26 Manfaat Tersembunyi dari Garam yang Jarang Diketahui

Garam ternyata tidak hanya berguna untuk penyedap makanan saja. Ada 25 manfaat tersembunyi dari garam yang tidak banyak diketahui orang. Apa sajakah manfaat yang bisa kita peroleh dari garam?

Manfaat Garam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. Memutihkan Gigi dan Membersihkan Kuman di Rongga Mulut

Mungkin Anda pernah menjumpai salah satu produk pasta gigi yang menggunakan garam sebagai salah satu bahan utamanya. Garam berkhasiat untuk memutihkan gigi. Caranya, Anda bisa gunakan air garam untuk berkumur. Atau dengan mencampurkan soda kue dan garam dengan perbandingan yang sama lalu tambahkan sedikit air dan gunakan sebagai pasta untuk gosok gigi.

Manfaat garam dalam kehidupan sehari-hari

Manfaat garam dalam kehidupan sehari-hari

  1. Mencerahkan Wajah

Air garam berkhasiat mengangkat kotoran serta kuman yang ada pada kulit wajah. Cara pemanfaatannya yaitu dengan menggunakan air garam untuk membasuh muka secara rutin.

  1. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Kuman dan kotoran yang menumpuk di kulit wajah dapat memicu timbulnya jerawat. Garam dapat menghilangkan kuman dan kotoran tersebut. Caranya, gunakan air garam untuk membasuh wajah. Lebih baik apabila ditambahkan zat alami seperti bawang putih, minyak zaitun, atau jeruk nipis.

  1. Menghaluskan Kulit

Ketika mandi, tambahkan garam pada bak mandi Anda kemudian gunakan untuk berendam. Garam akan membantu membasmi kuman dan menghilangkan kotoran yang ada pada sekujur kulit tubuh kita.

  1. Mencegah Bau Badan

Garam akan membantu membasmi kuman di badan, termasuk kuman penyebab bau badan. Anda bisa gunakan deodorant dari garam. Caranya, campurkan garam dengan sedikit air lalu aduk sampai menjadi seperti pasta.

  1. Mengobati Sakit Tenggorokan

Garam akan membersihkan kuman penyebab sakit dan gatal pada tenggorokan. Caranya, dengan meminum larutan air garam kurang lebih 2-3 gelas perhari.

  1. Membersihkan Saluran Pencernaan

Dengan meminum larutan air garam seperti cara di atas, juga berkhasiat untuk membersihkan kuman dalam saluran pencernaan kita. Sehingga kita terbebas dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kuman, seperti sembelit, wasir, diare, dan lain-lain.

  1. Membantu Proses Detoksifikasi

Proses detoksifikasi yang berjalan dengan lancar akan membuat organ tubuh bekerja lebih optimal dan kesehatan lebih terjamin.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Mengonsumsi garam dalam jumlah yang tidak berlebihan membantu tekanan darah tetap terjaga dalam batas normal. Namun, jika kelebihan garam dalam tubuh juga bisa mengakibatkan tekanan darah naik. Oleh karena itu, perhatikan takaran garam Anda agar tetap seimbang.

  1. Menghilangkan Capek

Air garam mampu memperbaiki sistem syaraf hanya dengan merendam kaki dalam air garam hangat.  Selain menghilangkan rasa capek dan pegal, metode ini juga berkhasiat untuk mencegah insomnia dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Metode lainnya ialah dengan menambahkan sedikit garam ke dalam susu hangat. Dijamin tubuh Anda akan terasa lebih rileks seperti habis pijat refleksi.

Manfaat Garam Untuk Kehidupan Sehari-Hari

  1. Membersihkan Luka

Garam dapat beralih fungsi menjadi pembersih luka pengganti alkohol. Garam mampu membersihkan kuman dan kotoran yang ada pada luka. Namun membersihkan luka dengan air garam rasanya jauh lebih sakit dibanding menggunakan alkohol.

  1. Menyuburkan Tanaman dan Membasmi Tanaman Liar

Garam membantu proses penyerapan unsur hara dan nutrisi dalam tanah. Caranya, dengan mencampur beberapa sendok garam dengan air yang akan Anda pakai untuk menyiram tanaman.

  1. Cocolan Buah

Coba Anda cocolkan apel, belimbing atau buah lainnya ke garam. Pasti rasanya akan lebih nikmat.

  1. Penyedap Aroma Teh

Teh yang ditambahkan dengan sedikit garam akan menghasilkan aroma yang lebih harum dari biasanya. Apalagi jika masih dalam keadaan hangat. Coba saja!

  1. Menjernihkan Lensa

Sebelum mengenakan kacamata, ada baiknya Anda rendam sebentar kacamata yang masih baru ke dalam larutan garam. Hal ini akan membuat lensanya jadi lebih bersih.

  1. Membersihkan Lemak yang Membandel

Untuk membersihkan lemak dan minyak yang membandel di penggorengan atau alat masak lainnya, taburi garam di atas permukaan serbet dapur saat akan mengelapnya. Hal ini membuat alat-alat masak tersebut lebih mudah untuk dibersihkan.

  1. Anti-Semut

Garam dapat dijadikan pengusir semut, yaitu dengan menaburkan garam di tempat-tempat yang sering didatangi semut. Misalnya, pojokan dapur, sudut-sudut lemari, dan lain-lain.

  1. Penyedap Kopi

Coba Anda tambahkan sedikit garam ke dalam kopi dan rasakan perbedaannya dengan kopi biasa. Pasti terasa lebih nikmat, bukan?

  1. Uji Telur

Untuk menguji apakah telur masih bagus atau tidak, Anda bisa mengeceknya dengan memasukkan telur ke dalam air garam. Telur yang masih bagus akan tenggelam. Sedangkan, telur yang sudah busuk akan mengambang.

  1. Mempercepat Pengembangan

Dengan menambahkan garam ke dalam kocokan putih telur atau whipping cream akan membuat mereka lebih cepat mengembang.

  1. Mempercepat Pematangan

Ketika merebus telur, coba masukkan sejumput garam ke dalam air rebusan agar proses pematangan lebih cepat selesai.

  1. Menjaga Kebersihan Furniture

Dengan menggosokkan garam ke furniture yang terbuat dari kayu atau rotan akan membuatnya tetap bersih dan mencegah dari perubahan warna menjadi kekuningan.

  1. Pengembang Busa

Jok kursi Anda kempes? Coba rendam dalam air garam. Jok kursi Anda pasti akan kembali mengembang seperti semula.

  1. Pengawet Susu

Susu murni dapat kita awetkan dengan cara menambahkan sedikit garam ke dalamnya. Tetapi tentunya tidak bisa bertahan cukup lama seperti pengawet buatan.

  1. Mencuci Sayuran

Kotoran yang melekat pada sayuran akan lebih cepat terlepas bila kita menambahkan garam ke dalam air pencucinya.

  1. Membersihkan Kerak

Kerak pada penggorengan atau alat masak lain akan lebih mudah hilang jika kita merendamnya di dalam air garam sehari semalam terlebih dahulu. Jika kerak masih membandel, Anda bisa coba merebus air garam di wadah tersebut.

Leave a Reply

*