10 Manfaat jalan kaki di pagi hari

10 Manfaat jalan kaki di pagi hari – Jalan kaki di pagi hari merupakan olahraga yang sangat menyehatkan, olah raga ringan ini sangat bisa dilakukan oleh siapapun baik anak-anak, remaja hingga orang tua atau lansia dengan syarat para orang tua yang tidak lagi sakit-sakitan (gak bisa jalan).

Di pagi hari udara masih asli belum tercampur dengan polusi, apalagi kalau kita berjalan kaki di daerah yang masih asli misalnya di daerah yang penuh areal persawahan. Yang penulis rasakan adalah ketika olah raga jalan
kaki di daerah Jembayat Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal, daerah ini masih asli dengan areal sawahnya yang menghijau. Dan kebetulan di daerah itu sering dikunjungi oleh para pejalan kaki di pagi hari.

Ternyata manfaat jalan kaki di pagi hari dan mentransfer udara yang masuk ke tubuh kita guna memperbaiki kondisi paru-paru dengan adanya udara yang masuk. Selain itu olah raga jalan kaki juga dapat menurunkan berat badan, membakar kalori serta memperbaiki metabolism.

Disamping itu juga dengan jalan kaki dapat menurunkan kadar glukosa di tubuh kita, melancarkan sirkulasi darah, otak akan mendapat asupan oksigen yang berguna untuk memperbaiki fungsi otak. Jadi sangatlah
bermanfaat jalan kaki di pagi hari.

Mungkin di bilang olah raga jalan kaki adalah olah raga termurah karena mudah untuk dilakukannya, dibandingkan dengan olah raga jalan sore hari, jalan kaki di pagi hari sangat banyak manfaat, terkesan
rame bila dilakukan di pagi hari, kalau di sore hari rasanya riskan apalagi tidak umum dilakukan dan namanya juga berbeda kalau dilakukan sore hari.

10 Manfaat jalan kaki di pagi hari
10 Manfaat jalan kaki di pagi hari (Ilustrasi)

 

10 Manfaat jalan kaki di pagi hari

Kembali ke manfaat jalan pagi hari, ada beberapa manfaat besar di balik jalan di pagi hari, seperti:

Sirkulasi darah menjadi baik

Jalan-jalan di pagi hari membuat detak jantung memompa darah ke setiap bagian tubuh menjadi lebih baik. Latihan ini dapat meningkatkan sirkulasi darah yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan
kolesterol jangka panjang. Jalan kaki di pagi hari merupakan latihan kardiovaskuler yang sangat baik untuk kesehatan jantung, karena jalan kaki menyebabkan peningkatan sirkulasi dari dalam tubuh secara efisien
serta menjaga hati agar lebih aktif dan sehat. Dengan jalan kaki di pagi hari tekanan darah kita akan menjadi stabil sepanjang hari. Jangan lupa 5 Tips Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini.

Otot menjadi kuat dan stamina yang prima

Jalan kaki di pagi hari dapat meningkatkan daya tahan otot serta meningkatkan daya dukung oksiden darah sehinga menyebabkan meningkatnya stamina secara menyeluruh. Jadi, jika dengan teratur jalan kaki dilakukan setiap pagi maka tidak perlu khawatir akan melelahkan di siang hari, karena sudah terasupi di pagi hari.

Terkontrolnya gula darah

Jalan-jalan pagi merupakan salah cara untuk mengontrol gula darah, jika kita terkena diabetes dan gangguan pada insulin, jadi dengan jalan kaki di pagi hari maka gula darah akan terkontrol sepanjang hari. Manfaatkanlah kesempatan ini bagi penderita pengindap gula darah.

Kulit kita lebih sehat.

Polusi udara yang kotor menyebabkan kulit wajah kita berjerawat. Jalan-jalan di pagi hari membantu kulit kita bernapas dalam oksigen dan bebas polusi dan kabut di pagi hari sehingga menyebabkan kulit kita menjadi lembab. Dengan manfaat jalan-jalan di pagi hari maka akan memberikan kulit kita akan lebih sehat.

Menjadikan kualitas tidur yang baik

Biasanya orang yang hobi jalan kaki di pagi hari lebih mudah tidur nyenyak di malam hari. Ini membuktikan jalan kaki di pagi hari bisa membantu dalam memprovokasi tidur di malam hari. Sudah mencoba? Pelajari 4 Tips Untuk Mendapatkan Kualitas Tidur yang Baik.

Service metabolism tubuh

Saat kita tidur, metabolisme tubuh menjadi lambat sepenuhnya. Jalan-jalan pagi merupakan cara yang terbaik dalam meningkatkan metabolisme. Telah dibuktikan bahwa orang yang terbiasa berjalan-jalan di pagi hari mempunyai daya tingkat yang tinggi metabolismenya dibandingkan orang yang malas jalan-jalan di pagi hari.

Lebih waspada dan berkonsentrasi.

Meningkatkan kekuatan otak bila kita sering melakukan jalan-jalan kaki di pagi hari, manfaatnya yang lain adalah kita akan lebih waspada serta mudah berkonsentrasi. Dengan ini bahwa kita merasa lebih aktif,
bersemangat serta waspada secara mental sepanjang hari. Beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang jalan-jalan di pagi hari cenderung memiliki otak yang lebih tajam dan bisa mengambil keputusan
dengan baik.

Kesehatan mental lebih baik

Berjalan di pagi hari sama manfaatnya dengan meditasi. Udara pagi yang segar bisa melepaskan energy positif dan mengatasi masalah depresi dan kecemasan. Sehingga sepanjang masa kita akan merasakan mood dan fresh. Ketika kita berjalan di pagi hari, maka otak kita akan melepaskan dua hormon seperti serotonin dan endorphin. Hormon tersebut dikenal ampuh untuk meningkatkan suasana hati yang ceria dan melepaskan semua stress. Baca juga: 19 Cara alami mengatasi kecemasan.

Media penyerapan vitamin D

Mandi atau hanya sekedar berjemur di bawah terik matahari di pagi hari membantu dalam penyerapan vitamin D, serta dapat mengurangi resiko kekurangan kalsium dari tulang yang dapat menyebabkan keropos.

Mencegah stroke

Kalau kita berkunjung di daerah perbukitan seperti desa Cerih atau Cikura di situ terdapat para lansia atau orang tua yang masih sehat walafiat, dikarenakan sering melakukan aktivitas sehari-hari di pagi hari dengan jalan kaki, baik ke sawah, ke pasar atau aktivitas lainnya. Bahkan di daerah tersebut tidak adanya orang yang terkena stroke.

Demikianlah artikel mengenai 10 Manfaat jalan kaki di pagi hari, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- Manfaat jalan pagi, - info pagi ini, - info pagi, - manfaat kabut pagi, - manfaat jalan kaki pagi, - manfaat jalan kaki sore hari, - olahraga jalan pagi hari tuk stroke, - manfaat jalan kaki dipagi hari, - mnfaat jln pagi, - manfaat kabut d pagi hari

data-ad-format="link">
10 Manfaat jalan kaki di pagi hari Post in | Last updated: March 10th, 2018 | 904 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *