virus atau bakteri. Namun disebabkan oleh dahak yang ada di dalamnya menumpuk dengan berlebihan. Penyebab lainnya yang dapat menyebabkan gatal pada tenggorokan adalah alergi pada obat, asap rokok, berteriak terlalu keras dan lama, polusi udara dan lain sebagainya. Sakit pada tenggorokan biasanya berkelanjutan dari flu, walaupun kadang-kadang ada juga karena alergi.

Tenggorokkan Sakit, Apa yang Harus dilakukan?

Tenggorokkan Sakit, Apa yang Harus dilakukan? (Ilustrasi)

Mengatasi sakit tenggorokan

Untuk mengatasi hal itu sebaiknya banyak meminum air putih hangat dan jangan lupa memgkonsumsi vitamin C. Karena hal ini sangatlah bermanfaat bagi segala jenis penyakit pada tenggorokan. Ukuran tenggorokan sakit maksimal 48 jam, jika tenggorokan anda tidak membaik dalam waktu yang telah di tentukan tersebut, penting sekali untuk melakukan tes diagnosis untuk memberantas bakteri. Nah untuk mengurangi gejala-gejala maka berkumurlah dengan air garam. Mengapa harus garam? Karena garam dapat membunuh bakteri dan akan membuat tenggorokan anda mati rasa sehingga tidak akan terasa terlalu sakit. Dan sebaiknya minuman yang anda konsumsi dianjurkan yang hangat-hangat saja. Jika hal ini dilanggar maka akan menyebabkan akut dan berujung pada rendahnya nafsu makan. Sakit pada tenggorakan tidak dianjurkan untuk meminum minuman yang dingin. Karena akan langsung menginfeksikan luka pada tenggorokan.

Sakit tenggorokan tidak hanya dapat menyerang orang tua, namun juga menyerang anak-anak. Umumnya sakit pada tenggorokan bukanlah hal yang serius. Tenggorokan sakit itu karena adanya radang atau luka pada tenggorokan oleh bakteri streptokokus, salesma biasa, atau virus influenza. Sakit pada tenggorokan biasanya sulit dikatakan keluhan tersebut jika dialami oleh anak-anak apalagi oleh bayi. Keluhan ini dapat dicirikan kepada anak ketika susah menelan, tidak mau makan, minum atau menetek. Untuk memastikan ada atau tidaknya radang pada tenggorokan anak maka segera buka mulut anak dan diamati. Cirinya, jika terjadi peradangan maka akan terlihat memerah pada tenggorokan anak. Meskipun tidak berbahaya namun dapat menimbulkan kegelisahan serta tidak nyaman dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi yang tidak menyenangkan ini perlu ditangani secepat mungkin. Obat alami untuk sakit pada tenggorokan adalah berkumur dengan menggunakan larutan air garam, atau meminum madu jahe yaitu campuran madu dan jahe yang dapat digunakan sebagai minuman juice.

Demikianlah artikel mengenai Tenggorokkan Sakit, Apa yang Harus dilakukan?, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*