Cara menghilangkan kutu rambut secara alami
Cara menghilangkan kutu rambut secara alami (Ilustrasi/flickr)

3 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

5/5 (1)

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami – Kutu rambut atau kutu kepala memang sangat merepotkan bagi semua orang. Selain menyebabkan rasa gatal yang mengganggu, kutu rambut juga menurunkan tingkat percaya diri seseorang. Hal ini karena kutu rambut dipandang sebagai binatang menjijikkan yang harus dibasmi keberadaannya.

Kutu rambut (pulex irritans) adalah sejenis parasit penghisap darah yang biasanya hidup di bagian kepala. Ukuran binatang ini sangat kecil, namun masih bisa dilihat oleh mata manusia. Ukuran kutu rambut dewasa bisa mencapai 2,1 – 3,3 mm.

Kutu rambut ini termasuk binatang yang perkembangbiakannya cepat. Kutu betina mampu bertelur 6 buah sehari. Dan kutu betina sepanjang hidupnya mampu bertelur sebanyak 140 buah. Telur-telur ini akan menetas setelah kurang lebih 8 hari.

Terkadang seseorang yang terjangkit kutu rambut tidak menyadari bahwa di kepalanya hidup binatang tersebut. Karena memang tidak selamanya gatal di kepala disebabkan oleh kutu. Tanda-tanda seseorang terjangkit kutu rambut diantaranya terdapat gatal yang luar biasa di permukaan kulit kepala yang disebabkan oleh zat yang terkandung dalam air liur kutu tersebut. Kemudian adanya tanda-tanda merah yang terdapat pada permukaan kepala, leher dan belakang telinga. Dan terlihatnya telur-telur kutu yang kecil, yang tampak bersinar dan berwarna putih serta menempel kuat di rambut yang terlihat seperti ketombe.

Penyebaran Kutu Rambut

Penyebaran kutu rambut terbilang sangat mudah. Penyebaran ini bisa melalui benda-benda tertentu maupun melalui aktivitas-aktivitas tertentu. Benda-benda yang mudah menularkan kutu rambut diantaranya adalah sisir, hiasan rambut, handuk, topi, hijab, maupun benda-benda lain yang berhubungan langsung dengan kepala. Sedangkan aktivitas-aktivitas yang dapat dengan mudah menularkan virus kutu rambut ini diantaranya adalah tidur bersama pengidap kutu rambut, berenang di kolam renang umum, dan aktivitas-aktivitas lain yang menghubungkan kepala seseorang dengan orang lain.

Cara mencegah datangnya kutu rambut

Perlu diketahui bahwasannya kutu rambut ini dapat menyerang siapa saja dan dimana saja. Kutu rambut dapat menjangkit orang-orang dari usia anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua sekalipun. Namun kutu rambut biasanya dominan dimiliki oleh anak-anak, karena memang anak-anak biasanya masih sulit menjaga kebersihan dan masih sembarangan dalam menggunakan benda-benda, terutama yang berhubungan dengan fisik atau badan. Sehingga anak-anak tidak akan mempedulikan hal seperti itu. Oleh karena anak-anak sangat rentan tertular atau terjangkit kutu rambut, maka orang tua perlu memperhatikan beberapa hal untuk mencegah datangnya kutu rambut pada anak-anak, diantaranya :

  1. Menjaga kebersihan rambut. Hal ini karena lingkungan hidup kutu adalah pada rambut, dan setiap hari rambut akan terkena debu, kotoran, polusi, serta zat-zat lain yang menjadi lingkungan favorit kutu. Maka dengan menjaga kebersihan rambut setiap hari akan membantu menjauhkan dari resiko terjangkit kutu.

  2. Kebersihan tempat tidur, seperti kasur, bantal, guling, dan selimut. Karena kutu senang berada pada tempat yang lembab dan kotor, maka kebersihan tempat tidur menjadi poin penting yang perlu diperhatikan. Agar kutu tidak senang berada di kepala kita, maka setiap saat kebersihan tempat tidur harus dijaga, terutama setelah mengeluarkan banyak keringat. Hal ini bisa dilakukan dengan menjemur perangkat-perangkat tidur setelah dipakai di bawah terik matahari.

  3. Menjaga jarak dengan pengidap kutu rambut. Karena kutu rambut akan sangat mudah ditularkan oleh pengidapnya, maka menjaga jarak akan perlu dilakukan demi meminimalisir penularan kutu tersebut. Terutama bagi anak-anak yang tidak memperhatikan hal tersebut, maka orang tua harus memperhatikan dan harus selektif dalam mengawasi anak-anak saat bermain.

Baca juga: Kutuan: Jenis, Tanda, Penyebab, Pencegahan, dan Cara Menghilangkannya.

Cara menghilangkan kutu rambut secara alami

Lalu apa yang harus dilakukan pada orang yang terlanjur terjangkit kutu rambut? Nah, untuk menghilangkan kutu rambut ini bisa dilakukan dengan cara alami maupun menggunakan obat. Dalam artikel ini akan dibahas cara menghilangkan kutu rambut dengan menggunakan bahan alami.

Ada beberapa cara menghilangkan kutu rambut secara alami dengan bahan yang diperoleh dari alam, diantaranya adalah:

Menggunakan minyak kelapa.

Caranya dengan menghangatkan minyak kelapa, kemudian balurkan minyak kelapa yang hangat tersebut ke kulit kepala secara merata, lalu tutup kepala dengan menggunakan handuk bersih, diamkan selama semalam, dan keesokan harinya keramas hingga tidak ada lagi minyak kelapa yang tersisa di kepala. Lakukan cara ini sebelum tidur selama tiga malam berturut-turut, dan ulangi lagi apabila kutu rambut belum hilang.

Menggunakan minyak zaitun.

Cara penggunaannya ialah dengan mengoleskan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala dan setiap helai rambut ketika ingin tidur malam. Lalu tutup kepala dengan menggunakan shower cap. Kemudian keesokan harinya bersihkan rambut dengan air bersih dan akhiri dengan keramas. Lakukan cara ini secara tertatur sampai kutu rambut hilang.

Menggunakan kacang almond.

Cara penggunaannya ialah dengan menyiapkan segenggam kacang almond dan rendam pada segelas air selama beberapa menit. Kemudian angkat dan campurkan dengan empat sendok makan air lemon. Lalu ramuan ini digunakan sebagai treatment pada kepala hingga terakhir bilas dengan shampo. Lakukan cara ini secara rutin hingga kutu rambut hilang.

Demikian beberapa cara menghilangkan kutu rambut secara alami. Selamat mencoba.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- kutu apa bisa menular di kolam renang, - cara mengecilkan pipi akibat gusi bengkak, - jika rambut ada kutu bisakah menular sewaktu berenang, - cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan mudah, - cara menghilangkan kutu rambut, - berenang tertular kutu, - berenang menghilangkan kutu rambut, - berenang bisa menghilangkan kutu rambut, - apakah orang kutuan boleh berenang?, - tempat favorit kutu rambut di belakang telinga

data-ad-format="link">
3 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami Post in | Last updated: October 15th, 2018 | 2,914 views