Cara mencegah penyakit jantung sejak dini
Cara mencegah penyakit jantung sejak dini (Ilustrasi/pixabay)

5 Tips Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini

Penyakit jantung umumnya diderita oleh seseorang karena pola hidup yang tidak sehat. Serangan jantung terjadi ketika darah yang seharusnya menuju jantung terhambat karena adanya penyumbatan di pembuluh darah. Kondisi tersebut terjadi akibat penumpukan lemak, penggumpalan darah, dan faktor lainnya. Nah, agar anda terhindar dari serangan jantung sebaiknya terapkan 5 tips berikut ini:

5 Cara mencegah penyakit jantung sejak dini

1. Konsumsi makanan bergizi

Memilih makanan bergizi untuk kita konsumsi sangat diperlukan karena pada dasarnya makanan yang masuk ke tubuh memiliki 3 fungsi, yaitu: membantu tumbuh-kembang, sumber energi untuk beraktivitas, dan membantu sistem tubuh melaksanakan tugasnya dengan teratur.

Cara mencegah penyakit jantung sejak dini
Cara mencegah penyakit jantung sejak dini (Ilustrasi/pixabay)

2. Rajin olahraga

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, salah satunya ialah memacu jantung agar berdenyut dengan stabil. Luangkan waktu untuk berolahraga minimal 2 kali dalam satu minggu agar tubuh lebih sehat. Anda tak harus melakukan olahraga berat kok, berjalan kaki di pagi hari juga dapat menyehatkan tubuh sebab cahaya matahari pagi juga berguna karena menyumbang kebutuhan vitamin D yang diperlukan tubuh.

3. Tidak mer***k

Mer***k di Indonesia menjadi hal yang umum dilakukan oleh pria dari mulai kalangan muda hingga paruh baya. Namun, anda dapat memilih untuk tidak mer***k demi kesehatan anda. Dalam asap ro**k terdapat kurang lebih 4000 bahan kimia beracun yang mengancam tubuh terkena berbagai penyakit, termasuk serangan jantung.

4. Hindari stres

Stress merupakan sebuah kondisi dimana seseorang merasa tertekan dan terbebani akan suatu hal. Setiap orang pasti pernah mengalami stres dalam hidupnya dengan tingkat yang berbeda-beda. Meskipun hal yang umum dialami, stres tetap harus diatasi dengan mencari solusi atas masalah yang ada. Stres yang berlarut-larut dapat mengakibatkan tubuh ikut lelah dan rentan terkena serangan penyakit.

5. Jaga kesehatan gigi

Dalam jurnal penelitian kedokteran gigi internasional pada September 2012 lalu ditemukan hubungan antara kesehatan gigi dengan risiko penyakit jantung. Dari penelitian tersebut membuktikan bahwa pasien yang menderita peradangan jaringan gigi atau periodentitis ternyata juga mengalami peradangan pada organ jantung. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dengan membersihkan gigi secara teratur dan memeriksakan gigi ke dokter gigi apabila ditemukan masalah gigi juga menjadi usaha yang perlu dilakukan untuk mencegah penyakit jantung.

Nah, itulah 5 tips mencegah penyakit jantung sedari awal. Bagaimana, sudahkah anda menerapkannya?

data-ad-format="link">
5 Tips Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini Post in | Last updated: January 6th, 2017 | 83 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *