Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Pilek
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Pilek

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Pilek

Infosehatkeluarga.com – Hidung tersumbat ketika pilek pastinya akan membuat anda tidak nyaman saat mengalaminya. Melakukan aktivitas pun jadi terganggu karena anda merasa kesulitan bernapas. Sebenarnya sulitnya bernapas saat pilek bukan hanya karena penumpukan lendir di rongga hidung. Tapi, juga bisa disebabkan karena adanya pembengkakan pada jaringan yang melapisi hidung dan hal lainnya. Nah, lalu apa sih solusinya? Berikut ini telah kami rangkum 5 cara mengatasi hidung tersumbat dan pilek:

  1. Mandi dengan air hangat

Ketika anda pilek, sebaiknya mandilah menggunakan air hangat. Uap dari air hangat akan membantu melegakan hidung karena mampu mencarikan celah dari lendir yang menumpuk di rongga hidung.

  1. Gunakan kompres hangat

Mengatasi hidung tersumbat bisa dengan mengompres air hangat pada hidung. Caranya, ambil baskom yang berisi air hangat, lalu celupkan handuk. Mulailah mengompres hidung dengan handuk tersebut. Itu akan berguna agar lendir tidak menghalangi saluran pernapasan. Setelah itu, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam dan mengeluarkannya, ulangi beberapa kali.

  1. Cukupi kebutuhan minum
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Pilek
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Pilek

Mencukupi kebutuhan minum di saat anda pilek penting untuk tetap menjaga kelembapan tubuh dan mengatasi iritasi di hidung.  Mengonsumsi air putih secara cukup akan bermanfaat untuk membantu mengatasi tekanan pada sinus dan semakin melegakan pernapasan. Selain air putih, anda juga bisa mendapatkan cairan lewat meminum jus buah dan juga mengkonsumsi kuah kaldu yang masih hangat.

  1. Mengganti posisi tidur

Di saat tidur pakailah beberapa bantal agar posisi kepala menjadi tinggi. Hal itu akan lebih baik untuk mencegah lendir tidak masuk ke dalam yang bisa membuat sesak pernapasan.

  1. Mengonsumsi bawang putih mentah

Bawang putih dikenal memiliki kandungan antibakteri yang tinggi. Zat alisin yang ada dalam bawang putih disebut-sebut dapat mengatasi infeksi dari virus yang menyebabkan pilek. Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan vitamin C yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cobalah untuk mengonsumsi bawang putih mentah sebagai bahan alami utuk mengatasi hidung tersumbat dan pilek.

Demikianlah 5 cara mengatasi hidung tersumbat dan pilek yang mudah diterapkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh ya.

data-ad-format="link">
5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dan Pilek Post in | Last updated: December 3rd, 2017 | 144 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *