4 Menu Makanan Sehat Agar Puasa Ramadhan Berjalan Lancar

By | July 3, 2015
Menu Makanan Sehat Agar Puasa Ramadhan Bejalan Lancar

4 Menu Makanan Sehat Agar Puasa Ramadhan Berjalan Lancar – Makanan mempunyai manfaat tertentu bagi kesehatan tubuh. Ada banyak makanan yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan, namun tidak sedikit pula yang justru berbahaya bagi kesehatan Anda. Saat memasuki bulan Ramadhan, Anda tentunya memerlukan asupan makanan yang dapat memberikan suntikan energi dengan maksimal serta dapat menjaga kesehatan tubuh. Seperti yang dikutip dari indiatimes.com, beberapa menu makanan sehat yang cocok untuk dikonsumsi agar puasa dapat berjalan dengan lancar adalah sebagai berikut.

4 Menu Makanan Sehat Agar Puasa Ramadhan Berjalan Lancar

  1. Lemon dan bayam

Bayam yang menjadi salah satu jenis sayuran dengan daun gelap ini mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang tinggi seperti vitamin A, C, K, lutein, folat, dan zat besi. Vitamin dan mineral tersebut mampu melawan pertumbuhan sel kanker dan juga menyehatkan sistem kardiovaskular. Sedangkan air lemon dapat membantu Anda untuk membersihkan saluran usus.

Menu Makanan Sehat Agar Puasa Ramadhan Bejalan Lancar

Menu Makanan Sehat Agar Puasa Ramadhan Bejalan Lancar

  1. Minyak zaitun dan tomat

Tomat menjadi sumber utama dari beta karoten yang mampu membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Sementara minyak zaitun mampu membantu tubuh untuk melakukan lebih banyak penyerapan zat antioksidan yang terdapat di dalam tomat seperti karotenoid dan lycopene.

  1. Stroberi dan yogurt

Yogurt mempunyai kandungan kalsium yang tinggi sehingga baik untuk mencegah tekanan darah dan menguatkan tulang. Sedangkan stroberi memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Kombinasi dari keduanya akan sangat baik untuk membantu tubuh menjadi tetap bugar selama bulan puasa. Terlebih stroberi yang mampu menghindarkan perut dari gangguan bergas pada saat berpuasa.

  1. Ikan dan brokoli

Ikan mempunyai mineral yang dinamakan selenium. Mineral tersebut mampu melawan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Saat dikombinasikan dengan brokoli yang mempunyai sulforaphane, maka kombinasi makanan tersebut akan menjadi 10 kali lebih efektif dalam melawan sel kanker dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kombinasi makanan tersebut juga dapat membantu Anda terhindar dari penyakit darah tinggi.

Tubuh Anda akan selalu bugar meski sedang berpuasa dengan mengkonsumsi makanan yang tepat sebagai menu pada saat sahur dan buka puasa. Anda dapat memilih menu makanan di atas sebagai menu sehat selama bulan Ramadhan.

Demikianlah 4 Menu Makanan Sehat Agar Puasa Ramadhan Berjalan Lancar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *