Cara mencegah Penyakit Jantung
Cara mencegah Penyakit Jantung (Ilustrasi/pixabay)

8 Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ vital dalam tubuh manusia. Jantung bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung ini membawa berbagai darah kotor dan bersih dan juga mengedarkan sari-sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh. Jantung ini harus kita jaga agar dapat bekerja dengan baik dan semaksimal mungkin. Apabila jantung kita ada yang tidak beres, tentu organ lainnya juga tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Untuk menjaga agar jantung tetap sehat , tentunya kita juga harus menjalankan pola hidup sehat. Pola hidup sehat itu sebenarnya mudah apabila telah kita tanamkan dalam diri kita dan serius untuk melakukannya. Berikut akan kita bahas tips mencegah penyakit jantung :

8 Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung

Cara mencegah Penyakit Jantung
Cara mencegah Penyakit Jantung (Ilustrasi/pixabay)

1. Berhenti merokok

Seperti kita ketahui, merokok sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Zat nikotin menjadi racun yang dapat merusak jantung, paru-paru dan saluran pernafasan. Oleh sebab itu jauhilah rokok.

2. Konsumsi antioksidan

Perbanyaklah konsumsi anti oksidan yang bisa kita dapatkan dari berbagai macam buah -buahan dan sayur- sayuran. Banyak konsumsi antioksidan bisa melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sehingga menghindari penyumbatan dan pengendapan di pembuluh darah. Dengan antioksidan yang cukup juga bisa membuat daya tahan tubuh kita bagus, tidak mudah terserang penyakit.

3. Cek tekanan darah anda

Rutinlah untuk mengecek tekanan darah anda, dan pastikan di angka normal. Hal ini penting karena dapat menjaga organ-organ di tubuh bekerja dengan baik.

4. Hindari makan minyak jenuh

Lemak jenuh dan lemak akan mengakibatkan radang pada pembuluh arteri . Hindarilah kelebihan lemak jenuh ini, batasilah cukup 20 gram per hari. Kelebihan lemak pada tubuh dapat memicu jantung koroner.

5. Kurangilah konsumsi Gula

Konsumsi makanan manis atau gula yang berlebihan bisa memicu tekanan darah tinggi, yang bisa berakibat munculnya serangan jantung.

6. Hindari alk0hol

Hindarilah alk0hol, karena zat ini dapat memicu terjadinya serangan jantung.

7. Olahraga

Langkah berikutnya dalam menjaga kesehatan jantung ialah rajin berolahraga. Dengan berolahraga tidak hanya tubuh kita yang bugar dan sehat. Olahraga yang sangat baik untuk jantung ialah jalan kaki, jogging/lari-lari kecil, jalan cepat, dan bersepeda. Lakukanlah secara rutin dan teratur.

8. Hindari stress

Stress bisa menimbulkan penyakit dalam tubuh kita seperti tekanan darah tinggi dan juga jantung. Oleh karena itu sebaiknya perbanyaknya tertawa dan terseyum dan usahakan selalu bersyukur. Dengan tersenyum pembuluh darah dalam tubuh kita akan terbuka dengan lebar. Hal ini memungkinkan darah untuk bebas mengalir ke jantung tanpa suatu hambatan tertentu.

Demikianlah beberapa cara mencegah penyakit jantung, dengan melakukan tips di atas semoga jantung kita tetap sehat dan kuat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- www info kesehatan utk penyakit jantung

data-ad-format="link">
8 Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung Post in | Last updated: December 8th, 2015 | 40 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *