Manfaat menulis bagi kesehatan
Manfaat menulis bagi kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

Terungkap Rahasia 4 Pengaruh Menulis Untuk Kesehatan

Menulis mungkin merupakan semacam hobi yang dimiliki sebagian dari kita dan terlihat biasa saja. Namun, tahukah anda bahwa ternyata kegiatan tersebut juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh seseorang yang menggemarinya.

Ada banyak mafaat yang bisa didapatkan dari menulis, mulai dari yang paling sederhana ialah berkuurangnya beban yang ada dalam pikiran hingga dampak yang lebih besar dan tentunya positif, sehingga membuat kesehatan tubuh menjadi lebih terjaga.

Manfaat menulis bagi kesehatan
Manfaat menulis bagi kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

Berikut ini beberapa fakta tentang manfaat yang bisa anda dapat dengan menulis bagi kesehatan jiwa maupun fisik:

  1. Terhindar dari stres

Membuat sebuah tulisan sederhana semisal rencana kegiatan juga akan memiliki manfaat, karena anda telah menuangkan gagasan anda. Kegiatan semacam itu akan membuat seseorang memahami dirinya sendiri dengan lebih baik.

Dengan menuliskan apa yang dirasakan pada buku harian, juga dapat mencegah dan bahkan mengobati seseorang dari stres. Membiasakan menulis apa pun yang dirasakan juga akan membuat anda lebih kreatif dalam mencurahkan perasaan

  1. Membuat perasaan jadi lebih baik

Seorang psikolog dari Texas, James Pennebaker mengatakan bahwa dengan menulis, seseorang akan memiliki ruang dan waktu untuk menuangkan pikiran serta apa yang dirasakannya, sehingga memunculkan energi positif. Dengan menuliskan apa yang anda rasakan maka perasaan dan pikiran anda akan lebih fresh.

  1. Meningkat sistem imun tubuh

Kegiatan menulis mampu membantu anda mengekspresikan diri dengan lebih bebas. Segala hal yang memenuhi pikiran dapat anda luapkan dengan cara menulis yang secara otomatis berpengaruh pada kesehatan. Sistem imunitas tubuh akan meningkat, sehinga anda tidak mudah sakit.

  1. Sebagai terapi psikis

Dengan menuliskan apa yang ada dalam pikiran, hal itu juga dapat menjadi satu terapi yang akan membuat kondisi psikis seseorang berangsur membaik. Yang lebih menakjubkan ialah ketika anda mau menuliskan sebuah harapan atau keinginan pada sebuah kertas, maka akan sangat berpengaruh terhadap tindakan yang anda lakukan dan membuat keinginan tersebut lebih besar untuk terwujud menjadi sebuah kenyataan.

Nah, itulah 4 fakta menarik tentang kegiatan menulis yang ternyata juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh seseorang yang melakukannya. Setelah mengetahui fakta tersebut, apakah anda tertarik untuk menjadikan menulis sebagai hobi baru?

data-ad-format="link">
Terungkap Rahasia 4 Pengaruh Menulis Untuk Kesehatan Post in | Last updated: November 24th, 2016 | 57 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *