Penyebab serangan jantung
Penyebab serangan jantung (Ilustrasi/pixabay)

4 Hal Ini Ternyata Dapat Menyebabkan Serangan Jantung

Kini penyakit jantung tak hanya menyerang seseorang di usia senja. Serangan jantung juga dapat terjadi pada orang yang berusia 20-an tahun. Umumnya seseorang yang mengalami serangan jantung dikarenakan penumpukan kolestrol, hipertensi, atau pun tersumbatnya pembuluh arteri. Namun, tahukah anda? 4 hal berikut ini juga dapat menyebabkan kesehatan jantung terancam:

1. Infeksi

Terkena infeksi saluran pernapasan ternyata juga dapat membuat seseorang berisiko 5 kali lebih tinggi mendapat serangan jantung. Hal itu karena infeksi dapat memicu pembengkakan atau inflamasi yang berujung pada serangan jantung. Risiko tersebut tetap ada sampai 3 hari dari waktu diagnosis.

Penyebab serangan jantung
Penyebab serangan jantung (Ilustrasi/pixabay)

2. Adanya gangguan di organ ginjal

Risiko tinggi terkena serangan jantung juga dialami orang yang memiliki masalah ginjal. Sebuah penelitian di Rotterdam Belanda mengatakan seseorang dengan organ ginjal yang lemah meskipun tanpa kerusakan akan memiliki risiko lebih besar terkena serangan jantung.

3. Polusi di lingkungan perkotaan

Terbiasa terpapar oleh serangkaian polusi yang ada di lingkungan perkotaan akan membuat seseorang memiliki risiko lebih besar terhadap serangan jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman menyebutkan bahwa polusi udara, seperti: asap kendaraan, rok*k, dan berbagai macam polusi lainnya yang sering ada di lingkungan perkotaan akan membuat tubuh rentan terkena penyakit jantung. Penelitian lain juga menunjukkan seseorang akan 2x lipat berisiko mengalami kematian yang disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan jantung dan paru-paru disebabkan oleh polusi.

4. Mengonsumsi suplemen kalsium

Suplemen kalsium biasanya dikonsumsi oleh orang lanjut usia untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. Wanita hamil juga sering mengonsumsi kalsium karena selama hamil kalsium akan banyak diserap oleh bayi di dalam kandungan. Namun, mengonsumsi suplemen kalsium secara terus menerus rupanya tidak baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian di New Zealand menunjukkan bahwa risiko serangan jantung menjadi 2x lipat lebih besar bagi seseorang yang mengonsumsi kalsium sitrat minimal 1 gram selama 5 tahun. Penelitian lainnya mengatakan seseorang khususnya wanita yang mengonsumsi suplemen kalsium sebanyak 500 mg per hari akan 30% memiliki kecenderungan terkena penyakit jantung.

Nah, itulah 4 hal yang tidak disadari ternyata dapat memicu serangan jantung. Mulai sekarang lebih waspada terhadap penyakit berbahaya ini ya.

data-ad-format="link">
4 Hal Ini Ternyata Dapat Menyebabkan Serangan Jantung Post in | Last updated: January 6th, 2017 | 8 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *