Manfaat tertawa
Manfaat tertawa (Ilustrasi/pixabay)

Tidak Hanya Penghilang Stres, Inilah Manfaat Lain Dari Tertawa

Anda mudah sekali untuk tertawa? Bersyukurlah, karena pengalaman wajar yang dialami semua orang sebagai luapan ekspresi kegembiraan ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Selain untuk menghilangkan stres, tertawa secara medis berkhasiat sebagai penyembuhan bahkan mampu menambah daya tarik dan pesona kecantikan seseorang. Bagi seseorang yang sedang tertawa lepas di dalam tubuhnya terjadi proses pelepasan hormon dopamin yang berfungsi untuk memicu rasa senang dan rileks serta membuat setiap elemen tubuh dari mata, otak, telinga hingga otot sendi menjadi aktif. Hal tersebut dikarenakan hormon dopamin telah menjalar ke setiap jaringan tubuh.

[Baca juga: Tahukah Anda, Tertawa itu Obat yang paling mujarab]

Tertawa sangat erat hubungannya dengan kondisi psikologis seseorang, dari setiap luapan ekspresi kegembiraan seseorang ini mampu membuat perasaan menjadi lebih baik. Saat kita tertawa, secara spontan kita merubah perasaan takut dan cemas menjadi lebih percaya diri dan rasa tidak takut menghadapi tantangan, selain itu tertawa mampu menanamkan pikiran positif dalam diri sehingga mampu meredakan amarah, stres dan kesal.

Manfaat tertawa
Manfaat tertawa (Ilustrasi/pixabay)

Tahukah anda bahwa selama anda tertawa lepas, belasan otot di wajah anda akan aktif berkontraksi dan membuat aliran darah di area tersebut menjadi lancar, jadi jangan heran ketika anda menemui seseorang yang sering tertawa memiliki kondisi wajah yang lebih kencang dengan sedikit kerutan serta lebih merona dan bercahaya. Aliran darah yang lancar pada area wajah khususnya di daerah sekitar mata mendorong saluran air mata untuk bereaksi, tak jarang anda mendapati seseorang yang sedang tertawa lepas hingga keluar air matanya, hal tersebut sangatlah menguntungkan karena dalam pandangan medis air mata yang keluar baik saat berada dalam keadaan bahagia ataupun sedang bersedih dapat mengurangi tingkat stres yang membebani pikiran.

Dikutip dari Shine, orang yang lebih sering tertawa memiliki daya kekebalan tubuh yang jauh lebih tinggi daripada orang yang jarang tertawa. Studi ilmuwan menemukan bahwa di dalam air liur orang yang berada dalam keadaan tertawa lepas memiliki kandungan T-sel yang lebih banyak, kandungan sel ini berfungsi sebagai immunity agent yang berfungsi melawan penyakit dan gangguan kesehatan yang menyerang tubuh. Bagi penderita diabetes yang memiliki kadar gula tinggi tertawa lepas dapat memicu sistem neuroendocrine menjadi lebih optimal sehingga dapat mendorong aktivitas penurunan kadar gula dalam tubuh menjadi lebih cepat.

Ketika anda mengalami pengalaman tertawa terbahak-bahak secara tidak sadar otot-otot yang terletak di bagian bawah paru-paru bekerja lebih optimal dalam mempercepat aliran oksigen yang masuk ke dalam paru-paru. Selain itu saat tertawa lepas tubuh kita mengalami aktivitas olahraga yang membuat denyut jantung menjadi lebih cepat serta otot-otot mengalami kontraksi dan melentur secara bergantian, hal tersebut menyebabkan tekanan darah meningkat dan akan kembali turun menjadi stabil saat kita berhenti tertawa.

Manfaat lain yang dapat kita lihat dari sering tertawa lepas yakni membuat tubuh bugar dan ramping. Sebuah riset menunjukkan tertawa 15 menit setiap hari mampu membuat denyut jantung naik sampai 20 persen dan membakar 1,3 kalori di setiap menitnya. Dan bila terjadi rutin selama satu tahun mampu mengurangi kadar kalori dalam tubuh sampai 2 kilogram. Begitu banyaknya manfaat yang bisa kita dapat hanya dari melakukan hal kecil seperti tertawa, jadi apa yang anda tunggu? Tertawalah hari ini dan bagikanlah tawa di sekitar anda.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- inilah kegunaan lain dari, - tahukah anda seputar otot

data-ad-format="link">
Tidak Hanya Penghilang Stres, Inilah Manfaat Lain Dari Tertawa Post in | Last updated: January 3rd, 2017 | 23 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *